Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrisuwignyoAvatar border
TS
andrisuwignyo
Don't Panic - Tips menghadapi serangan Ransomware
Don't Panic - Tips menghadapi serangan Ransomware


Dari weekend kemarin ane perhatiin kok mulai rame lagi niy issue tentang serangan si Ransomware, siapa sebenarnya dia, semenarik apa hingga ratusan ribu bahkan jutaan orang menaruh perhatian ke malicious software (perangkat lunak berbahaya) ini?

Sebentar ane panggi Pak Hansip dulu..
emoticon-Hansip

Ransomware adalah salah satu dari sekian banyak jenis perangkat lunak berbahaya yang melakukan serangan pemerasan kripto dari kriptovirologi yang memblokir akses ke data/file sampai kita membayarkan sejumlah uang tebusan melalui account Bitcoin yang tertera pada pesan yang muncul di desktop PC/Notebook/Netbook yang terinfeksi.

Don't Panic - Tips menghadapi serangan Ransomware


Agan tau gan bahwa ada beberapa versi dari Ransomware tersebut gan, lengkapnya silahkan baca di https://en.wikipedia.org/wiki/Ransomware, ane akan cantumkan resume nya aja ya gan biar ga cape bacanya:
  • Encrypting ransomware
  • Non-encrypting ransomware
  • Leakware (also called Doxware)
  • Mobile ransomware
Ternyata yang kemarin rame itu adalah Ransomware versi Encrypting atau dikenal sebagai Ransomware WanaCry atau Ransomware Wana Cry a.k.a Ransomware yang bikin korbannya pengen nangis (*kebayang ga siy klo semua file skripsi atau tesis kita di encrypt sama bedebah satu ini, #NoOffense #peace)

Don't Panic - Tips menghadapi serangan Ransomware


Pada umumnya Ransomware akan menginfeksi perangkat dengan OS Windows (XP, 8 dan 10), namun tidak menutup kemungkinan juga kutukupret ini dapat menginfeksi tablet yang menjalankan OS Windows Mobile, Windows 7 dan Windows Server (walaupun untuk Windows Server memiliki firewall yang lebih ketat dibandingkan versi Windows Desktop lainnya).

Ada beberapa customer yang meminta untuk dimatikan koneksi internet ke arah mereka hanya karena syndrome panic akibat rumor Ransomware yang digaung-gaung dapat melumat habis seluruh isi hardisk kita dengan cara mengencrypt file-file yang akan kita akses.

Ketidakpanikan akan desas-desus Ransomware seharusnya tidak ditemukan pada orang yang setiap hari bergelut dengan dunia komputer dan jaringan seperti IT Support, Network dan System Administrator, karena walaupun mereka pun menyadari bahwa walaupun berita dan kabar efek buruk dari Ransomware ini cukup masiv di dunia maya, akan tetapi mereka sudah mempersiapkan cara-cara mengantisipasi kemungkinan terburuk dari serangan ini, diantaranya:
  • Membackup data di NAS, Cloud, atau Physical Storage (CD, DVD, Flashdisk)
  • Melakukan patch pada OS Windows
  • Mengupdate antivirus
  • Melakukan filtering dan screening pada akses internet
  • Menutup akses USB dan RDP (Remote Desktop Protocol) pada PC/Notebook/Netbook
  • Berdoa dan Tawakal pada Tuhan YME
  • Ada selentingan berita tentang Ransomware ini adalah salah satu cara mengalihkan issue Nasional dan Global, ane ga akan membahas issue-issue hangat itu di sini karena ane bukan Politikus, ane hanya member KASKUS.. #peace

Don't Panic - Tips menghadapi serangan Ransomware

Nah, karena judul post ini adalah tentang "Tips menghadapi Ransomware", maka berikut ini ane hadirkan untuk reader yang terhormat:
  1. Baca Basmallah..
  2. Cuci tangan dulu gan, biar bersih tangannya
  3. Pakai parfum biar wangi.. (*duhhhh, serius sdikit ngapa gan..!!! becanda aja nich..)
  4. Yang utama adalah JANGAN PANIK!!!!
  5. Jangan menjalankan file dengan extensi .exe atau mengekstrak file berekstensi .zip/.rar
  6. Jangan menghubungkan Flashdisk ke PC/Notebook/Netbook yang sebelumnya telah sempat dihubungkan ke perangkat lainnya, jika ingin melakukan backup data ke flashdisk internal atau HDD eksternal pastikan bahwa perangkat-perangkat tersebut bersih/aman dari Ransomware
  7. Backup file-file penting agan/sista ke NAS, Cloud, atau Physical Storage (CD, DVD, Flashdisk) yang aman dan nyaman (*jangan terlalu nyaman gan, nanti malah jadi sayang.. cieeeee)
  8. Lakukan patch file dari Microsoft, pastikan jika agan harus mendownload manual maka perhatikan URL nya, jangan percaya oleh fake URL yang saat ini marak gan, coba aja googling dengan keyword "cara mengatasi virus ransomware" atau "how to decrypt ransomware"
  9. Update antivirus agan (*walaupun mungkin para developer antivirus terkenal seperti Kaspersky, Avast, McAfee, Bit Defender, dll masih dalam tahap analisa forensik terhadap Ransomware, tapi cepat atau lambat akan ditemukan obatnya gan, InsyaAllah.. ^_^)
  10. Jangan mendownload dan mengextract sembarang attachment dari email atau file downloader di internet yang berextensi .zip/.rar, dan hindari menjalankan installer atau file dengan ekstensi .exe
  11. Biasakan beraktifitas sesuai dengan kaidah berinternet sehat, setiap saat, setiap waktu, ku ingin berjumba.. *sing)
  12. Hindari membuka situs-situs yang mengandung banyak flying ads atau popup yang mungkin tanpa kita sadari akan menjadi pembawa Ransomware ini masuk ke perangkat kita
  13. Waspada terhadap bantuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab (dasar cowo mau enaknya aja, giliran bunting ga mau tanggungjawab!!! *lho.. lho.. ada apa ini, aku tidak mengerti,, #streessss)
Sekian tips-tips sederhana dari ane yang telah diberi sedikit bumbu guyon di atas, asyeeeekkk..

~ terima kasih ~

emoticon-Keep Posting Gan

beberapa MEME berkaitan dengan Ransomware ini..
Spoiler for buka gan..:


sumur


Respond dari agan/sista:
Quote:


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 3 suara
Seberapa panik kamu ketika mendengar atau mengetahui informasi tentang Ransomware??
Tenang
67%
Sedikit Panik
33%
Panik Buangetttt
0%
Diubah oleh andrisuwignyo 16-05-2017 17:20
0
2.1K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan