Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
5 Alasan Kenapa Orangtua Harus Rajin Membacakan Dongeng Untuk Anak


Bunda, apakah Anda termasuk orang tua yang rajin membacakan dongeng untuk mengantar tidur anak? Memang, membiasakan kegiatan yang satu ini dapat menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi Anda orang tua yang memiliki pekerjaan di luar rumah. Badan yang lelah akibat padatnya aktivitas seharian seringkali jadi alasan mengapa rasanya enggan sekali meluangkan waktu beberapa saat untuk membacakan dongeng untuk anak, walau hanya satu atau dua halaman.

Tapi, tahukah Anda, bahwa kebiasaan yang kerap kali disepelekan ini ternyata berdampak besar bagi tumbuh kembang anak, baik dari segi kecerdasan intelektual maupun emosional? Tidak percaya? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mengembangkan imajinasi anak



Dikutip dari kompas.com, Efnie -psikolog anak- menyatakan bahwa anak berusia 3 – 7 tahun cenderung memiliki dunia mereka sendiri. Nah, dengan terbiasa membacakan dongeng pengantar tidur setiap malam, Anda secara tidak langsung telah menstimulus perkembangan daya imajinasi yang positif dan efektif pada buah hati. Lalu, apa manfaatnya jika si kecil memiliki imajinasi yang kuat? Ia akan lebih aktif dan efektif dalam mengkritisi hal-hal disekitarnya karena daya visualisasi otaknya telah dilatih sejak dini melalui penggambaran tokoh dan kejadian di dunia dongeng. Mengejutkan, bukan?

2. Meningkatkan kemampuan verbal



Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat membacakan dongeng bagi anak adalah meningkatnya perbendaharaan kata si kecil sehingga ia bisa berkomunikasi dengan lebih efektif. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki buah hati yang belum lancar bertutur kata. Mendongeng setiap malam terbukti dapat menstimulus otak anak untuk merespon setiap unit wicara yang digunakan, mulai dari intonasi, struktur kalimat, hingga makna pragmatis tuturan.

3. Membangun karakter anak



Pada buku dongeng, biasanya terselip budi pekerti dan nilai moral yang dapat diambil. Oleh karena itu, daripada ngomel-ngomel dengan tujuan agar anak berkelakuan baik, Anda lebih baik mulai membiasakan diri untuk membacakan dongeng setiap malam hari. Kenapa? Menurut Efnie, nilai positif yang diterapkan secara sukarela bersifat lebih efektif dibandingkan dengan nilai yang dipaksakan. Dengan menyimak dongeng yang Anda bacakan, buah hati dapat berfikir secara mandiri dalam memutuskan mana perilaku yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Hebat, bukan?

4. Membangun ikatan emosional



Tahukah Bunda, bahwa momen di mana Anda membacakan dongeng untuk anak dapat menjadi kenangan yang buah hati kenang hingga ia dewasa nanti? Fragmen-fragmen kenangan inilah yang membuat hubungan Anda dengan si kecil semakin dekat, tanpa peduli seberapa dewasa ia kelak. Selain itu, emosi dan afeksi yang Anda berikan setiap kali mengajak si kecil menyelami dunia khayalan akan turut membentuk kepribadian anak sehingga ia akan tumbuh menjadi sosok penyayang.

Jadi, masih malas baca dongeng untuk anak?

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Nah, jikalau Bunda sekalian butuh informasi kesehatan lainnya, yuk langsung cek TKP! emoticon-Ngacir2

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Bunda soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome


Spoiler for Jangan dibuka!!:
Diubah oleh godok.indonesia 15-05-2017 01:58
0
13.9K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan