Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deriiiii02Avatar border
TS
deriiiii02
10 Tempat Di Dunia Yang Paling Sering Turun Hujan, Cek!!!
Spoiler for Hujan:


Karena memiliki curah hujan yang tinggi membuat sejumlah tempat di dunia ini menjadi tempat yang paling sering terjadi hujan. Dimana sajakah tempat tersebut?

10. Emei Shan, Cina - Curah Hujan per Tahun 8.169 mm

Spoiler for :


Ada salah satu tempat di CIna yang memiliki curah hujan sangat tinggi. Tempat tersebut adalah Emei Shan. Emei Shan berlokasi di provinsi Sichuan. Di tahun 1996, Emei Shan dianggap sebagai situs warisan dunia yang harus dijaga. Tepat di tempat tersebut terdapat sebuah gunung besar yang bernama gunung Emei. Merupakan gunung tertinggi dari 4 Gunung Suci Buddha.

Curah hujan di Emei Shan sangat tinggi. Kira-kira 8.169 mm per tahun. Jadi bisa dibayangkan betapa suburnya daerah ini. Apa kalian tahu dengan beladiri Cina yang bernama wushu? Emei Shan lah yang menjadi tempat atau rumah dari berbagai macam beladiri kuno di Cina, salah satunya adalah wushu.

9. Kukui, Hawaii - Curah Hujan per Tahun 9.293 mm

Spoiler for :


Tidak banyak orang yang tahu tentang Kukui. Tapi kalau Hawaii, pasti banyak orang yang sudah tahu akan tempat ini. Hawaii adalah sebuah pulau kecil nan indah yang masih merupakan bagian dari negara Amerika Serikat. Nah, Kukui ini adalah salah satu tempat yang berada di Hawaii. Terkenal sebagai tempat yang paling sering turun hujan.

Curah hujan per tahun yang mencapai 9.923 mm lah yang menjadikan Kukui sebagai salah satu tempat yang sering turun hujan di Amerika. Beserta keindahan yang dimilikinya, Kukui menjadi rumah bagi aneka macam jenis tumbuhan dan hewan. Sayang tidak sembarang orang yang bisa masuk, hanya para peneliti yang mendapat izin khusus untuk menjelajahi Kukui.

8. Mt Waialeale, Hawaii - Curah Hujan per Tahun 9.763 mm

Spoiler for :


Masih belum berpindah dari Hawaii, kali ini mari kita bahas tentang Gunung Waialeale. Sama seperti Kukui, suatu tempat di Hawaii berikut ini diberi berkah dengan seringnya turun hujan. Yang namanya gunung pastinya ada sejumlah pendaki yang ingin menaklukannya. Tapi karena sering terjadi hujan membuat gunung Waialeale menjadi sangat licin sehingga sangat berbahaya mendaki gunung ini.

Waileale sendiri adalah bahasa Hawaii yang memiliki arti air yang meluap. Dinamakan demikian karena memang gunung ini sering basah karena hujan. Curah hujan di Gunung Waileale mencapai angka 9.763 setiap tahunnya. Gunung Waileale juga menjadi rumah bagi sejumlah tanaman langka.

7. Big Bog, Hawaii - 10.272 mm

Spoiler for :


Apakah hanya segitu saja tempat di Hawaii yang paling sering turun hujan? Masih ada 1 tempat lagi di Hawaii yang menjadi salah satu tempat paling sering turun hujan di dunia. Tempat itu adalah Big Bog. Total jadi ada 3 area di Hawaii yang sering terjadi hujan. Big Bog bisa ditemui di dalam Haleakala National Park.

big Bog diberi gelar juara sebagai tempat yang paling sering turun hujan di Hawaii. Lihat saja curah hujannya yang mencapai 10.272 mm per tahun. Karena tempatnya yang sangat terpencil, para peneliti harus menggunakan helikopter apabila ingin melakukan penelitian disana. Untungnya adalah tempat ini tidak tertutup seperti Kukui, jadi turis bisa datang ke tempat ini.

6. Debundscha, Kamerun - Curah Hujan per Tahun 10.299 mm

Spoiler for :


Apa yang pertama kali kalian pikirkan ketika mendengar negara Afrika? Banyak diantara kalian yang berpikir bahwa Afrika adalah negara panas dan gersang. Tapi ternyata tidak juga. Ada sejumlah tempat di Afrika yang tidak sepanas dan segersang yang kalian pikirkan. Tempat itu adalah Debundscha.

Debundscha adalah sebuah tempat yang berada di Kamerun, Afrika Tengah. Tempat ini berbeda dari berbagai tempat di Afrika yang panas. Alasannya tidak lain karena di tempat ini paling sering turun hujan. Setiap tahunnya, curah hujan di Debundscha mencapai angka 10.299 mm. Inilah tempat yang paling sering turun hujan kedua di Afrika.

5. San Antonio de Ureca, Pulau Biko - Curah Hujan per Tahun 10.450 mm

Spoiler for :


Jika Debundscha adalah tempat paling sering turun hujan kedua di Afrika, lalu siapa yang nomor satunya? Dialah San Antonio de Ureca. Adalah sebuah kota yang berada di Pulau Biko, dekat dengan garis pantai Kamerun.

Tiap tahunnya hampir selalu terjadi hujan deras di San Antonio. Dengan curah hujan per tahun yang mencapai 10.450 mm, ditambah dengan kelembapan laut sehingga membuat awan seperti terperangkap di tempat ini. San Antonio berhadapan langsung dengan Samudra Atlantic dan berada dekat dengan garis Ekuator.

4. Cropp River, New Zealand - Curah Hujan per Tahun 11.516 mm

Spoiler for :


Ok, hanya 2 tempat di Afrika yang masuk ke dalam daftar tempat paling sering turun hujan di dunia. Kali ini tempat paling sering turun hujan berikutnya berada di Selandia Baru. Tempat tersebut adalah sebuah sungai yang bernama Sungai Cropp. Curah hujan di sungai ini sangatlah tinggi dan menjadi tempat paling sering turun hujan di Australia.

Curah hujan di sungai Cropp bisa mencapai 11.516 mm setiap tahunnya. Pada 27 Desember 1989, sungai ini mendapat hujan deras sebanyak 758 mm hanya dalam waktu 24 jam. Sungai Cropp memiliki lokasi yang berdekatan dengan Laut Tasman. Pernah diantara bulan Oktober 1997 sampai Oktober 1998, curah hujan di Sungai Cropp mengalami peningkatan yang signifikan yakni mencapai 18.413 mm.

3. Tutunendo, Kolombia - Curah Hujan per Tahun 11.770 mm

Spoiler for :


Sebuah desa kecil di Kolombia mendapat keuntungan dengan sering turunnya hujan. Desa tersebut adalah Tutunendo. Dengan populasi yang kurang dari 1.000, dalam 1 tahun, Tutunendo bisa mengalami 2 kali musim hujan. Inilah daerah yang paling sering turun hujan di Amerika Selatan.

Tutunendo memiliki curah hujan per tahun sebanyak 11.770 mm. Saking seringnya hujan, bahkan ketika musim panas saja desa ini seringkali turun hujan. Di bulan Februari dan Maret yang harusnya masih musim panas, setidaknya bisa terjadi hujan sebanyak 20 kali per bulannya. Dekat dengan garis Ekuator dan Samudra Pacific menyebabkan tempat ini memiliki suhu yang panas dan lembab. Hasilnya adalah terbentuknya hutan hujan yang subur di desa tersebut.

2. Cherrapunji, India - Curah Hujan per Tahun 11.777 mm

Spoiler for :


Ada 2 tempat di India yang masuk ke dalam daftar tempat paling sering turun hujan di dunia. Salah satu tempat tersebut adalah Cherrapunji. Bahkan telah diakui oleh Buku Rekor Guinness bahwa tempat ini adalah tempat yang paling sering turun hujan di dunia. Pada Agustus 1860 sampai Juli 1861, curah hujannya mencapai 26.471 mm.

Tapi meskipun begitu, curah hujan per tahun dari Cherrapunji adalah 11.777 mm. Seringnya turun hujan di Cherrapunji disebabkan karena tingkat elevasi dan juga lokasinya yang membuat tingkat kelembapan dan awan sering berkumpul di tempat tersebut.

1. Mawsynram, India - Curah Hujan per Tahun 11.871 mm

Spoiler for :


Sudah disebutkan bahwa ada 2 tempat di India yang masuk ke dalam daftar tempat paling sering turun hujan. Setelah Cherrapunji, adalah Mawsynram yang menjadi tempat paling sering turun hujan di India dan juga di dunia. Mirip dengan Cherrapunji, hampir tiada hari yang tidak pernah hujan di tempat ini.

Hanya terdapat selisih yang sangat tipis dengan Cherrapunji. Mawsynram memiliki curah hujan yang mencapai 11.871 setiap tahunnya. Seringnya turun hujan bukannya membawa keberuntungan di Mawsynram. Suara hujan turun justru sangat mengganggu pendengaran. Untuk itulah rumah penduduk di Mawsynram menggunakan atap yang ditutupi dengan rumput untuk menyerap suara dari tetesan air hujan.

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Sumber :
http://www.tahupedia.com/content/sho...ng-Turun-Hujan
0
3.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan