hai sista n agan kembali lagi bersama o.best.
Semoga Thread ini tidak repost
Spoiler for No repost:
Kali ini TS mau berbagi kode rahasia yang hanya diketahui oleh pilot dan pramugari.
Selain kecantikan dan karamahan yang wajib dimiliki, pramugari juga mempunyai posisi penting dalam sebuah aktivitas penerbangan, tanpa adanya pramugari, maka pelayanan di dalam pesawat sendiri tidak akan berjalan dengan semestinya.
Tapi tahukah kamu, kalau ternyata para pramugari cantik ini memiliki bahasa khusus yang hanya mereka dan pilot saja yang tahu?
Bahasa ini menjadi kode rahasia yang hanya diketahui oleh mereka dan tak dikenali penumpang. Kode-kodenya pun bervariasi, dari mulai mengantisipasi panik, perubahan cuaca, sampai bahasa rute perjalanan.
Berikut beberapa kodenya!
SENIOR MAMA
Spoiler for :
Istilah ini menggambarkan kepedulian pramugari terhadap penumpang lanjut usia. Penumpang lanjut usia merupakan masalah tersendiri bagi sebagian besar pramugari, karena jarang tersenyum.
Pink Eye atau Mata Merah
Spoiler for :
Mata merah adalah istilah pramugari untuk menggambarkan sebuah penerbangan panjang.
Sedangkan, mata merah muda adalah penerbangan singkat yang akan dilalui pramugari, durasinya tak lebih dari satu jam perjalanan.
Victory Lap
Spoiler for :
Istilah ini menggambarkan kondisi, setelah tiga atau empat hari perjalanan ke beberapa kota yang berbeda, pramugari akan kembali ke bandara pusat maskapai mereka. Tetapi, tidak ada waktu bagi pramugari untuk pulang ke rumah, karena pesawat hanya mengisi bahan bakar, dan kembali mengudara setelah itu.
Turn
Spoiler for :
Turn adalah keadaan dimana pramugari hanya melihat pemandangan kota suatu negara dari atas pesawat. Karena, setelah pesawat mendarat, tidak ada waktu bagi pramugari untuk pergi jalan-jalan di negara tersebut.
Deplane
Spoiler for :
Artinya, bukan hanya penumpang yang akan turun dari pesawat, tetapi juga pramugari.
Tagging
Spoiler for :
Jika salah seorang pramugari mengucap kata tagging sebelum pesawat berangkat, berarti negara tujuan mereka sedang bercuaca dingin atau salju. Jadi, biasanya mereka akan membawa mantel untuk mengantisipasi saat turun dari pesawat.
Itulah kode dari sekian banyak kode rahasia yang mungkin hanya para awak pesawat komersil saja yang tahu... Bagaimana menurutmu?
• All Clear: Ini artinya kru pesawat sudah bisa memasuki kabin.
• Pax: Passenger atau penumpang.
• Slam-click(er): Ini adalah istilah yang digunakan pilot maupun pramugari ketika menginap di hotel untuk menunggu penerbangan berikutnya. Ia tidak akan mau diganggu sampai waktu terbang sudah tiba. Bahkan untuk makan malam sekalipun, ia tidak akan keluar lagi karena terlalu letih.
Spoiler for UPDATE:
1.Door Arrival:
Ini merupakan sebuah instruksi yang bersifat kritis yang ditujukan kepada pramugara atau pramugari untuk bersiap-siap karena pesawat akan segera mendarat.
"Tujuan kata sandi ini agar para awak kabin segera menonaktifkan sistem perosotan darurat yang menempel di pintu. Untuk mencegahnya mengembang di gate," kata Smith. "Jika hal itu tak dilakukan, maka perosotan darurat secara otomatis akan mengembang saat pintu dibuka."
2. Crosscheck :
Kata tersebut diucapkan seperti pada; 'flight attendats, doors to arrival and crosscheck'.
Crosscheck atau cek silang adalah istilah yang digunakan pilot dan awak kabin yang berarti bahwa mereka harus memeriksa tugas rekan lainnya.
Di dalam kabin, pramugara atau pramugari saling memeriksa apakah tugas telah dilaksanakan. Misalnya, untuk memastikan pintu darurat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.
3. All call :
Kata tersebut sering dipasangkan dengan instruksi untuk pramugara atau pramugari. "Itu adalah permintaan agar masing-masing awak kabin melaporkan lewat interkom dari posnya pasing-masing," kata Smith.
4. Flight deck :
Sinonim dari kokpit atau kabin tempat pilot dan kopilot berada.
5. Final approach :
Bagi pilot, sebuah pesawat berada pada kondisi final approach ketika mendekat ke landasan pacu untuk mendarat, apabila mencapai bagian lurus pada jalur pendaratan, atau berada sejajar dengan garis tengah landas pacu -- yang tidak membutuhkan manuver tambahan.
Ketika awak kabin yang mengatakan kata itu, maknanya lebih bersifat umum, yang berarti, ujung kapal terbang sudah berada di posisi terdepan landasan.
6. Direct flight :
Arti direct flight atau penerbangan langsung tak sama dengan 'non-stop' flight yang sama sekali tidak berhenti, dari lepas landas hingga tujuan akhir.
Penerbangan langsung bermakna, sebuah penerbangan dengan rute yang tidak berubah, "namun terbuka kemungkinan pesawat akan berhenti untuk melakukan transit penumpang," kata Smith.
7. Air pocket :
Istilah pilot untuk turbulensi singkat.
8. Dead head :
Kata ini bermakna mengenai proses pertukaran posisi antara kru yang bertugas. Misalnya, pramugara dan pramugari yang sedang melakukan pertukaran posisi pos tugas dengan sesama awak kabin yang lain. Atau, pilot yang bertukar pos tugas dengan kopilot.
9. Ramp :
Atau biasa disebut apron, Istilah ini berbeda dengan sinonimnya yang digunakan untuk mendefinisikan jembatan penyeberangan saat boarding.
Istilah ramp yang dimaksud digunakan untuk menggambarkan situasi ketika pesawat yang sudah landas sedang melakukan manuver mendekat ke terminal atau wilayah lain dekat dengan bandara.
10. Tarmac :
'Tarmac' merupakan singkatan untuk 'Tar-grouted macadam', sebuah metode pendaratan untuk merasakan kondisi halus-tidaknya permukaan aspal pada landasan.
Kata ini ditemukan oleh seorang pria asal Derbyshire, Inggris pada tahun 1830-an dan diadopsi oleh komunitas pilot pesawat komersial.
Oleh pilot, kata tarmac digunakan untuk merujuk kondisi kerikil aspal yang menjadi cair saat terjadi kontak dengan ban pesawat saat pendaratan. Aspal yang bagus akan mencair apabila bergesekan dengan ban pesawat yang panas.