Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

danielreagyAvatar border
TS
danielreagy
Mau Tau Perbedaan Augmented Reality & Virtual Reality
Hai gan… Mau tahu apa itu Virtual Reality? Mau Tau apa itu Augmented Reality? Apa sih perbedaannya? Yuk, baca artikel di bawah ini!

1. Agumented Reality



Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, dan manufaktur yang mempunyai risiko besar dan membutuhkan tambahan benda-benda semua yang meniru benda-benda nyata sebelum diimplementasikan. Pada umumnya Augmented Reality membutuhkan alat masukan (input device) seperti kamera atau webcam, alat keluaran (ouput device) seperti monitor atau Head Mounted Display (HMD), alat pelacak (tracker) agar benda maya tambahan berupa penanda (marker) yang dihasilkan berjalan secara real-time atau mungkin interaktif.

Contohnya, ada di dalam game Astark Football.
Aplikasi mobile gaming ini merupakan aplikasi sepakbola pertama yang menggunakan konsep teknologi augmented reality (AR) trading cards. Dengan teknologi tersebut, Astark mampu menghadirkan permainan sepakbola online menjadi lebih nyata. AR sendiri merupakan teknologi yg belum pernah diterapkan pada sebuah game mobile sepak bola.

Spoiler for Astark Football:


Inti dari permainan ini adalah kompetisi melawan pengguna lain. Tujuannya tentu untuk membuktikan siapa yang mampu membangun dan melatih tim terbaik dalam sepak bola. Saat ini pengguna bisa download secara gratis di Google Play dan App Store.
https://play.google.com/store/apps/d...o.astark&hl=in

2. Virtual Reality

Teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3 yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata dan imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.



Selain itu Virtual Reality juga sudah banyak diterapkan dalam sebuah game dengan memberikan sensasi “nyata” kepada penggunanya. Game Virtual Reality bekerja dengan memberikan sudut pandang real bagi penggunanya, sehingga pengguna akan merasakan sensasi seolah-olah sedang berada didalam kehidupan game.

Spoiler for Roller Coaster:


Contoh Virtual Reality yang diterapkan dalam game adalah Roller Coaster.
Seperti namanya kita bisa menikmati Roller Coaster tanpa pergi keluar ke taman bermain dan wahana permainan. Cukup dengan VR handset dan smartphone yang cukup kita menikmati sensasi permainan ini. Saat ini pengguna bisa download secara gratis juga di google play.
https://play.google.com/store/apps/d...rrollercoaster

Mungkin sekian dulu gan thread dari ane… Barangkali ada yang punya pendapat dan pengertian lain dari kedua teknologi ini? Atau ada yang pernah mencoba Game dengan teknologi AR?


Diubah oleh danielreagy 19-05-2017 09:31
0
6.4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan