Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

id.bAvatar border
TS
id.b
Catatan Perjalanan Summit Mt Ciremai 19-22 Januari 2017

Bismillah...




Ane mulai ya cerita nya,catatan ini dibuat berawal dr sebuah niatan TS buat ke ciremai dan sempat TS buat tread joinsummit.

CATATAN PERJALANAN OANC

Cari teman summit mt.ceremai 19-22 Januari 2017

Alhamdulillah sejak awal ane ngepost beberapa ada yg tanya dan fix join.
Terkumpulah total kita jalan ber-9.
Jauh2 hari kita kompakin lwt group WA saling komunikasi dan tibalah di hari H keberangkatan dan dimulai nya kita mepo di st.pasar senen dgn tujuan ke cirebon prujakan.
Di hari H TS semangat gila tp dtng paling akhir bersama agan jihan dan agan faras dr team ane ,di st.pasar senen sdh menunggu dr team devi yaitu mas nur salam,mba mila dan malika*nama samaran* & agan jeremy.
Skip kita sampai di st.pasar senen jam 23.00 dan langsung tuker tiket lanjut cus kenalan masing2 karna baru pertama ketemu dr team nya mba devi dan agan jeremy karna buru ngejar kereta yg dijadwalkan berangkat jam 23.00 maka kenalan pun singkat o iyaa kita beda gerbong dgn team dr mba devi jd ga banyak yg diceritakan di kereta,dr team ane yg 1 gerbong sama agan jeremy yg tampak lelah karna baru turun dr puncak ABC nepal lanjut ke ciremai emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak.



Skip kita sampai di st.cirebon prujakan sekitar jam 03.00 sebelum adzan,rencana sih mau lanjut ke basecamp setelah matahari rerbit tp apa daya semangat yg menggebu akhir nya langsung tancap gas naik angkot carter yg menawarkan jasa nya di dpn st.cirebon prujakan,nah disini kita ketemuan lg sama abang naim yg join juga di dlm perjalanan.

Skip kita sampai di basecamp palutungan sekitar jam 5 kurang lbh perjalanan 2 jam dr stasiun dgn angkot yg ajieb full musik ampe pala sakit akses jalan nya lumayan naik turun dgn biaya 200k.
Kita sempatkan jg buat sholat subuh berjamaah di masjid dekat pos alhamdillah badan yg cape dan ngantuk kembali segar kena air wudhu yg dingin nya ampe tulang rusuk.
Setelah istirahat sejenak ngopi ngemil bercanda bareng dan ada yg sebagian tdr ayam,maka kurang lbh jam 6an lewat kita bebenah repak & cek peralatan masing2 maka sekitar jam 08.00 setelah simaksi *lumayan mahal 50k per org* dimulai lah perjalanan dr pos palutungan.

Perjalanan awal kita melewati deretan rumah penduduk,kandang sapi,sawah jalan landai sedikit menanjak,15menit kita berjalan dr pos kita ketemu pos bayangan pertama kita break sejenak sambil pasang soffel karna nyamuk sama serangga nya banyak.lanjut kita jalan lg sekitar 15mnt perjalanan kita ketemu pos bayangan untuk area camping ground


Kita break sejenak dan lanjut jalan lg perjalanan msh menanjak landai tp pasti nanjak terus emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Kita berjalan dgn medan yg trs menanjak dan kadang menemui yg terjal serta pemandangan hutan dan suara binatang yg masih alami sungguh menenangkan jiwa dan pikiran setelah berjalan sekitar 1 1/2 jam kita ketemu turunan dan ada aliran sungai kecil diujung nya lalu nanjak lagi lumayan curam, dr situ sekita 30menit kita sampai di pos 1 cigowong 1450mdpl.





Kita break dan baru kita sadari niatan mau bawa nasi bungkus dr pos bawah untuk makan siang malah terlupakan emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S) di sini kita break lumayan lama, dan dr pos sini team di bagi 2 agan jeremy yg beranggotakan jihan,faras dan malika jalan lbh cepat dgn tujuan bisa buat tenda dan makan besar karna tujuan ngecamp kita di goa walet.



Ane di belakang selisih sebatang roko super dgn team bang naim,devi,mila dan mas nur salam.
Setelah super habis kita lanjut jalan dgn team yg sdh dipecah 2.
Di pos cigowong kita akan menemui aliran sungai yg bersih biasa pendaki isi air disini bgt pula ane.
Dari sini perjalanan dgn medan tanjakan yg tiada henti kita lewati tp terbayar tiap x kita liat sekeliling kita yg msh didominasi hutan dgn pohon pinus yg tinggi2 dan dgn musik trs mengiringi perjalanan dan sambil ngobrol canda tawa semakin menabah tenang nya perjalanan.



30 menit berjalan dgn medan msh menanjak landai terjal kita sammpai dipos 2 Kuta.
disini kita break sebentar menikmati suasana.

Lanjut jalan setelah istirahat isi tenaga menuju pos selanjut nya pos 3 pagguyungan badak 1800mdpl yg trek didominasi masih tanjakan landai terjal dan semakin rimbun semak hutan dan jalan yg lembab.menuju pos ini kurang lebih 1 jam dan kita break sejenak tenaga, emosi mulai di uji.

Skip kita lanjut ngesot di pos 3 medan mulai tanjakan unyu2 yg terjal dan panjang diiring akar2pohon yg melintang segede gede gaban tp kita ttp semangat dgn diiringi mysik yg tiada henti dan candaan dan sesekali kita berenti sejenak untuk minum 1ja berlalu kita sampai di pos 4 pos Arban area disini cukup luas bisa untuk ngecamp sampai 8 tenda dan tempat nya pun enak,tp disini terkenal dgn mitos nya yg angker tp dlm perjalan ane alahamdillah dijauhkan dr hal seperti itu.disini dr team ane yg ber 4 lumaya lama u tuk ber istirahat,kita jg blm makan siang dikarenakan nasi bungkus yg kita rencanakan lupa dibeli alhasil kita makan cemilan seada nya dan di team ane mba mila dia sbelum berangkat blm sarapan kasian dia sepanjang perjalan kelaperan,niatan mw bongkar muatan untuk masak sejenak ternyata peralatan ada di keril team depan seperti nesting dan kompor *madafaka mie soto mentah ane makan mateng diperut*roti & biskuit seada nya pun jd menu utama untuk makan siang. Dgn keadaan seperti itu kita anggap hanya cobaan perjalanan tdk kita hiraukan,dipos ini cuaca masih cerah.
Lumayan lama kita break di pos 4 arban,perjalanan pun dimulai kembali.30mnt kita jalan kita menuju pos tanjakan asoy 2108mdpl,entah dmn asoy nya semenjak itu tanjakan ibarat dengkul sama dada sejajar ampun dah ah ga udh udah pula tuh tanjakan dr sini udh makin unyu terjal nya mana banyak akar jalan pun lembab licin pula msh didominasi hutan semak lebat bahu membahu kita saling tunggu temen yg kelelahan termasuk ane yg berenti muluemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S) belum lg cuaca mulai gerimis mengundang dgn keadaan seperti itu kita tetap paksakan jalan untuk ke pos selanjut nya biar lbh aman kita istirahat.





1jam lbh kita jalan dgn keadan gerimis gede medan tanjakan terjal pos yg dinanti pun terlihat yaitu pos 5 pasanggrahan 2200mdpl.disini kita niatan mau pasang flysheet dan break dikarenakan blm ketemu nasi dan jg kasian mba mila yg sama sekali kena nasi dr pagi yg kelaparan sangat tp apa daya flysheet ada di team dpn peralatan masak pun juga biskuit dan roti seadanya pun jd santapan dan tetap pilihan ane mie soto matang diperutemoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S) dgn gerimis yg makin besar kita istiraha makan makanan yg ada dan pakai jaket hujan.dlm hati cuma berkata ujian makin berat tp tetap semangat di hati menggebu.entah dalam hati di team yg ane bawa gmn perasaan nya.l di kondisi itu ane cuma menyesuaikan dgn mereka.
Lanjut jalan masih dgn tanjakan yg lbh unyu dan makin menjadi medan nya ditambah hujan.syukur Alhamdulillah kurang lbh jalan 1jam dgn kondisi seperti itu ane yg jalan di dpn mendengar suara yg ga asing yaitu team 1 yg jalan duluan sdh ada di shelter yg baru rapih buat flysheet dan sedang masak indomie beserta kopi dan teh hangat.itu sekitar jam 4sore lewat dgn keadaan yg gerimis deras.
Skip cerita kita makan masak.

Kita blm mendirikan tenda karna berharap cuaca membaik dan tujuan kita ngecamp itu di goa walet.

Banyak cerita yg akan dibahas di pos ini karena rencana hanya kita yg bua tp Tuhan pula yg menentukan.
Skip cuaca tak kunjung reda dan semakin buruk,alhasil diputuskan untuk ngecamp di shelter ini dgn kondisi cuaca yg makin memburuk kita blm mendirika tenda dan msh di dlm flysheet.
Kita bikin tenda untuk cewe yg prioritas itu sekitar jam 6sore lewat dgn kondosi yg seada nya & memprihatin kan tanah gembur becak rubuh beberapa x,akhir nya berdiri juga untu tenda cewe dan dilanjutkan tenda 2 kapasitas 6org utuk cowo2 yg berhadapan dgn tenda cewe.kondisi nya pun lbh memprihatinkan dlm kondisi hujan kita mendirikan tenda tanah gembur rubuh beberapa x sekali nya berdiri alas tenda bocor dr tanah yg gembur luar bias coabaan nya tp ttp kita tertawa bercanda tidak dijadikan beban agar 1 sama lain tidak down.
Skip setelah pengorbanan yg lumayan bikin mental down dan serasa pengen banget pulang kerumah dan berpikir kenapa dpt kondisi seperti itu akhir nya tenda pun berdiri dgn alas yg basah dilapisi matras2.kita masuk ke tenda kurang lbh jam 7mlm lewat yg keadannya memprihatin kan.
Cobaan blm berenti kita pun tidur selang beberapa lama terpejam tmn ane si faras heboh teriak dan membangun kan semua ternyata kita dpt tamu dr hutan yaitu babi besert komplotan nya kita pun teriak2 dgn tujuan si babi brengsek ketakutan ternyata berhasil tp lumayan beberap keril jd korban diseret babi brengsek hingga sobek karna posisi keril ditaru tengah antara tenda cewe dan cowo yg dihalangi flysheet agar tidak kehujanan dan tidak sempit di dlm tenda.
Dari searnag itu ane berharap itu sdh pagi dan ternyata baru jam 11mlm berasa lama bgt waktu.skip dr serangan pertama kita tidur lg x jeda nya ga lama datang lg komplotan babi brengsek itu sekitar jam 12an.skip serangan demi serangan kita sabar sampai serangan terahir sekitar jam 3 kita bangun dan tidak melanjutkan tidur dan memasak untuk menghangatkan badanbeberapa x keril dieseret jauh hampir.ke jurang ole babi.disaat itu kita putuskan tdk lanjut mendaki ke puncak karna logistik memprhatinkan padahal kita sdh prepare lbh tp apa daya rencana hanya rencana dingin nya pun sampai tak tertahan kan dan hujan msh blm reda.



Dijam 5an hujan mulai berhenti semangat kembali menggebu baton berkata sdh sampai stengah perjalanan lbh tinggal sdikit lg dan blm tentu bisa balik ke ciremai akhir nya ane berkata untuk lanjut summit yg mau ikut jalan jam 6 bak dayung bersambut mas jeremy dgn semangat nya dn mba mila dilanjutkandgn mas naim join untuk summit.
Kita ber 4melanjutkan summit attack dr shelter.
Dgn semangat yg menggebu kita lalui tanjakan yg makin terjal dan msh didominasi tanah basah dan akar.diiringi musik dan sejuk nya pagi hari di ciremai kita semanga dan berhenti sesekali.
Skip 1 jam kita bertiga jalan sampailah
Kita dipos sanghyang ropoh 2650mdpl yg medan nya masih tanjakan terjal dengkul sejajar dgn dada.
Dari sini medan mulai didominasi tanah berbatuan yg terjal dan curam.
Tp terbayar pemandangan yg sangat luarbiasa indah karna cuaca cerah.







Dr pos sanghyang ropoh ke goa walet sebenernya ga terlalu jauh tp memakan waktu kurang lbh 45mnt,trek pun lbh banyak bebatuan dan terkadang kita mesti merangkak karna curam di goa saya turun sejenak bersama mas jeremy untuk liat keindahan dah mengambil air.karna dr kita jalan shelter kita ngecamp kita bawa hanya 2btl air ukuran 1,5lt dan itu kurang.
Di dalam gua keadaan nya banyak stalaktit yg mengeluarkan tetesan air yg lbh segar dr air AQUA ya klo dilihat perjuangan nya sih memang seger bgt buat dapetin air disituemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol kondisi di sekitar kosong tdk ada yg ngecamp pada saat itu dan sepi lumayan serem sih karna ane msk berdua sama mas jeremy ada lubang besar diatas dan dibawah.

Skip setelaha ane ambil air kita naik diatas sudah ada mas naim dan mba mila yg menunggu kami,kami istiraha sejenak dan melihat kuasa Tuhan yg sangat luar biasa indah nya,oiya sebelum /sesudah ane lupa kita akan bertemu sebuah nisan dan saya sempatkan untuk berdoa sejenak di nisan itu.









Perjalanan summit pun dimulai disekitaran pos goa walet ada beberapa shelter untuk istirahat dan mendirikan beberapa tenda.teringat dan sempat kita bahas berempat betapa jauh nya klo memang rencana awal dan paksakan klo hrs ngecamp disini jalur nya pun lumayan sulit klo kita dlm keadaan yg sangat lelah.alhasil kita hanya bisa bersyukur kemarin kita tidak meneruskan/memaksan perjalanan untuk ngecamp di goa walet.





Skip kita summit attack dgn kondisi yg sdh segar diiringin indah nya pemandangan sejauh mata memandang kami tak henti nya berucap syukur bisa sampai sejauh itu.
Perjuangan untuk sampai puncak terhenti karna kami dpt kabar gan jihan,faras dan salam dlm perjalanan kami pun sepakat untuk menunggu sambil bercanda menikmati indah nya ciremai yg sedikit lg puncak nya kami gapi.ane kedinginan padahal itu cuaca cerah jam 8pagi mungkin karna kita terlalu lama menunggu tidak ada pemanasan 45mnt kita msh blm ketemu rombongan agan jihan hampir 1 jam menunghu akhir nya yg ditunghu pun tiba kita summit attack bersama menuju atap jawa barat dgn medan yg makin curam batu berlumut merangkak berdiri tegak lalu merangkak kembali dan jam 9lewat kita sampai di Puncak ciremai 3.078mdpl.

Terbesit puji syukur kepada Tuhan seraya berterima kasih atas apa yg diberi keindahan yg tiada tara dan kesabaran serta keyakinan pasti bisa kita ber 7 sampai.











Kurang lbh itu cerita yg ane alamin pada saat summit mt ciremai.

Spesial thx to Allah yg sdh memberikan ijin untuk kuat sampai dipuncak dan kembali kerumah dgn selamat.
Dan untuk kalian teman,kawan yg jd sahabat selama perjalanan,kalian luar biasa.

Sebener nya cerita pulang nya pun ngga lbh prihatin dr summit nya tp chapter perjalanan turun dr ciremai untuk next saja.ane mau gawe jd ga bisa lanjut cerita lg.
Mohon maaf klo banyak hal yg msh banyak yg luput dr catatan cerita pendek ini.
Kalian luar biasa kawanemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Diubah oleh id.b 01-03-2017 10:14
0
5.7K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan