paanjoelAvatar border
TS
paanjoel
Apa Fitur Baru Apple iOS 11? Cekidot Gan!


Pada Konferensi Developers Seluruh Dunia di San Jose, California, Apple mengumumkan beberapa update tvOS, macOS, watchOS, dan iOS. Tahun lalu, Apple merilis iOS 10 termasuk pengembangan Lock Screen dan aplikasi saham seperti integrasi pihak ketiga di Messages dan Maps app. Dan tahun ini, Apple spesial fokus pada produktivitas iPad dengan iOS 11.

Para developer bisa mengunduh preview iOS 11 melalui developer.apple.com. Di sana akan ada sebuah program beta publik yang tersedia bagi pengguna iOS bulan ini di beta.apple.com. Sedangkan, rilis publik iOS 11 ini akan tersedia di musim gugur buat iPhone 5s dan lainnya, semua iPad Air, semua iPad Pro, iPad generasi ke-5, iPad mini 2 dan seri berikutnya dan iPod touch generasi ke-6.

Cekidot semua fitur utama iOs 11.

1. Desain ulang App Drawer



Di iOS 11, Apple sudah mendesain ulang fitur App Drawer di aplikasi Messages. Agan bakal melihat App Drawer ini memudahkan Agan berbagi konten melalui aplikasi Messages seperti lagu di Apple Music atau Starbucks Gift Card.

2. Sinkronisasi Aplikasi Pesan di Berbagai Perangkat



Sekarang aplikasi Messages akan disinkronkan di beberapa perangkat. Jadi kalau Agan menghapus pesan di aplikasi Messages di iPhone Agan maka itu juga akan menghapus pesan tersebut pada iPad dan Mac dan sebaliknya. Fitur ini didukung dengan enkripsi end-to-end.

3. Transfer Duit dengan Apple Pay



Salah satu fitur baru yang terbaik di iOS 11 ini adalah kemampuannya untuk mentransfer uang ke teman-teman Agan melalui Apple Pay. Agan bisa ngelakuin ini dengan buka Apple Pay melalui aplikasi pesan dan kirim uang dari kartu debit dan kartu kredit via Apple Wallet Agan.


Kirim uang melalui aplikasi pesan.

Kalau ada pembicaraan mengenai uang di aplikasi pesan, Siri akan menyarankan Agan untuk menggunakan Apple Pay. Agan juga bisa memerintahkan Siri mengirim uang melalui perintah suara saja.



Setelah menerima pembayaran, pengguna akan melihat uangnya muncul di akun Apple Pay Cash mereka yang baru. Selanjutnya menggunakan Apple Pay uang tersebut bisa dipakai untuk membeli apapun di App Store, aplikasi-aplikasi lainnya, dan di website atau cukup transfer saja ke nomor rekening bank.

Pembayaran dari orang ke orang ini dan Apple Pay Cash akan tersedia di U.S. di iPhone SE, iPhone 6 dan seri lainnya, iPad Pro, iPad generasi ke-5, iPad Air 2, iPad mini 3 dan Apple Watch di musim gugur ini.

4. Siri Bisa Menawarkan Beberapa Jawaban, dan Menerjemahkan Bahasa

Contohnya kalau Agan mau tanya "Gimana cara menyebut apa makanan populer di restauran Anda dalam Bahasa Cina?", ini jawabannya.



Siri akan secara langsung menerjemahkan pertanyaan ke dalam bahasa China dilengkapi cara bacanya. Pilihan bahasa yang bisa dilakukan Siri adalah China, Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol. Dan berbagai bahasa lainnya akan ditambahkan ke depannya. Plus, Siri punya suara baru dengan gender perempuan dan laki-laki. Suaranya akan terdengar lebih natural dan ekspresif."

Selain itu Siri juga akan memberi saran (suggestion), saat Agan mengetik sesuatu untuk browsing Safari, dan juga di aplikasi pesan (messages app). Contohnya kalo Agan lagi mau cari tahu tentang Islandia, Siri akan menyarankan Agan untuk menulis Reykjavik, saat Agan menulis "Re" di pesan teks.

5. Ada Update Camera/Photos/Videos App di iOS 11



Aplikasi kamera sudah diperbarui untuk mendukung high-efficiency video coding (HEVC).Artinya ini mendukung kompresi lebih dari dari 2x, tetapi kualitas video tidak menjadi menurun.

Selain itu, saat memotret, Agan bisa sambil mengedit lho.



Selanjutnya, aplikasi 'Photos' di iOS 11 juga memanfaatkan teknologi baru yang dikenal dengan "High Efficiency Image File (HEIF). Hal ini mengurangi ukuran foto yang diambil dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tanpa mengurangi kualitas foto.

6. Desain Ulang Pusat Kontrol



Apple sudah mendesain ulang fitur Control Center di iOS 11. Antarmuka/Interface pada Control Center yang baru juga mendukung Touch 3D. Jadi Agan bisa menekan ikon Volume untuk mengatur volume suara. Dan Agan dapat menekan antarmuka Musik di Control Center untuk mengontrol daftar playlist Agan.

7. Pengembangan Layar Kunci (Lock Screen)

Layar Kunci di iOS 11 sudah dikembangkan, jadi Agan bisa melihat semua notifications Agan di satu tempat. Untuk melihat semua Pemberitahuan Agan, cukup tarik ke bawah dari bagian atas layar. Kemudian Agan akan dapat melihat notifications yang terbaru dan yang belum terjawab di satu tempat.

8. Maps App: Indoor Mall dan Peta Dalam Bandara/Petunjuk Jalur Jalan Raya



Peta dalam ruangan mall dan bandara ini bisa menunjukkan Agan di mana restoran yang Agan cari. Agan juga bisa toko mana ada di lantai mana.



Petunjuk jalur ini bisa mencegah Agan kelewatan pintu masuk atau keluar tol. Mantap kan?

9. Jangan Ganggu Selama Mengemudi



Apple iOs 11 bisa mendeteksi bila Agan sedang mengemudi. Segala pesan akan dibuat silent secara otomatis. Dan Agan juga bisa mengirim auto-reply ke kontak favorit Agan sehingga mereka tahu bahwa Agan sedang mengemudi.

Sumber : Forbes
Fire News Feed
0
34.6K
191
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan