mariaretnoAvatar border
TS
mariaretno
Kalijodo, Mission Impossible Ahok yang Kini Dinikmati Warga Jakarta Utara


WARTAPROPERTI | Anda pernah dengar nama Kalijodo? Pada masa gubernur-gubernur sebelumnya, sejak jama Fauzi Bowo, Sutiyoso hingga pejabat terdahulu, nama ini dikenal sebagai lokalisasi ternama dengan pesona hiburan malamnya. Namun, sejak DKI Jakarta dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Kalijodo bermetamorfosa dari kawasan maksiat menjadi sebuah destinasi baru hiburan rakyat terutama di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara.

Kalijodo sejatinya punya nilai sejarah dalam perkembangan kota Jakarta. Dulunya, Kalijodo adalah sebuah lokasi sentral ekonomi yang menghidupkan Jakarta. Asal mula Kalijodo itu sendiri sebenarnya merupakan tempat persinggahan etnis Tionghoa yang mencari gundik atau selir. Pasalnya, etnis Tionghoa di masa Batavia, adalah mereka yang melarikan diri dari Manchuria, perbatasan Korea Utara dan Rusia. Lantaran datang tak membawa isteri, akhirnya mereka pun mencari pengganti isteri di Kalijodo.

perempuan lokal yang biasanya menebar pesona menarik pria etnis Tionghoa dengan menyanyi lagu-lagu klasik Tionghoa di atas perahu yang tertambat di pinggir kali. Perempuan-perempuan ini disebut Cau Bau. Cau Bau artinya adalah perempuan. Cau Bau ini bisa disamakan dengan Geisha dalam kebudayaan Jepang. Mereka bukan bertujuan untuk melacur, tapi perempuan tersebut menghibur dan mendapatkan uang atas pekerjaannya.

Kalijodo pun terus berkembang menjadi tempat hiburan yang tidak hanya diincar tidak hanya para pria asal etnis Tionghoa. Citra dan ciri tempat ini pun berubah, Kalijodo jadi tempat yang terkenal dengan pramuriaan. Apalagi setelah pemerintah menutup lokalisasi pramuriaan Kramat Tunggak pada tahun 1999, Kalijodo kian ramai dikunjungi.

Bagaimana Ahok berjibaku dengan preman Kalijodo dan menjadikan Kalijodo secantik hari ini bagi warga Jakarta Utara yang kemudian menjungkalkan dirinya saat Pilkada Jakarta 2017 silam?

Simak selanjutnya di sini: http://www.wartaproperti.com/2017/05...sata-keluarga/

Sumber: wartaproperti.com
0
2.4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan