Halo agan dan aganwati semuanya! Apa kabar nih?
Udah bulan Mei, eh tapi masih aja rajin hujan di mana-mana. Dan biasanya habis hujan terbitlah banjir. Nah ini nih yang suka jadi masalah buat kita-kita yang terbiasa kemana-mana naik motor. Apalagi kalo bukan air banjir yang masuk ke knalpot. Terus motornya motor matic pula. Beuh, udah makin uring-uringan deh tuh karena biasanya motor matic paling gampang mati kalo kebanjiran air gini.
Nah, kali ini, ane dari #satuarahid bakalan share tulisan tentang mengatasi motor matic mati karena kena banjir. Semoga bermanfaat buat agan-agan yang emang setiap hari naik motor.
Cekidot!
Quote:
1. Buang air yang masuk kedalam knalpot dengan cara minta tolong teman untuk mengangkat roda depan, Dengan begini maka air yang masuk ke badan knalpot akan segera keluar. Sebenarnya di knalpot itu sendiri ada lubang pembuangan air namun kecil jadi tidak seimbang dengan masuknya air dan itu membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu air keluar.
Quote:
2. Di dalam filter juga terdapat air, buang air dengan caranya cukup cabut selang buntu yang ada di filter maka air akan mengalir keluar. Kalau filter sudah kemasukan air otomatis masuk ke karter, kalau sudah sampai rumah harus langsung ganti oli karena oli sudah tercampur air dan warnanyapun sudah seperti susu.
Quote:
3. Apabila CVT kemasukan air maka bisa jadi motor menyala namun tidak ada tenaga untuk menggerakkan roda. Hal ini dikarenakan air masuk ke dalam kompartemen CVT dan kemudian memperberat perputaran drive pulley dan driven pulley. mesin tetap nyala dan berputar hanya pulley tidak bisa bergerak untuk mentransmisikan tenaga mesin. Cara membuang airnya adalah dengan mencabut salah satu sumbatan karet di saluran pembuangan.
Oh iya, buat agan yang belum tau apa itu CVT, jadi CVT (Continously Variable Transmission) merupakan alat penggerak otomatis pada motor automatic (matic). Bagian CVT ini merupakan bagian yang meneruskan putaran dari engine/mesin ke bagian roda belakang. CVT bisa juga disebut sebagai sabuk karet/streng pengganti rantai pada sepeda motor matic

Quote:
4. Matic mati jangan distarter/kick starter karena akan menyebabkan connecting rod bengkok, Gan! Connecting rod atau dikenal juga dengan nama Batang Torak, Setang Piston, Gula-Gula adalah salah satu komponen mesin yang berfungsi untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan selanjutnya menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol.

Quote:
5. Pastikan juga agan melepas busi terlebih dahulu, baru kemudian distarter untuk mengeluarkan air di ruang bakar. Air di dalam knalpot biasanya bakal keluar melalui lubang pembuangan air.
Quote:
6. Pastikan oli gear transmisi tidak tercampur air dengan menguras oli mesin. Sebab oli yang tercampur air akan berubah warna menjadi seperti susu. Kebanyakan orang lupa untuk memeriksa bagian oli transmisi, karena jika tidak diperiksa biasanya akan menyebabkan suara mendengung (humming) pada bagian gear ratio.

Quote:
7. Lakukan perawatan/tune up. Bersihkan busi dan keringkan, ganti jika sudah waktunya, lakukan penyetelan klep, membersihkan throttle body/karburator dan lain-lain.
Quote:
8. Jika motor sudah normal/ hidup, cek kompresi dengan menggunakan kompresi gauge untuk memastikan tidak terjadi kebocoran kompresi pada mesin.
Gitu, gan. Semoga sharing ane ini bermanfaat yak buat agan dan aganwati semuanya, terutama pas lagi musim hujan kayak sekarang.
Ketemu lagi di tulisan selanjutnya, yak! Salam #satuarah, Gan!