kyoujisamaAvatar border
TS
kyoujisama
Mengenal Flash Freezer, Teknologi Pembekuan Tercepat Dari Jepang
Apa yang agan tahu tentang Freezer? Kebanyakan dari agan pasti sudah mengenal Freezer kulkas, yaitu ruangan khusus di dalam kulkas yang biasa digunakan untuk membuat es batu. Kali ini kita tidak akan membahas soal freezer kulkas atau Freezer Dragonball, tapi tentang teknologi terkini dari mesin freezer komersial yang digunakan di berbagai industri seperti restoran, perikanan dan lainnya.

Teknologi Pembekuan Tercepat Saat Ini

Teknologi Freezer cepat beku (Flash Freeze) sudah mulai dimanfaatkan dalam bisnis penangkapan ikan tuna di Jepang pada tahun 1960. Fitur unik pada teknologi ini adalah kemampuannya dalam membekukan produk makanan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Teknologi ini mampu melampaui batas maksimum pembentukan kristal es, sehingga kerusakan dinding sel dapat dicegah. Kisaran suhu penyimpanan pada teknologi Flash Freeze ini yaitu di bawah -20 derajat celcius.



Pada teknik pembekuan biasa, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang pembentukan kristal es sangat lambat. Hal ini menyebabkan dinding seluler yang menjaga molekul air dalam bahan makanan menjadi rusak. Ukuran sel pada hewan dan tumbuhan dikatakan sekitar 20 ~ 30 mikron. Pada pembekuan dengan freezer komersial biasa seperti Blast Freezer, kristal es yang terbentuk di inti sel tumbuh hingga sekitar 100 ~ 250 mikron. Oleh karena itu selama proses pencairan (defrost), biasanya terdapat tetesan keluar yang mengakibatkan rasa/ sari pati dari bahan makanan ikut mengalir keluar dari produk sehingga membawa dampak negatif pada rasa makanan.

Dengan teknologi Flash Freezer dinding sel pada bahan makanan yang dibekukan tidak hancur sehingga sumber dari cita rasa bahan makanan tidak banyak berkurang, dan kesegaran bahan makanan tetap terjaga.

Tiga Tipe Flash Freezer

Ada tiga tipe mesin freezer cepat beku yang dikembangkan oleh Jepang:

1. Proton Freezer (Freezer elektromagnetik)





Proton Freezer menggunakan kekuatan medan magnet, gelombang elektro-magnetik, dan udara dingin. Gelombang elektromagnetik yang kuat membekukan bahan makanan dari dalam, sehingga memunculkan beberapa partikel es sekaligus dalam satu waktu. Namun partikel es yang terbentuk dalam bahan makanan ukurannya yang lebih kecil dari biasanya. Proton Freezer sudah mendapatkan banyak penghargaan di Jepang.

2. 3D Freezer



3D Freezer menggunakan sistem Anti Cycle Vibration Cold System (ACVCS). Freezer biasa umumnya memancarkan udara dingin dari bagian yang dirancang di dalam freezer, namun pada 3D Freezer udara dingin dipancarkan dari semua sudut dan menyelimuti produk. Udara dingin yang dipancarkan tidak kembali lagi ke mesin dan terus menghasilkan suhu termal yang berkelanjutan. Metode ini juga tidak menghilangkan kelembaban dan bekerja sebagai sistem pertahanan terhadap kondisi berkurangnya kadar air pada makanan.

3. Re-Joice Freezer (Freezer berbasis liquid)



Re-Joice Freezer adalah mesin freezer paling cepat beku yang ada di dunia! Kecepatan pembekuan kurang dari 30 menit, hingga hitungan detik tergantung dari jenis bahan makanan yang dibekukan. Freezer ini berbasis liquid (cairan) yang menggunakan cairan alkohol penghantar termal untuk membekukan dan mengawetkan makanan. Cairan yang digunakan tidak berbau dan aman bagi tubuh manusia. Suhu terendahnya sendiri tidak lebih rendah dari -35 ℃. Freezer yang satu ini juga sangat mudah digunakan, cukup membungkus bahan yang ingin dibekukan ke dalam plastik vakum, lalu letakan di tray freezer, dan celupkan ke cairan termal hingga produk membeku. Re-joice freezer memiliki reputasi baik dalam membekukan seafood / hasil laut.


Video tes pembekuan Unagi (belut jepang) menggunakan Re-Joice Freezer


Mungkin penggunaan teknologi ini bisa dipertimbangkan oleh Ibu Susi untuk membantu perkembangan industri perikanan di Indonesia. emoticon-Smilie

sumber:flash-freeze.net/id

Diubah oleh kyoujisama 20-06-2017 12:11
0
10.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan