gembrenxAvatar border
TS
gembrenx
Pasangan Ini Menghabiskan 26 Tahun Untuk Menanam Kembali Hutan!
Pernahkah Agan membayangkan berapa lama waktu dan usaha yang dibutuhkan agar bisa kembali mengembalikan hutan-hutan yang gundul menjadi hijau seperti sedia kala?

Mungkin kita-kita gak bakal tau rasanya mengembalikan hutan-hutan yang gundul menjadi sedia kala, tapi dua orang ini tahu benar rasanya. Yaiyalah Gan. Mereka berdua berhasil menanam kembali hutan yang gundul menjadi hijau seperti sedia kala selama 26 tahun lamanya!! Gokil gak tuh!



Pamela dan Dr Anil Malhotra ini membeli sekitar 55 hektar lahan pribadi di daerah sekitar India Selatan pada tahun 1991. Sebagian besar lahan yang mereka beli ini tak lain adalah hutan yang mengalami deforestasi alias penggundulan hutan setelah digunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan kopi dan peternakan kapulaga yang dibiarkan begitu saja. Namanya juga hutan gundul, kawasan yang mereka beli ini bahkan tak lagi dihuni oleh satwa liar.



Keluarga Malhotra ini sekarang memiliki lebih dari 300 hektar lahan yang dilindungi dalam cagar alam yang mereka sebut sebagai SAI Sanctuary. Pamela mengatakan bahwa sudah selalu menjadi impian mereka untuk memliki sebuah cagar alam sendiri di mana mereka bisa melindungi satwa liar yang hidup di dalamnya. Banyak orang yang menganggap rencana mereka sedikit gila, tapi mereka tetap menjalani rencana mereka ini.



Hebatnya nih Gan, hutan yang dulunya tandus dan tak tampak seperti hutan kini benar-benar berubah seperti hutan yang sebenarnya. Dengan pepohonan yang hijau subur dan hewan-hewan liar yang hidup dan bersembunyi di balik semak belukarnya.

Menurut mereka dibutuhkan banyak perhatian, energi, dan waktu hingga bertahun-tahun lamanya untuk bisa kembali menghidupkan tanah itu. Berkat bantuan dari penduduk setempat dan relawan, kegiatan pembibitan secara bertahap bisa membuahkan hasil. Saat ini cagar alam ini memiliki beragam macam flora yang mencakup ratusan pohon dan berbagai jenis tanaman asli yang berbeda. Banyak tumbuhan di antaranya yang juga memiliki manfaat medis sebagai obat-obatan.





Selain tanaman, banyak juga spesies satwa yang terancam punah yang hidup di sini. Beberapa di antaranya adalah berang berang sungai, kucing luwak, macan tutul, kobra raja India, harimau Bengal dan gajah Asia. Kehadiran hewan-hewan ini membawa perubahan ke hutan ini. Pamela menggambarkan bagaimana awal dia berada di hutan ini dia tidak bisa mendengar suara apa pun kecuali suara kakinya. Kini tempat itu telah hidup dengan suara-suara hewan yang hidup di sana.







Sepasang suami istri memang sepertinya sangat cinta dengan hutan. Setelah berhasil mengembalikan rupa hutan tersebut dan berjalan melaluinya mereka mengaku merasakan sukacita yang luar biasa yang sebelumnya tak pernah mereka rasakan dalam hal lain dalam hidup mereka.



Fyi Gan, daerah tempat cagar alam milik sepasang suami istri ini berada di distrik Kodagu yang mengalami penurunan kawasan tutupan hutan secara dramatis selama 40 tahun terakhir, dengan lebih dari 20 persen hutan hilang. Ini disebabkan adanya alih fungsi hutan menjadi daerah perkebunan dan pertanian. Hal tersebut terbukti memberikan dampak pada perubahan pola curah hujan dan persediaan air di sekitar wilayah selatan India tersebut.



Buat ente yang penasaran gimana hutan yang sudah ditanam kembali milik sepasang suami istri ini, ente bisa kok datang langsung ke sana. SAI Sanctuary ini terbuka untuk umum dengan eco-cottages yang bisa disewakan loh.

Keren banget ya sepasang suami istri ini. Bisa ngembaliin hutan yang gundul jadi hijau seperti sedia kala. Walau butuh berpuluh tahun lamanya, tapi salut buat semangat dan ketekunan mereka ya Gan.

emoticon-Toast

sumber
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
31.9K
285
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan