Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Titik-titik lokasi penukaran uang Idulfitri 2017
Titik-titik lokasi penukaran uang Idulfitri 2017
Penjual jasa penukaran uang asal Semarang Jawa Tengah menawarkan uang baru kepada pengguna jalan di Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (4/6/2017).
Membagikan uang baru di Hari Raya Idulfitri kepada sanak saudara menjadi tradisi yang tak bisa dipisahkan.

Tak ayal, setiap tahunnya, Bank Indonesia selalu menyediakan "uang baru" untuk melayani tradisi ini. Persediaan uang ini pun selalu bertambah dari tahun ke tahun.

Tahun ini saja, Bank Indonesia menyediakan Rp167 triliun untuk melayani penukaran uang di seluruh cabang Bank Indonesia, perbankan, dan sejumlah pihak yang ditunjuk, di seluruh Indonesia.

Jumlah ini naik 14 persen ketimbang Idulfitri 2016 yang hanya berjumlah Rp146 triliun.

Sedikitnya ada 120 titik distribusi uang baru yang terdiri dari 43 kantor Bank Indonesia di daerah (satuan kerja kas keliling) dan 77 kas titipan di bank komersial yang mulai hari ini, Senin (5/6/2017) sudah bisa dilakukan penukaran.

Dari titik distribusi tadi, 13 bank BUMN maupun swasta juga termasuk di antaranya. Bank-bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Mandiri, Bank Tabungan Negara, Bank DKI, Bank Mega, Bank Permata, Maybank, CIMB Niaga, BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BJB.

Sementara lokasi lain (selain bank) yang menjadi tempat penukaran uang baru yakni, Lapangan IRTI Monumen Nasional (Jakarta), Gedung Juang (Lampung), Lapangan Puputan (Bali), Masjid Islamic Center (Lhokseumawe), GOR Segiri (Samarinda), Alun-Alun (Bandung), dan Lapangan Benteng (Medan).

Penukaran juuga bisa dilakukan di beberapa gedung pemerintahan seperti Gedung DPR RI (Jakarta), Gedung DPR Daerah atau Kota. "BI juga akan melakukan kas keliling ke pasar-pasar, stasiun dan posko mudik," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng dalam ANTARA.

Sugeng menegaskan, layanan penukaran uang yang diselenggarakan Bank Indonesia bersama perbankan dan sejumlah pihak yang ditunjuk adalah gratis dan dipastikan terbebas dari potensi uang palsu.

Menurut Sugeng, untuk mengedarkan uang-uang edisi baru tersebut, BI meluncurkan program Kas Titipan dan BI Jangkau. Program-program tersebut ditujukan untuk mengedarkan uang-uang baru agar tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah perbatasan.

"Pada 17 Agustus nanti, BI sudah tersedia di perbatasan. Jangan sampai uang kita tidak beredar di sana," ujar Sugeng.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, dalam Liputan6.com mengatakan Bank Indonesia dan bank-bank penyedia jasa akan mengutamakan peredaran uang cetakan baru emisi 2016.

Menurut Suhaedi, yang menjadi prioritas bank sentral saat ini adalah dapat segera mengedarkan uang tersebut kepada masyarakat.,Momentum penukaran uang tunai untuk kebutuhan Idulfitri bisa menjadi kesempatan besar bagi BI untuk mengedarkan uang rupiah tahun emisi 2016.

Untuk mekanisme penukarannya, Bank Indonesia akan memberlakukan batas maksimal penukaran untuk satu orang adalah Rp3,7 juta. Oleh karenanya, penukar wajib menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas diri lainnya sebagai bukti pencatatan.
Titik-titik lokasi penukaran uang Idulfitri 2017


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...idulfitri-2017

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Titik-titik lokasi penukaran uang Idulfitri 2017 Puas atau kecewa dengan Jokowi, sama-sama tolak ISIS dan HTI

- Titik-titik lokasi penukaran uang Idulfitri 2017 Segel berulang masjid Ahmadiyah Depok

- Titik-titik lokasi penukaran uang Idulfitri 2017 London kembali diserang, tujuh orang tewas

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
31K
118
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan