Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Ultah

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!


Panda, siapa yang tidak suka pada hewan yang lucu ini? Beruang menggemaskan yang gemar mengonsumsi bambu ini telah berhasil mencuri hati dengan penampakannya yang begitu menggemaskan. Motif hitam putih di tubuhnya membuat panda terlihat seperti beruang putih yang menggunakan kacamata, bando, baju dan stocking berwarna hitam. Meski motif ini terlihat lucu bagi kita, namun motif bulu panda yang unik ini telah membuat pusing para ilmuwan selama bertahun-tahun. Mereka berupaya mengungkap misteri di balik keunikan motif bulu panda. Berbagai teori telah dikeluarkan, namun tidak ada yang benar-benar menjawab rasa penasaran para ilmuwan.

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!

Karena itulah, dua orang peneliti dari California berusaha melakukan riset atas bulu panda dengan menerapkan metode baru. Mereka memandang setiap bagian tubuh panda sebagai bagian yang berbeda-beda dan membandingkannya dengan 39 jenis beruang lainnya dan 195 jenis hewan karnivora. Penelitian ini memakan waktu yang sangat panjang. Mereka mengamati dan berusaha menemukan alasan di balik setiap warna pada hewan-hewan tersebut, dilihat dari kebiasaan dan habitat tiap spesies. Penelitian panjang ini akhirnya berhasil menjawab pertanyaan “mengapa bulu panda bercorak hitam putih.”

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!

Corak unik panda ternyata berasal dari proses evolusi hewan asal China tersebut. Meski terlihat gendut, panda sebenarnya tidak mampu menyimpan banyak cadangan lemak untuk membuatnya dapat melakukan hibernasi pada musim dingin seperti spesies beruang lainnya. Hal ini membuat panda harus terus mencari makan kapanpun, baik di musim panas maupun musim dingin. Berarti, panda harus dapat berkamuflase di dua jenis ekosistem.

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!

Bagian putih pada panda membuat mereka mampu menyembunyikan diri di tempat yang bersalju. Sedangkan bagian hitam pada panda berfungsi untuk berkamuflase diantara bayangan hutan bambu. Ternyata, dua warna panda ini adalah cara bagi panda untuk dapat bertahan diri dari predator yang siap menyerang.

Mengapa Bulu Panda Hitam Putih? Ini Dia Jawabannya!

Warna hitam di sekeliling mata panda dan di kupingnya bagaimanapun memiliki fungsi lain. Tidak hanya bagian dari kamuflase, bagian hitam di wajah panda tersebut ternyata juga digunakan untuk mengintimidasi musuhnya. Corak unik ini ternyata dianggap menyeramkan bagi hewan-hewan lain meski terlihat lucu bagi kita.

Bagaimanapun, hasil evolusi panda ini tidak hanya berhasil menjauhkan panda dari predator, namun juga membuat kita gemas. Meski begitu, panda juga merupakan salah satu hewan yang terancam punah karena semakin berkurangnya habitat mereka dan kesulitan dalam bereproduksi.

Sebagai anak muda, kita perlu memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang lingkungan hidup. Jangan sampai berbagai hewan-hewan eksotis asli Indonesia seperti orang utan dan harimau sumatera turut punah karena tingkah laku kita.


Sumber dari Yukepo

Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
5.2K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan