ageel004Avatar border
TS
ageel004
Onde-onde Ternyata Udah Ada dari Era Majapahit Gan!


Jelang buka puasa gini, ngeliat onde-onde kok rasanya menggoda banget yah. Tapi tau nggak gan asal usulnya onde-onde?

emoticon-Ngacir2

Onde-onde ini punya ciri khas taburan wijen di kulit luarnya gan. Biasanya terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang bentuknya boladan di dalamnya biasanya diisi pasta kacang hijau atau gula merah.

Tapi ternyata gan sist, onde-onde ini berasal dari Tiongkok dan pertama kali dibuat di masa Dinasti Zhou (1045-256 SM). Iya udah lama banget bahkan dari Sebelum Masehi gan sist.



Jadi di zaman Dinasti Tang, kue ini jadi kue resmi daerah Chang an (yang sekarang disebut Xian). Di Chang an, kue onde-onde dikenal dengan nama ludeui. Namanya juga kuliner, saat masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, tepatnya saat Kerajaan Majapahit lah onde-onde ini mulai dikenal.

Buat agan yang familiar sama nama Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming, ternyata beliau lah yang membawa onde-onde ini ke Nusantara pada tahun 1300-1500 M.



Awalnya, onde-onde ini isinya gula merah dan rasanya manis. Tapi semakin berkembang sekarang, di Indonesia yang terkenal justru yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan pasta kacang hijau. Varian lainnya ada keciput dan onde-onde ketawa.

Buat agan yang pengen beli onde-onde, banyak banget nih yang jual apalagi di tempat jual makanan buka puasa. Tapi paling enak disantap waktu masih anget gitu gan alias baru digoreng jadi agak crispy gitu.



Tapi, onde-onde ini ternyata juga jadi oleh-oleh khas Mojokerto, Jawa Timur yang nggak boleh dilewatkan. Salah satu yang terkenal adalah Onde-Onde Bo Liem Jr yang udah ada dari tahun 1929. Harga satu kotak onde-onde Bo Liem Jr. berisi 10 buah adalah Rp 40.000, toko ini terletak di Jalan Empu Nala 43, Mojokerto.

Jadi ngiler banget ya buat jadi makanan buka puasa emoticon-Peace Dah ah ane mau ke pasar terdekat cari onde-onde emoticon-Ngacir

tata604
tata604 memberi reputasi
1
25.2K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan