Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tentangasiaAvatar border
TS
tentangasia
Tradisi Ini Hanya Ada Di Nusa Tenggara Timur
TENTANG ASIA – Kali ini tentangasia mau kasih info soal Tradisi Unik di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tradisi ini satu-satunya di dunia lho, penasaran? yuk simak deh artikel berikut.

Masyarakat Indonesia pada umumnya memiliki cara yang sama ketika menyambut tamu atau bertemu dengan seseorang, yaitu berjabatan tangan atau pun mencium pipi kiri dan pipi kanan. Namun, ada yang berbeda dengan masyarakat Suku Sabu di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Suku Sabu memiiki tradisi yang unik, yaitu mencium hidung satu sama lain ketika bertemu. Kapan pun, dimana pun, dengan siapa pun. Dalam bahasa setempat, tradisi ini bernama Henge’do.

Mungkin hal ini terasa aneh, namun begitulah cara masyarakat Sabu menyambut seseorang yang ditemui. Cium hidung memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu keakraban dan rasa keterikatan antara satu dengan yang lain sebagai makna persaudaraan. Hidung adalah alat pernapasan, hidung berarti kehidupan. Dengan filosofi tersebut, masyarakat Sabu memaknai sebagai unsur yang bisa menghidupkan rasa kekeluargaan antara satu dengan yang lain, sekalipun baru pertama kali bertemu.

Sepintas, tradisi ini mirip dengan tradisi suku Maori

Selngkapnya di Tradisi Unik Dari Indonesia
0
1.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan