Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asukabeh99Avatar border
TS
asukabeh99
Game bukan sekedar game
Kronologi

Game dalam bahasa indonesia bisa diartikan permainan. Akan tetapi, game yang ane maksud ialah permainan yang berbasis elektronik dan digital. Di tahun 2000an ane mengalami peralihan dari permainan yang sifatnya outdoor, seperti ucing sumput, bit-bitan, engkle, babancakan dan lain sebagainya menuju game yang sifatnya elektronik/gadget/digital. Gadget game di tahun 2000 awal tidak lah canggih, awalnya ane beli gameboy yang isi gamenya kayak tetris, pinbal, tetembakan teng baja (ane gak faham nama aslinya karena pake bahasa jepang). Terus, nabung lagi beli nintendo, gamenya semakin seru, seperti : Mario Bross, Contra, ada tank baja lagi, balapan motor yang masih 2d (lintasan motornya kayak dari bawah naek keatas), game bola yang kalau giring bola bunyinya gejeeb..gejeb..gejeb (sfx).
Setelah sekian lama ngerengek sama ibu bapa, kelas satu SMP sekitar tahun 2003an akhirnya ane dibeliin PS1 pake kaset. Wuih ... canggih banget game nya pikir ane dengan otak anak SMP yang sekalian belajar bahasa inggris apa itu save, load dan continue. Banyak game yang pernah ane coba dan beberapa yang ane tamatin utamanya game petualangan (ane mana tau genre game RPG, FPS, RACING, akhirnya ane sama temen-temen asal sebut aja) kayak game Legend of Legaia, Breath of Fire III&IV, Final Fantasy I&VIII, Suikoden 2 dan Xenogears. Dino Crisis, Resident Evil:Nemesis (yang masih ane sebut game petualangan dan ternyata genre nya beda sama RPG). Yu Gi Oh : Forbidden Memorries (ane masih inget senengnya pas awal bisa fusion momon yang ATK nya 2800, momon dino warnanya merah hasil fusion dari momon naga sama momon halilintar udah dewa banget dah, lupa nama momonnya, tapi ane gak berhasil ngebikin suka temen-temen soal game ini, dibilangnya ga asik cuma bisa maen sendiri). Temen-temen ane senengnya maen Winning Eleven, kalau enggak maen Tekken 3 sama Metal Slug. Banyak lagi sampai gak inget namanya. Gak lupa Harvest Moon : Back To Nature yang sampai sekarang masih terngiang pas anak kecil cewek nyanyi di atas gunung bareng karakter utamanya di awal game (na..nanana.. nanana.. nananana.. nanana.. nanana.. nananana... hahaha). Daaaan banyak lagi yang ane coba, itu mah yang ane tamatin aja.
Tahun 2006 ane masuk SMA, diajakin temen-temen ngerental PS 2, maen bola (walau kalahan dan ga terlalu suka), kalau ngerental PS2 ane maennya Guitar Hero (senengnya maenin lagunya Deep Purple-Smoke on the water, jet..jet..jeeeet..jet.jet..jereet..jet..jet..jeeet, hahaha) dan gak pernah tamat, ada satu game mesum yang ane tamatin di PS 2, Seven Sins... hahaha.
Ane masuk kuliah tahun 2009 ketemu lagi sama yang namanya game.. Semester 2 ane ngontrak bareng kakak tingkat, ane nemu game yang genrenya strategy kayak Red Alert 3, Nation (kala gak salah yang cheatnya bisa nuklir kota orang) terus maen game RPG spek culun karena komputer dia tuh speknya masih culun, kayak 3 Star of Destiny, Aveyond, Laxius Force, terus mini game kaya Tradewinds series, Build a Lot Series. Semester 3 nih, ketemu yang aneh pisan dalam kehidupan per-game-an ane, kakak tingkat kuliah yang tadi bawa ane ke warnet kirain mo dimesumin ternyata dia ngenalin ane sama game Online MMORPG Atlantica Online (AO), setahun setengah lah ane baru pensi, dia mah masih maen sampe sekarang di private server, gara-gara server indo ditutup sama GMnya dan anepun sampe sekarang masih pengen maen, udah pernah dibahas kok alasannya di tulisan yang lalu tapi ntar didepan ane bahas lagi alesannya. Ane ketularan budaya dunia maya juga tuh pas maen game online, yang maen cowok chara nya cewek, akhirnya dibilang pacaran sama monitor dah.
Tahun 2011 ane pindah jadi ngekos ketemu lagi sama game, awalanya temen ane bawa Megaman X game PS1 yang bisa dimaenin di netbook (kalah mulu, jatuh mulu), terus dia bawa lagi Age of Empire III (game strategy) sama Chaos Legion (game hack n slash). Di tahun 2012 dia beli PC dan coba ngInstall game-game gede tapi ada yang kuat ada yang nggak. Ane inget maen Prototype 1 & 2, terus dia mah senengnya maen PES bareng temen-temennya. Setelah KKN ane numpang di kosan temen yang tadi bawa Megaman X sekitar 6 bualanan (hahaha...numpang ko 6 bulan...!!! gitu kata pak kosnya sambil bentak-bentak ane). Wuih.... PC temen ane ini udah upgrade, game yang gede-gedenya udah bisa dimainin, kayak game RPG Assasin Creed (AC) Series (padahal ane baru maen AC:Brotherhood..ane dapet quote Machieveli dari game ini nih, kalau temen-temen organisasi mah dapetnya dari buku bacaan, AC:Revelation..yang ini belom tamat installan nya jelek filenya corupt, AC:Black Flag plus DLC,...jancuuuk keren banget pas Jackdaw lawan legendary ship), Saint Row The Third & Fourth (RPG Open World mirip GTA series cuma lebih cenderung ke fantasy, ane senengnya ganti-ganti kostum chara cewek, atau kalau nggak chara nya ditelanjangin di tatto full badan, lari-lari gituh nembakin orang, kalau inget sekarangmah jadinya teriak hajukashiiii...!!! terus guling-guling gaya anime chunibyo), Call of Duty series (COD) (sejenis game FPS yang ane mainin baru COD:Ghost -kalau gak salah namanya itu yang ada tokoh namanya ghost pake topeng terus-, sama COD IV : Modern Warfare, kalau ini ane suka mode survivalnya, yang wave-wavean, musuhnya wave ke-1 prajurit cupu, wave ke-2 prajurit udah pake seragam, wave ke-3 ada onta eh helicopter nembakin, seterusnya sampe ada Juggernaut, sampe Juggernautnya banyak bawa tameng lagi, ampun dah nyerah),
Tahun 2013 ada ade kelas yang baru masuk kuliah masih di kosan yang sama bawa game DOT.Arena 1 alias Warcraft III, ane maenin pake LAN bareng temen-temen. Terus nyoba maen game-game berbasis browser, cukup beli modem sama paketan, ane coba Install Ragnarok 2, eh bisa. Satu kos itu maen Ragnarok pake modem yang dishare, LAG nya minta ampun ahahaha, udah pada bosen belum jadi dewa-dewa game udah pada pensi akhirnya ane pensi juga maen Ragnarok 2. Tekenal dah pada tahun 2012-2015 kosan ini dikalangan temen-temen mah karena temen-temen yang kesini mah pasti maen game, kos Papringan Jogja belakang Burjo.
2013 ane udah pindah kos Klebengan, selama dua tahun disana, masih aja ketemu sama game, bareng kakak tingkat ane, maen Need for Speed : Hot Pursuit, terus game strategy Company of Heores. Kakak tingkat ane maen AO di PC nya. Ane sering maen ke kos tetangga ketemu game horror buatan Indo, kaya RPG horror mystery gitu, judulnya Dread Out 2, gak biasa banget pokoknya, biasanya maen game-game dari luar negeri, di game horror ini karakter utamanya pake baju putih abu yag ada logo OSIS nya, bawa HP yang ada kameranya, kalau hantunya muncul di foto gitu.
Sedangkan di kos Papringan temen ane yang angkatan 2013 udah punya PC baru, dia install game RPG open world judulnya Sleeeping Dog yang kedua, terus ane installin juga The Elder Scrolls V : Skyrim (game produksi BATHESDA yang creation kit/aplikasi pembuat gamenya di upload bebas jadi banyak mod nya, sampe-sampe gamenya nge-bug gara-gara mod). Terakhir ane maen game itu pas waktu kuliah.
Pas udah lulus kuliah tahun 2017 ane install lagi tuh game TES:Skyrim di laptop ane, ane paksain walaupun laptop spek culun, dan grafik di gamenya very low, saking pengennya ngerasain game itu. Suatu kali, ane diajak maen ke rumah kakak tingkat ane di Cirebon dia punya PS 4, ane diajarin maen Battelfield 4 Online yang genre nya game FPS tapi maennya pake console (gilaaa....susah pisaan karena biasanya maen FPS pake mouse sama keyboard walaupun sama aja gak dewa cuma biasa aja kalau pake mouse, dan akhirnya mati muluu...haha).

Kongklusi
Dari pengalaman nge-game ane yang kurang lebih seumur hidup ane penuh dengan game (karena kehidupan sendiri adalah game yang tak ada akhirnya haha), boleh lah ya ane punya pandangan sendiri tentang hal-ihwal game ini, ada empat hal dalam pandangan ane, yaitu :
1. Cerminan Hasrat
Desire and Passion, tidak bisa dipisahkan dari diri kita sebagai manusia. Walaupun dalam berbagai keterangan agama dan kepercayaan kita dituntut mengendalikan hawa nafsu kita, tapi tetap saja itu adalah bagian dari diri kita. Cerminan hasrat yang ane kemukakan dalam pandangan ane lebih kepada keinginan gamer sendiri yang tidak bisa diungkapkan dan dilakukan di dunia nyata (real world:dunia yang sesungguhnya). Hasrat membunuh didalam game itu nyata, Niko Bellick dalam GTA V menjadi pembunuh professional, Ezio Audittore dalam Assasin Creed : Broterhood merupakan agen yang mengendalikan konspirasi Roma dan dalam game FPS seperti Call of Duty atau Battelfield series menembak karakter lain harus sampai mati (kalau nggak kita yang mati). Bukankah itu pembunuhan. Tapi dalam game itu sah-sah saja atau bahkan diharuskan.
Selanjutnya, hasrat untuk menjadi orang lain atau sesuatu yang lain, banyak gamer yang memakai chara/avatar game tidak sama dengan gender nya (ane juga ngalamin), gamernya cowok charanya cewek, atau sebaliknya. Sebenarnya banyak alasan yang melatarbelakangi itu, salah satunya menarik simpati lawan jenis, dalam game ada yang namanya quest kalau chara nya cewek biasanya sering dibantuin, atau malah sebaliknya pake chara cewek karena ingin dibantuin quest. Karena itu, gamer cewek itu sulit diidentifikasi. Kalau ada gamer cewek biasanya popular banget dah.
Banyak lagi hasrat-hasrat atau keinginan yang hanya bisa diwujudkan didalam game, menjadi ketua Guild atau bahkan menjadi King dalam sebuah Aliansi Guild, jadi presiden yang mengatur satu negara, jadi immortal racer pembalap abadi (kalau tabrakan terus mati bisa restart), jadi anak dewa yang menentang dewa (Kratos, God Of War series), jadi playboy mesum yang tak mengenal norma (Seven Sins), jadi utusan yang menegakan keadilan (Tales of zestiria), jadi manusia keturunan naga dan mewarisi kekuatannya (TESV : Skyrim), atau hanya jadi petani disuatu desa kecil (Harvest Moon: BTN). Itulah yang ane maksud game merupakan cerminan hasrat manusia.
2. Realitas Yang Lain
Another reality, keadaan yang lain yang belum pernah kita temukan atau rasakan. Kita pasti mengenal istilah dumay (dunia maya), sebenarnya istilah itu sudah mewakili pemisahan realitas kita dengan dunia digital yang dilengkapi World Wide Web atau internet untuk mengakses data yang sangat jauh. Tapi, tidak sekedar itu, anggaplah internet adalah akses atau jalan unggah-unduh maka yang tercipta adalah realitas semu. Dunia yang biasanya tidak kita kenal jadi nampak didepan mata
Game sendiri tidak terlepas dari canggihnya teknologi, PC,PS 1,2,3 dan 4 yang sudah memiliki fitur online, ketika para gamer/player bertemu dalam dunia yang diciptakan ini mereka menikmatinya dan tenggelam seakan itulah dunia mereka (another reality). Tahun 2017 ini mulai diciptakannya gadget pendukung pemindahan sebagian diri kita kedalam dunia tersebut, dari mulai console game (teknologi jadul berupa joystik berfungsi mengendalikan chara dalam game), sekarang muncul VR (Virtual Reality) yang diproduksi Samsung salah satunya, berbentuk seperti googles (kacamata) didalamnya diputar video 360 derajat (jadi bisa lirik kiri-kanan) yang menawarkan kesan asli ketika menonton video. Untuk para gamer, sekarang ada gadget runer (alat seperti treadmill yang tersambung dengan PC, memungkinkan penggunanya berjalan didunia nyata dan sensor gerakannya tersambung seperti berjalan didalam game), ditambah VR dan ditambah lagi console yang canggih, maka seketika itu lah mereka pindah dunia. Di massa datang, tidak menutup kemungkinan dipindahkannya seluruh realitas kita ke dalam dunia maya, seperti gadget Full Dive yang bisa scan fungsi pengendalian otak terhadap gerak tubuh, fungsi tersebut dipindahkan untuk mengendalikan tubuh karakter kita di dalam game (persis di anime Sword Art Online).
3. Bentuk Kebudayaan Baru
Budaya tidak terlepas dari kebiasaan, kepercayaan dan bahasa. Kebiasaan para gamer adalah duduk depan monitor, kalau perut rasanya lapar makan, kalau pengen kekamar mandi BAB, dan mereka jarang mandi..haha, habis itu maju lagi main game, terputus dalam kehidupan nyata tersambung dalam dunia maya, mereka ngobrol? Iya, mereka ketawa? Iya, mereka sedih? Iya, tapi apa yang diobrolkan, diketawain dan ditangisi beda. Mereka ngobrol masalah party, guild dan besok mau quest apa. Mereka tertawa kalau berhasil naek level, ngebully noob yang baru maen, dapetin rare item dan banyak lagi. Mereka sedih kalau cupu, kalau itemnya drop diambil musuh, bahkan ditipu saat transaksi jual beli senjata. Di Jepang ada penyakit terkenal buat para gamer yaitu hikikomori para pengurung diri.
Umur manusia di dunia game, khususnya game online, itu tidak ada. Ketika dalam dunia nyata semakin tua semakin dihormati, dalam dunia game yang menjadi patokan hormat-menghormati dan harkat derajat adalah level player, skillnya bahkan equipnya. Meskipun bapak-bapak jenggotan, kalau masih baru dalam game itu yaaa di bully di anggap remeh sebaliknya walaupun anak SD tapi kalau levelnya tinggi atau skillnya GG, ya dipanggil “kakak”.
Juga bahasa-bahasa yang hanya ada dan merupakan kesepakatan para gamer, diantaranya ya AFK (Away from Keyboard atau sederhanannya lagi gak deket keyboard, jadi karakternya diem), GG (good game buat player yang skillnya keren), Noob (Newbie player baru maen), momon (monster), chara (Character/avatar), dewa (jagoan skillnya, contohnya : “dewa banget lo kalau turnamen nembak”), party (sistem kerjasama antar player berjumlah 3-5 player), guild (sebuah sistem komunitas yang berjumlah 20-30 player), nation (sistem game mencakup guild-guild, biasanya terbatas 10 guild, salah satu ketua guild biasanya jadi King ‘raja’), dungeon (tempat yang penuh momon buat hunt), hunt/GB (usaha naekin level), dan banyak lagi.
4. Game Adalah Seni
Tiga unsur dalam game, yaitu : program, grafik dan jalan cerita. Program yang ane maksud yang terdiri dari coding-coding menentukan hampir seluruh sistem dalam game tersebut, dari mulai berjalan, bertarung bahkan animasinya wajahnya. Grafik/gambar yang mencipatakan karakter tokoh, landscape kota, dungeon, flora, fauna, .dsb. Terakhir, yaitu jalan cerita, seperti seorang pahlawan yang menegakan keadilan, ada game yang memakai sistem quest (task/tugas) buat para playernya agar tidak menyimpang dari jalan cerita yang ditentukan dari awal sampai ending.
Jangan pernah menghina para pembuat game walaupun gamenya itu hanya game cupu sekelas game flashplayer seperti Tebak Gambar atau Quiz Parampa, itu membutuhkan tiga unsur tadi. Ane pernah nyoba bikin game RPG pake aplikasi gratis RPGMaker VX, itu susahnya minta ampun. Apalagi untuk menghasilkan game sekelas GTA atau Skyrim, pantaslah perusahaan besar seperti mereka mendapat penghargaan dari kita. Dan kebiasaan ane sebagai orang Indonesia biasanya memainkan game-game yang bajakan, jelaslah yang ane sebut diatas tadi semuanya bajakan, karena tidak mampu beli kaset installan aslinya, hahaha. Bisa dibilang ane gak tau diuntung. Ya minimal gak ngehina game buatan orang setidakmenarik apapun gamenya. Kritik sewajarnya saja.

Epilog
Itulah pandangan ane perihal game yang sampai sekarang ane gak bisa lepas dari game. Ane gak bakal ngebahas baik atau buruknya game bagi generasi muda, atau industri per-game-an yang katanya sebagai propaganda kebudayaan asing, dan sebagainya karena bukan kapasitas ane sebagai player/gamer.
Akhirnya, ane ucapkan terimakasih sudah membaca.
0
4.5K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan