Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rr28Avatar border
TS
rr28
Grand Mall Batangase Robohkan Patung-patung Romawi Karena Protes Keras Ormas Islam


RAKYATKU.COM, MAROS - Patung-patung Romawi yang berada di Grand Mall Batangase Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan akhirnya dirobohkan oleh pihak manajemen, Senin (5/6/2017).
Keputusan itu dilakukan oleh manajemen menyusul ditentang oleh sejumlah organisasi agama dan pemuda di Maros.
Store Manager Grand Mall Batangase, Darlan Hasyim menjelaskan, patung-patung tersebut dirobohkan karena tingginya gelombang protes masyarakat Maros melalui media sosial.
"Kita menghargai masyarakat Maros dan kalau memang kehadiran patung-patung tersebut mengganggu kita robohkan," ucap Darlan Hasyim usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan DPRD Maros.

Terkait ornamen dan lukisan dewa-dewa Romawi Kuno yang ada di dalam mal, kata Darlan, akan dipertimbangkan untuk diganti. Menurutnya, pihaknya menunggu dari Pemerintah Kabupaten Maros jika ada perintah penggantian pihaknya akan mengganti ornamen tersebut.
Pihak manajemen berdalih, adanya patung-patung mitologi Romawi dan ornamen serta lukisan bernuansa Romawi kuno merupakan strategi bisnis dari manajemen Grand Mall Batangase. Dengan membawa konsep eropa klasik pihaknya tidak berniat membawa simbol agama manapun dalam mal tersebut.
"Memang konsep awalnya wisata mal, kita ingin menghadirkan nuansa eropa di mal ini. Tapi proses pembangunan terus berjalan, dan kami tidak anti kritikan. Semua bisa dikomunikasikan," ujarnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam mengatakan, pihaknya menerima aspirasi dari masyarakat terkait nuansa eropa dengan banyaknya patung di Grand Mall Batangase. Dia berharap, pihak manajemen dapat mengganti lukisan dan ornamen dengan mengedepankan kearifan budaya lokal.
"Kita berharap manajemen memperhatikan aspirasi masyarakat sehingga dengan begitu masyarakat Maros merasa memiliki keberadaan mal ini. Apalagi ini kan konsumennya nanti masyarakat Maros dan sekitarnya. Kalau mau menghadirkan nuansa eropa bisa mungkin membangun miniatur Menara Pisa, Menara Effiel, London Eye atau Kincir Angin Belanda," papar Chaidir.
http://news.rakyatku.com/read/51610/...-patung-romawi
Diubah oleh rr28 05-06-2017 15:24
0
9.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan