sadako88
TS
sadako88
[HSI] Eragon


Judul: Eragon
Pengarang: Christopher Paolini
Alih Bahasa Indonesia: Sendra B. Tanuwidjaya
Cover Art: John Jude Palencar
Penebit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 565 halaman
Cetakan Pertama: Juni 2004
Cetakan Kedua: Juli 2004
ISBN: 979-22-0862-3


Eragon, anak muda berusia 15 tahun, tengah berburu rusa ketika ia sadar telah melangkah terlalu jauh memasuki hutan Spine yang mistis. Namun ia enggan untuk mundur karena rusa buruannya sudah di depan mata. Tepat pada saat Eragon mengacungkan busur dan anak panah, terdengar suara dentuman keras yang mengacaukan perburuannya yang telah berlangsung selama berhari-hari. Rusa itupun kabur dan sebuah tanah lapang kecil terbentuk oleh ledakan itu. Di tengahnya Eragon menemukan sebuah batu berwarna biru yang indah.

Bingung, namun berharap batu itu mungkin berharga untuk dijual, Eragon pun membawanya pulang ke rumahnya di desa Carvahall. Namun naas, setelah berusaha menawarkannya pada Sloan si tukang daging dan pada penjual perhiasaan keliling, tak satupun yang bersedia membayar batu itu. Kesal, Eragon pun akhirnya menyimpan batu itu di kamarnya dan mendiamkannya. Sementara pamannya, Garrow, dan sepupunya, Roran, tak lagi peduli pada batu itu saat mereka tahu batu itu tidak bisa ditukar dengan uang.

Hingga suatu malam batu itu mengeluarkan suara-suara dan bergerak sendiri secara ganjil. Tepat pada saat Eragon berpikir untuk membuang batu yang menyusahkan itu, batu itu berguling dan pecah. Di sana, di depan mata Eragon dan disinari cahaya bulan, tampaklah: seekor naga.

Berbagai pikiran pun berkecamuk dalam benak Eragon. Jika ia memelihara naga itu, maka ia bisa menjadi seorang Penunggang Naga, seperti dalam legenda yang pernah didengarnya dari Brom, sang pendongeng desa. Namun di sisi lain hal itu akan membahayakan nyawanya dan nyawa keluarganya karena menjadi Penunggang Naga tanpa izin Raja Galbatorix adalah kejahatan besar. Tapi Eragon juga menolak gagasan untuk membunuh makhluk itu.

Akhirnya, secara sembunyi-sembunyi Eragon membawa bayi naga itu ke hutan. Ia memberinya makan, membuatkan tempat berlindung, dan pada saatnya memberi nama naga itu: Saphira.

Saphira pun tumbuh besar hanya dalam beberapa bulan. Sampai suatu hari Roran memutuskan menerima pekerjaan di desa Therinsford. Tepat setelah kepergian Roran, makhluk misterius bernama Ra’zac muncul mencari-cari telur Saphira ke Carvahall. Karena takut, Saphira membawa Eragon kabur ke Spine. Eragon memohon-mohon agar Saphira membawanya pulang namun ketakutan dan kedukaan Saphira seolah menulikan telinganya. Malam itu Eragon terpaksa menginap di Spine dengan dibayang-bayangi perasaan cemas akan keselamatan Garrow.

Saat ia kembali, rumah pertaniannya hancur porak poranda. Garrow ditemukan terluka parah di bawah puing-puing rumah. Sekuat tenaga Eragon dan Saphira berusaha membawa Garrow menuju desa, namun nyawa Garrow tidak tertolong.

Dari sinilah perjalanan Eragon dimulai. Perjalanan yang semula dimaksudkan untuk memburu dan membalas dendam pada Ra’zac yang telah membunuh pamannya. Namun pada akhirnya petualangan itu adalah titik awal untuk memenuhi takdir Eragon sebagai Penunggang Naga. Ditemani naganya Saphira dan Brom si tukang cerita yang dengan sukarela menawarkan bantuan untuk menemaninya…

Eragon, buku pertama dari tetralogi The Inheritance Cycle (Warisan), adalah karya pengarang muda berbakat, Christopher Paolini yang pada saat ia menulis buku ini usianya sama dengan Eragon, 15 tahun. Secara utuh petualangan Eragon dan Saphira terbagi dalam 4 buku, yaitu: Eragon,  Eldest, Brisingr, dan Inheritance.

Daya tarik buku ini adalah ceritanya yang akan membawa kita ke negeri dongeng dimana manusia, Penunggang Naga, kurcaci, dan elf berperang melawan kekejaman Raja Galbatorix yang dibantu makhluk-makhluk kejam seperti Ra’zac, Shade, Urgal, dan para penyihir. Perang, intrik, penghianatan, kesetiaan, roman dan persahabatan turut mewarnai kisah fantasi epos ini.

Terakhir saya berikan rating 8,5/10 untuk buku ini. Buku yang tak pernah bosan untuk saya baca lagi, lagi, dan lagi.

Se onr sverdar sitja hvass!
(Semoga pedang kalian tetap tajam!)
Diubah oleh sadako88 07-06-2017 00:10
0
5.2K
26
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan