Bermodal Kreativitas, Hantu Indonesia Jadi Game Kelas Dunia
TS
generaldevt
Bermodal Kreativitas, Hantu Indonesia Jadi Game Kelas Dunia
Semua berawal dari ide ide yang mendalam serta keinginan langka yang dilakukan para pejuang di Negeri kita nih gan.
Pasti agan agan semua disini udah tau dong hantu hantu Indonesia? Gak kalah menarik dengan hantu barat dan hantu asia timur.
Mungkin jenis hantu saat ini yang HOT BANGET, yang diputar di berbagai tv channel maupun bioskop kesayangan agan adalah Suster Ngesot, Tali Pocong Perawan, Suster Keramas, sampe ke Serigala jadi jadian. Apakah agan telah melupakan hantu yang bikin agan merinding waktu jaman sekolahan?
Yuk mari kita simak dibawah sama sama apa yang telah pejuang Negeri kita lakukan dengan ide ide cemerlang mereka
Quote:
LENTERA NUSANTARA
Siapa yang sudah kenal dengan teman kita dari Indonesia yang satu ini? Mereka mencoba menumbuhkan perhatian masyarakat dengan legenda hantu indonesia. Mereka sudah membuat beberapa kali event seperti GHOST PARADElalu membubuhkannya dengan animasi yang lucu, keren, dan unik.
Bagi kita hantu di Indonesia bersyarat dengan pola kehidupan bermasyarakat, cerita yang mendidik yang hantu tercipta karena "sering melakukan kekerasan selama hidup di dunia, melakukan kejahatan dan lainnya". Sehingga bicara hantu tidak hanya bicara hal yang menyeramkan saja, tetapi juga berisi ajaran kehidupan bagi anak-anak yang disampaikan oleh para sesepuh ataupun orang tau.
Quote:
Membahas Tren Masa Kini
Dalam era modern jaman sekarang hantu hantu terdahulu bisa saja terkubur dengan viral viral hantu sekarang. Bisa dibilang
"Hantu Hantu" jaman kini berbaur dengan situasi dan kondisi saat bersamaan dengan kelakuan aneh di Indonesia, seperti : Hantu hantu korupsi, hantu kriminalisasi, hantu kolusi, hantu tenaga kerja asing ( TKA ), hantu ditolak pacar, hantu ditolak calon mertua, hantu tidak mendapatkan pekerjaan, hantu tidak punya pulsa, hantu tidak bisa internetan dan lainnya. Semua ini dijadikan alasan para pemuda yang melihat tindakan buruk lalu mereka jadikan bayang bayang yang menghantui. Whuuu, seram bukan? Hahaha..
Dan lucunya, sekarang pemuda pemudi di Indonesia malah takut dengan unsur yang berbau non fiktif namun sepele. Mereka anak muda tentu lebih takut handphone mereka tidak ada internet, sehingga istilah "fakir bandwith" atau "fakir kuota" menjadi lebih populer dipergaulan anak muda dibandingkan istilah "fakir miskin".
Quote:
Tidak Sekedar Bermain, Tapi Juga Pembelajaran
Pengalaman saya selama masih belajar di bangku sekolah adalah menlihat para generasi pemuda yang sibuk asyiknya bermain GAME ONLINEataupun GAME lainnya. Menghabiskan waktu dengan berlama lama bermain yang tidak ada habisnya. Padahal 2-3 jam waktu berharga yang mereka habiskan bisa mereka ganti dengan hal yang bermanfaat. Walaupun senang bermain game harusnya mereka pastikan itu adalah game yang membawa pesan moral ataupun sebagai metoda pembelajaran.
Paling paling yang dimainkan yaitu game dengan status menang atau kalah. Jika beruntung game bisa dijual level atau senjatanya sehingga jadi pemasukan. Bagi yang kalah melulu dapat membeli level atau senjata, tentu saja harus punya kocek tebal agar bisa ikut permainan terus.
Nah disini KLIMAKS nya gan..
Saya mau menjelaskan bahwa teman kita "LENTERA NUSANTARA" mencoba berpikir lain, membuat game yang memasukkan karakter hantu sebagai "teman" gamer ketika berpetualang. Tentu saja sosok hantu tersebut memiliki karakter yang berbeda dan tentu saja memiliki kekuatan yang berbeda-beda.
Karena Hantu memiliki sejarah penciptaannya, tentu tidak sulit bagi produser Lentera Nusantara untuk memasukkan "sinopsis hantu" yang akan dijadikan partner para gamer. Semisal, saya mau ajak kuntilanak sebagai teman menyelesaikan petualang, tentu selain kekuatan dan kelemahan Kuntilanak, maka gamer bisa membaca "sejarah kuntilanak", di Indonesia daerah mana saja yang ada Kuntilnak dan lainnya.
Nah disini gan, mereka mencoba mencampurkan Khazanah Hantu Nusantara dengan edukasi yang sifatnya maksimal kedalam dunia para gamers. Dengan tingkat literasi masyarakat barat yang tinggi, maka cerita Hantu Indonesia dapat membantu meningkatkan "Brand Awareness Indonesia di kancah dunia". Peluang ini yang dibaca oleh Lentera Nusantara, seperti yang diungkapkan oleh salah satu founder Lentera Nusantara yang akrab di panggil Mas Agung.
Yang membuat saya bangga adalah Ide dari Mas Agung yang berniat untuk memasarkannya ke Luar Negeri pada tahap awal. Bagi Lentera Nusantara, menaklukkan pasar global berbasis produk budaya Indonesia adalah suatu tantangan tersendiri selain kebutuhan pasar yang tinggi. Mungkin setelah itu akan diluncurkan di Indonesia ya gan? Mungkin.. Hehe
Quote:
Bangga dengan Cerita Hantu Nusantara
Kalau saja misi Lentera Nusantara berhasil, tentu berdampak tidak langsung bagi Indonesia jika Game ini sudah mendunia seperti Clash of Clans, Pokemon Go, dll. Tapi para komikus, kartunis juga banyak yang akan menggali kisah hantu nusantara. Bahwa cerita hantu yang saat ini dikesankan "menakutkan" bagi anak kecil, suatu saat akan menjadi "cerita yang menyenangkan". Bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan didunia ini dan takut ataupun berani akan kembali ke diri kita masing-masing.
Jadi gimana agan agan? Siapa yang setuju dengan ide menarik dari teman kita ini? Yaaa.. barangkali masa depan nanti kisah yang menyeramkan bisa membuat perubahan dengan menjadi sebuah inspirasi
Terimakasih telah menyimak, sekian Thread saya
Jika salah saya mohon maaf, dan jangan dibata gan Cendol aja udah cukup