Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Ente Pria Berjenggot dan Berkumis? Masuk Sini, Gan!


Bagi sebagian pria, jenggot dan kumis sering dianggap sebagai bentuk maskulinitas. Makanya, tidak heran jika mereka kemudian memutuskan untuk memanjangkan jenggot dan memelihara kumis, bukan mencukurnya. Tapi, seringkali karena kurangnya perawatan, wajah malah akan terlihat lusuh dan berantakan. Lebih lanjut, para peneliti dari Birmingham Trichology Centre menyatakan bahwa rambut wajah yang tidak terpelihara ternyata dapat memicu timbulnya infeksi kuman dan bakteri pada kulit. Hal ini dikarenakan kotoran akan lebih mudah menempel di rambut yang bertekstur kasar dan kaku. Adakah tips mudah merawat janggut dan kumis? Yuk intip penjelasan di bawah ini!


1. Sesuaikan dengan bentuk wajah



Tahukah Anda, bahwa kumis dan janggut yang tidak disesuaikan dengan bentuk wajah malah akan membuat Anda terlihat lebih tua? Menurut Tony, penata gaya dari Blue and Black’ Brooklyn, bentuk jenggot dan kumis yang tepat adalah yang diatur sedemikian rupa sehingga mampu menonjolkan fitur wajah dan membuat penampilan lebih menarik.

2. Menggunakan beard shampoodan conditioner


Sama halnya dengan rambut, jenggot, dan kumis juga harus dibersihkan dengan menggunakan sampo dan conditioner khusus. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan rambut wajah serta menjaga kelembapan kulit di sekitarnya. Selain itu, hindari mencabut janggut atau kumis secara langsung karena dapat menyebabkan luka di kulit sekaligus membuat pori-pori membesar. Hasilnya, debu dan kotoran akan lebih mudah masuk dan menginfeksi kulit wajah Anda.


3. Menggunakan beard oil/butter/balm


Kata siapa kelembapan jenggot dan kumis tidak penting? Jika tidak dijaga, rambut wajah akan terlihat kering dan acak-acakan. Solusinya, mulailah rutin mengaplikasikan produk beard oil/butter/balm pada kumis dan jenggot. Dengan melakukan hal demikian, rambut wajah tidak hanya akan tumbuh dengan sehat, namun juga lebih mudah dibentuk dan ditata.

4. Rutin mencukur jenggot & kumis


Agar facial hair Anda tetap terlihat lembut dan rapi, cukurlah jenggot dan kumis setidaknya seminggu sekali. Cukup potong ujung-ujung yang kasar dan kering agar rambut mati tebuang sehingga jenggot dan kumis dapat tumbuh dengan sehat.

5. Menjaga asupan makanan



Kesal karena kumis dan jenggot tidak juga tumbuh meskipun telah dibiarkan begitu saja selama berbulan-bulan? Kemungkinan besar asupan gizi harian Anda kurang. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, B6, biotin, zinc, dan magnesium karena terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut wajah.


Ayo, panjangkan kumis dan jenggot Anda agar terlihat lebih ‘pria’!

Nah, jika Agan dan Sista butuh informasi kesehatan lainnya, yuk cek langsung TKP!emoticon-Ngacir2

Spoiler for BOCORAN TKP!!:

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Bunda soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
3.6K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan