kakaknya.ahokAvatar border
TS
kakaknya.ahok
nasida ria, legenda nasyid perempuan empat dekade
Hiburan

Minggu, 28/05/2017 18:39
Nasida Ria, Legenda Nasyid Perempuan Empat Dekade
Reporter: Puput Tripeni Juniman , CNN Indonesia
Sebarkan:

Nasida Ria sudah bernasyid sejak 1975. Legenda kelompok nasyid ini membuktikan perempuan mampu bersenandung dan berdakwah, mesti harus menghadapi banyak aturan. (Dok. Nasida Ria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musik nasyid sebagian besar ‘dijajah’ laki-laki. Namun, siapa bilang perempuan tidak bisa ikut berkontribusi berdakwah melalui musik religi Islami? Nasida Ria sudah membuktikan bahwa kaum Hawa pun mampu bertahan bernasyid hingga lebih dari empat dekade.

Nasida Ria tercatat menjadi legenda nasyid sejak 1975. Meski sudah berganti personel lantaran keluar dan wafat, namun grup ini konsisten besenandung lirik Islami di tengah sebagian anggapan larangan bernyanyi bagi perempuan.

"Kalau yang tidak suka ya enggak boleh nyanyi. Tapi, niatnya kami ingin ibadah, syiar, dakwah lewat seni. Jadi. semua lagu ini semuanya adalah dakwah. Bukan harus ceramah saja, bisa lewat lagu. Lagu ini kan semuanya mengandung arti," kata Rien saat berbincang dengan CNNIndonesia.com.

Demi cita-cita mulia untuk berdakwah, Nasida Ria yang didirikan oleh Mudrikah Zain, seorang guru Al-Quran di Semarang ini sudah menghasilkan 34 album kasidah. Yang terbaru, mereka merilis album Cahaya Ilmu pada 2010 lalu.
Lihat juga:
Nasyid, Musik Religi yang (Masih) Berjuang untuk Diakui
Rien yang sudah berkepala lima itu menjelaskan lirik-lirik dalam tembang kasidah Nasida Ria bertujuan untuk mengajak manusia pada kebaikan mulai dari mengingatkan hati, menjaga diri, hingga memperbaiki akhlak.

Grup yang kini beranggotakan 13 orang ini menembangkan lagu bernuansa religi dengan diiringi alat musik yang dimainkan sendiri, seperti rebana, gendang, violin, gitar, organ, dan mandolin. Meski sudah ‘ibu-ibu’, Nasida Ria sudah melanglang buana hingga ke Eropa.

Tahun ini, mereka sudah dijadwalkan tampil di Amerika Serikat.



Ketat Peraturan

Meski berisi konten kebaikan berlandaskan ibadah, Nasida Ria tak bisa sembarang tampil di muka umum. Mereka tetap harus mengikuti aturan Islam soal pakaian hingga gerakan saat tampil menghibur orang lain.

Rien sebagai vokalis dan juga pemain gitar dan bass itu mengaku walau sudah berhati-hati, tetapi para ulama kerap mengingatkan Nasida Ria agar tetap sesuai ajaran Islam.

"Misalnya berpakaian yang agak gimana sedikit gitu aja banyak ulama-ulama mengingatkan kami agar berjilbab rapat, rambutnya jangan keliatan, pakaian pun yang rapi, sopan, dan jangan sampai terlalu memperlihatkan bentuk tubuhnya, selalu banyak sekali. Kami sudah berhati-hati tapi masih banyak tantangannya," tutur Rien.
Lihat juga:
Nasyid Mengantar Snada Sampai ke Mekkah
Rien menyebut Nasida Ria menanggapi nasihat itu dengan tangan terbuka. Mereka kerap melalukan instopeksi diri dan bermusyawarah bersama untuk untuk mencari solusi, memperbaiki diri, dan mengubah penampilan menjadi lebih baik.

Alhasil ketika tampil di atas panggung, Nasida Ria tak terlalu banyak mengeluarkan gerakan badan.

"Ya dipatuhi, yang jelas tidak terlalu goyang, gaya juga tidak telalu, cuma kepala dan tangan saja. Jadi kita harus berhati-hati sekali, kami berusaha semaksimal mungkin menuju kebaikan," ujar Rien.

http://m.cnnindonesia.com/hiburan/20170528015947-227-217764/nasida-ria-legenda-nasyid-perempuan-empat-dekade/

======
Lagu yang sering diputer tiap ada acara hajatan, kimpoian dan pengajian
Lagu lagu yang tercipta saat Indonesia masih damai emoticon-Smilie
nona212
nona212 memberi reputasi
1
3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan