ansman900Avatar border
TS
ansman900
5 Cara Sederhana Untuk Selamatkan Laut Kita


Setiap 8 Juni, ada satu momen yang diperingati warga dunia. Apalagi kalau bukan hari laut seduniaatau world oceans day. Hari laut sedunia ini adalah kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mengingatkan seluruh orang di dunia tentang peranan penting laut dalam kehidupan sehari-hari Gan.

Meski laut memiliki peran penting dalam hidup kita, tapi faktanya laut kita sedang dalam kondisi yang mengkhawatirkan Gan. emoticon-Berduka (S) Mulai dari meningkatnya pencemaran laut hingga perubahan iklim yang turut mempengaruhi tingkat keasaman dan permukaan laut yang semakin hari semakin meningkat. Kita bisa aja cuek dengan laut, tapi tau gak sih Gan kalau kita masih cuek terhadap laut yang rugi juga ntar kita dan anak cucu kita juga. emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

Mungkin Agan berpikir kalau agan gak punya waktu dan uang untuk menyelamatkan laut dan planet kita, tapi tau gak sih bahwa ada solusi sederhana yang bisa ane, ente dan kita smua lakukan untuk menyelamatkan laut dan lingkungan.

Stop penggunaan plastik!



Tau gak sih Gan, pada tahun 2050 nanti diperkirakan akan ada lebih banyak plastik di laut daripada ikan! Itu terjadi karena plastik tidak mudah terurai sehingga dapat mencemari tanah dan laut kita sehingga dapat membahayakan hidup manusia dan hewan. Daripada nunggu sampai plastik benar-benar merusak lingkungan, mending mulai dari sekarang kurangi deh penggunaan plastik dalam keseharian. Coba gunakan produk yang bisa dapat digunakan kembali sehingga secara gak langsung ente menjaga laut dan lingkungan tetap bersih dan bisa mencegah Agan untuk membeli produk plastik secara terus menerus.

Kurangi penggunaan listrik yang berlebihan



Percaya gak percaya tapi lampu yang ente biarkan menyala di rumah saat ini juga berkontribusi pada penghancuran besar-besaran laut kita. Energi yang digunakan untuk menyalakan lampu dan semua peralatan listrik Agan itu dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang menjadi kontributor pada pengasaman laut. Coba deh untuk selalu mencabut peralatan listrik setelah Agan selesai menggunakannya, dan hematlah pemakaian listrik yang dirasa tidak perlu. Ini akan membantu menghemat pengeluaran sekaligus membantu laut dan planet kita Gan.

Jangan buang sampah sembarangan, pliss!!



Tau gak Gan kalau sampah yang agan buang dengan sembarangan bisa berakhir di laut. Pernah dengar berita ada ikan yang berisi potongan plastik dalam perutnya gak Gan? Atau cerita seekor penyu yang menelan sedotan plastik sepanjang 10 cm? Mereka semua hidup di laut tapi mereka menelan sampah yang dihasilkan manusia. Sedih gak tuh? Itu sebabnya coba deh biasakanlah membuang sampah pada tempatnya sedari sekarang. Jika Agan tinggal di daerah pantai atau pesisir, ente juga bisa nih ngajak teman-teman ente untuk ikut membersihkan pantai bersama-sama. Agan juga bisa mengurangi membeli barang dengan banyak kemasan yang bisa menambah limbah dan mencemari lingkungan dan laut kita. Kalau perlu berkreasilah dengan sampah yang kamu hasilkan Gan. Misalnya mengubah botol plastik jadi wadah pot bunga dan sebagainya. Jangan tunggu sampai sampah yang kita pakai justru berakhir merusak laut kita.


Kurangi penggunaan kendaran bermotor



Emisi dari kendaraan bermotor juga jadi salah satu kontributor terbesar terhadap polusi udara yang juga secara tak langsung meningkatkan tingkat keasaman laut. Karena itu cobalah memilih alternatif menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki dan bersepeda ke tempat yang Agan tuju terutama bila jaraknya tidak terlalu jauh. Agan juga bisa nebeng bareng teman-teman untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dengan melakukan cara sederhana ini Agan bisa membantu mengurangi polusi yang pada saat bersamaan juga mempengaruhi kondisi laut kita.

Dukung laut kita!



Jika Agan merasa agan masih belum bisa menaruh perhatian yang banyak pada kondisi laut, Agan sista juga bisa mendukung organisasi-organisasi yang menaruh kepedulian pada laut. Berikan sedikit uangmu untuk disumbangkan pada organisasi-organisasi yang juga tengah berupaya menjaga dan melindungi laut kita. Gak bisa nyumbang uang, agan juga bisa nyumbang tenaga dalam event-event mereka yang bertujuan untuk menjaga laut tetap bersih dan sehat. Dengan memberikan dukunganmu kepada mereka, kamu bisa mencurahkan kepedulianmu pada laut juga kan!

Itu dia beberapa solusi sederhana yang bisa Agan lakukan dari sekarang untuk membantu melindungi dan menjaga laut kita. Jangan lupa ajak teman-teman dan keluargamu juga biar semua makin peduli pada laut dan lingkungan. Gak perlu nunggu sampai laut kita benar-benar rusak, yuk mulai lindungi laut dan lingkungan kita dari sekarang Gan!
emoticon-2 Jempol


0
12.4K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan