Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Misteri kematian anggota Paskhas TNI AU
Misteri kematian anggota Paskhas TNI AU
Foto ilustrasi.
Prajurit Kepala (Praka) Yudha Prihartanto (29) ditemukan tewas dengan tubuh penuh luka di dalam kompleks Ksatriyan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, Kamis (11/5/2017).

Penyebab kematian anggota Batalyon Komando (Yonko) 464 Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU ini masih menimbulkan teka-teki. Ada dugaan ia dianiaya seniornya, ada juga yang menyebut Yudha tewas karena bunuh diri, dan terakhir ia diduga menjalin cinta dengan istri salah satu pejabat Korp Pasukan Khas (Korpaskhas).

Untuk memastikan penyebab kematiannya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah memerintahkan Polisi Militer untuk mengotopsi jenazah Yudha.

"Kami sudah menyerahkan (jenazah) ke rumah sakit umum untuk diotopsi. Hasil otopsinya bagaimana, nanti akan kami ditindaklanjuti lebih jauh," ujar Gatot seperti dilansir Kompas.com.

Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya menjelaskan peristiwa ini berawal saat Kapten Pas NP selaku Pjs Pasiops memerintahkan tiga anak buahnya yang berinisial Lettu MP, Letda AJ, dan Letda IH membina Yudha yang sedang terlilit masalah utang piutang.

Tiga orang itu menanyakan soal masalah yang dihadapi Yudha. Namun, demikian detikcom menulis, Yudha selalu menjawab berbelit-belit. Jengkel akan jawaban Yudha, akhirnya Lettu MP cs mengurung Yudha di dalam barak.

Saat dikurung Yudha sempat berusaha kabur melalui jendela nako namun berhasil ditangkap kembali. Lalu, ketiga seniornya itu memasukkan lagi Yudha ke barak. Kali ini, tangan Yudha diikat dengan tujuan agar tak melarikan diri. Kompas.com menulis, sekitar pukul 11.05, Yudha meminta izin ke kamar mandi. Setelah disetujui, Letda AJ mendampingi Yudha.

Letda AJ yang mendampingi tak sabar karena Yudha dianggap terlalu lama di kamar mandi. Namun setelah ditunggu, menurut penuturan AJ, Yudha tiba-tiba keluar sambil berlari dan menabraknya.

Yudha kemudian berteriak ingin bunuh diri sambil menusukkan pisau komando ke tubuhnya sendiri.

"Letda AJ berteriak meminta bantuan ke anggota yang berada di luar barak dan segera dievakuasi ke RSAU Lanud Abdulrachman Saleh," ujar Jemi. Namun, nyawa Yudha tidak tertolong.

Namun banyak yang meragukan keterangan AJ itu. Sebab, dari sejumlah foto yang beredar terlihat tubuh Yudha penuh luka. Dari foto itu juga terlihat tubuh Yudha diikat dengan tambang dan dikaitkan ke tiang.

Jemi mengakui Yudha memang diikat namun berada di dalam barak. Dia sempat ingin kabur hanya saja berhasil diamankan kembali.

Namun atas fakta tubuh Yudha yang penuh Jemi belum bisa menjawab. Untuk memastikannya, kata Jemi, pihaknya menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan POM AU. "Makanya nanti tim investigasi akan mendalami, sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh para perwira remaja ini," kata Jemi.
Misteri kematian anggota Paskhas TNI AU


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...paskhas-tni-au

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Misteri kematian anggota Paskhas TNI AU Indonesia ingin perhatian Tiongkok, Tiongkok ingin dunia

- Misteri kematian anggota Paskhas TNI AU Polisi pastikan AL bukan penganiaya Novel Baswedan

- Misteri kematian anggota Paskhas TNI AU Perlawanan Miryam Haryani, mangkir hingga praperadilan

anasabila
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
6.4K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan