soyuzzAvatar border
TS
soyuzz
Kenapa Banyak Gedung Pencakar Langit di Hongkong Punya Bolongan?

Buat Agan yang sering-sering jalan-jalan ke Hong Kong, pernahkah Agan menyadari bahwa gedung-gedung pencakar langit di Hongkong seringkali memiliki bolongan di bagian tengahnya? Ya Gan!

Kebanyakan gedung pencakar langit di Hongkong memiliki ciri khas yang sama terutama pada bolongan yang berada di bagian tengahnya.



Kenapa bisa begitu ya?

Ternyata ada rahasia dibalik dibuatnya bolongan di kebanyakan gedung pencakar langit di Hongkong ini Gan. Bolongan ini biasanya disebut sebagai dragon gates atau dalam bahasa kita dapat diartikan sebagai pintu gerbang naga.

Menurut prinsip feng shui Cina, bolongan atau lubang ini memungkinkan naga terbang dari pegunungan ke air setiap harinya. Hal ini dipercaya jika misalnya sebuah bangunan menghalangi jalan naga maka bisa membawa malapetaka. Itu sebabnya banyak gedung pencakar langit di Hong Kong yang menyisakan ruang dalam bolongan di bagian tengah sebagai dragon gates.





Di Hong Kong, perencanaan dan desain sebuah bangunan seringkali tidak hanya tergantung pada arsitek dan insinyur, melainkan juga master feng shui Gan. Filosofi Cina kuno yang sudah mengakar kuat dalam budaya Hong Kong ini bertujuan untuk memposisikan benda dan bangunan yang selaras dengan alam untuk menghasilkan keberuntungan. Mulai dari bentuk bangungan, posisi pintu masuk dan posisi furnitur diyakini dapat mempengaruhi kemakmuran bisnis atau pemilik rumah.

Trus gimana dong kalau gak mengikuti feng shui?

Salah satu gedung pencakar langit yang dipercaya gulung tikar karena tidak mengindahkan fenshui ini adalah bangungan Bank of China Tower.


(gedung Bank of China Tower yang paling kiri Gan!)

Bank of China Tower mengabaikan praktik feng shui ini dan dianggap tidak beruntung hingga hampir kosong sepanjang tahun. Karena mengabaikan feng shui, Bank of China tower juga di salahkan oleh perusahaan-perushaan yang berada di sekitarnya. Pemilik gedung yang menghadapi salah satu sisi bangunana ini juga bangkrut dan harus menjual bangunan itu. Demikian pula gedung pemerintah yang juga menghadapi salah satu sudut menara Bank of China memiliki banyak masalah.


sumber
sumber
nona212
nona212 memberi reputasi
1
47.3K
284
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan