travelnesiaAvatar border
TS
travelnesia
Inilah Penyebab Paus Terdampar, Merasa Bersalah Gak Gan?


Baru-baru ini, seekor paus ditemukan terdampar di perairan Maluku. Sedihnya, paus itu sudah mati Gan. Kejadian ini sudah yang kedua kalinya terjadi dalam waktu dekat.

10 Mei 2017



Bangkai seekor paus ditemukan warga mengambang dan terdampar di tepi laut Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku. Bangkai paus itu pertama kali ditemukan sejumlah warga yang hendak pergi ke pantai di dusun tersebut sekira pukul 16.00 WIT. Penemuan itu sontak menggegerkan warga di dusun tersebut. Awalnya bangkai ini dikira cumi raksasa. Panjang paus itu mencapai 22 meter dan lebar 4 meter. Warga juga menemukan taring sepanjang 4 meter di bangkai paus tersebut. Diperkirakan paus tersebut sudah mati beberapa hari sebelum ditemukan.

29 Mei 2017



Bangkai seekor paus ditemukan warga terdampar di perairan Desa Soleh, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku. Bangkai hewan mamalia ini terdampar di air lubang tak jauh dari desa tersebut sekitar pukul 06.00 WIT. Sekretaris Desa Sole, Ismet Tiakoly mengungkapkan, paus tersebut telah diukur dengan menggunakan alat ukur dan hasilnya paus itu memiliki ukuran panjang 23 meter dan lebar 5 meter.

Mengapa paus bisa terdampar?

Menurut ahli ekologi laut dari Universitas Pattimura Ambon, Masudin Sangadji, terdamparnya bangkai paus di dua lokasi berbeda di perairan Seram Bagian Barat menunjukkan bahwa laut seram merupakan jalur migrasi bagi mamalia laut tersebut. Sangadji menjelaskan, sebagai perairan yang berciri khas laut dalam, Laut Banda dan Laut Seram selalu menjadi jalur migrasi paus. Meski begitu, lulusan S3 Institut Pertanian Bogor (IPB) ini belum dapat memastikan apa penyebab paus itu terdampar dan mati. Dia pun mendorong agar ke depan Pemerintah Provinsi Maluku dan juga instansi terkait seperti LIPI dapat mendorong dilakukannya penelitian terhadap masalah tersebut, sebab kasus kematian paus di wilayah Maluku selalu tidak diketahui penyebabnya.

Secara umum, ada beberapa alasan mengapa paus sering terdampar selain karena faktor migrasi. Yang pertama adalah ada pergantian pertukaran massa air laut. Di mana unsur makro di endapan dasar laut naik, dan menyebabkan kematian paus. Selain itu hilangnya rantai makanan dan ceceran minyak yang menghambat sinar matahari masuk ke perairan juga bisa menyebabkan kematian paus.

Makanya Gan, kita harus menjaga laut nih biar paus-paus bisa hidup dengan tenang. Jangan dikotori ya!

sumber
sumber
0
31.2K
229
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan