Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

annisaputrieAvatar border
TS
annisaputrie
Cuma Bancakan Oligarki Pemerintah Jokowi, Rangkap Jabatan Bangkrutkan BUMN
Cuma Bancakan Oligarki Pemerintah Jokowi, Rangkap Jabatan Bangkrutkan BUMN
Juni 5, 2017 10:10

Jakarta, Aktual.com – Pengamat senior ekonomi politik dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng menyebut, kiprah BUMN saat ini hanya sebagai bancakan oligarki pemerintahan Jokowi baik dalam hal sumberdaya ekonomi, keuangan dan organisasi BUMN.

Makanya tak aneh jika kemudian pemerintah, melalui Menteri BUMN Rini Soemarno banyak menempatkan orang-orang pemerintah dari eselon I atau II untuk rangkap jabatan menjadi komisaris di perusahaan pelat merah itu.

“Justru yang terjadi, penempatan orang-orang dari penguasa dalam BUMN merupakan cara paling efektif untuk menjarah BUMN. Dengan demikian, maka belanja BUMN yang sangat besar yang bernilai ribuan triliun itu bisa menjadi proyek bancakan penguasa,” kecam Daeng kepada Aktual.com, Senin (5/6).

Bahkan hal itu terjadi dalam BUMN strategis yang menyangkut hajat hidup orang banyak. “Makanya berbagai mega proyek yang direncakan oleh BUMN tersebut jadi bancakan oligarki penguasa. Sehingga cepat atau lambat BUMN itu akan gulung tikar,” tegasnya.

Apalagi sekarang, kata dia, BUMN dipaksa mengambil utang yang besar ke luar negeri dan dari pasar keuangan. Sehingga beban BUMN meningkat, penerimaan BUMN pun menurun seperti yang terjadi di PT PLN (Persero).

“Nanti jika BUMN itu sudah bangkrut, maka BUMN ini selanjutnya akan dijual ke swasta, dilepas ke para taipan dan asing. Penjualan aset BUMN dapat menjadi ajang korupsi oligarkhi penguasa. Jadi BUMN bangkrutpun mereka selalu untung,” kecam Daeng

Dengan begitu,sekalipun orang-orang penguasa ditempatkan di BUMN, mereka tetap tidak miliki rasa tanggung jawab. Bahkan okigarki penguasa dan para taipan itu diduga menysupkan orang-orang mereka ke BUMN untuk menjarah sekaligus membangkrutkan BUMN dengan berbagai modus operasinya.

“Dan ketikaa nanti mereka untung besar dari hasil proyek membangkrutkan BUMN itu, mereka pun pergi begitu saja tanpa rasa malu,” kritiknya.

Oleh karena itu, dia menandaskan, publik harus mengawasi secara baik dan ketat terhadap orang-orang orang susupan penguasa di seluruh BUMN tesebut, cermati hasil kerjanya, dan kritisi secara terus menerus.
http://www.aktual.com/cuma-bancakan-...gkrutkan-bumn/


Dari arsip berita lama membenarkan tenggara itu?
Quote:


--------------------------------------

Tinggal 2 tahun lagi, setelah itu rezim baru datang. Dan Pimpinan KPK juga baru yang lebih pro rezim baru. maka soal waktu saja para timses Jokowi ini akan diciduk satu persatu oleh KPK. Mirip kisah rezim SBY ketika menciduki orang-orang PDIP dan kokeganya
Diubah oleh annisaputrie 05-06-2017 22:22
0
4K
35
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan