kata.bijak.indoAvatar border
TS
kata.bijak.indo
Blusukan Pak Harto, Tidur Sembarangan Sampai 'Nongkrong' di Kali

Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP memiliki kenangan berkesan atas sosok mendiang Presiden Soeharto. Ia juga memuji sikap dan perilaku Soeharto di awal-awal masa kepresidenannya yang bersahaja.

Presiden Soeharto kerap melakukan incognito alias kunjungan dadakan atau blusukan. Setiap kali melakukan sidak ke daerah-daerah, khususnya ke wilayah Jawa Barat, kata Solihin, Soeharto biasa makan apa saja dan siap tidur di mana saja.

Saat kemalaman di Sukabumi, misalnya, Soeharto tidak menolak ketika ditawari tidur di sebuah restoran ikan mas. Begitu juga saat blusukan ke pedalaman Banten, Soeharto tak keberatan tidur di rumah warga yang tak punya kamar mandi.

Hanya Soeharto sempat bertanya ke Solihin, bagaimana caranya mereka buang air besar keesokan harinya. "Cuma dia sempat tanya, 'Lihin, besok kita nongkrong di mana?'" kata Solihin dalam sebuah wawancara khusus dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Kata 'nongkrong' yang dimaksud Pak Harto adalah bagaimana mereka buang air besar keesokan harinya. "Ya kita sama-sama ke sungai saja, Pak," jawab Solihin kepada Pak Harto.
Jadi, cerita Solihin, pagi-pagi sekali Soeharto sudah menyelempangkan handuk di pundak. Begitu juga Solihin.

"Kami turun ke sungai untuk BAB (buang air besar), juga mandi. Presiden mana di Indonesia kayak gitu. Hebatlah...!," cetus Solihin.
Setiap sidak, ia melanjutkan, yang mendampinginya cuma Sekretaris Militer Tjokropranolo, ajudan, dan dua prajurit polisi militer. Mobilnya pake Toyota Hi-Ace. (jat/erd)

https://detik.com/news/berita/352441...0%2C8667199109
Diubah oleh kata.bijak.indo 08-06-2017 10:07
0
28.4K
240
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan