presiden.trumpAvatar border
TS
presiden.trump
Aher Teken Kerja Sama dengan Tiongkok
Aher Teken Kerja Sama dengan Tiongkok
Oleh: Novianti Nurulliah 4 Mei, 2017 - 21:45



Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/NOVIANTI NURULLIAH/PR



BEIJING, (PR).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal melakukan penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan 4 provinsi di Negara Republik Rakyat Tiongkok pada pekan ini. Keempat provinsi yang sepakat menjalin kerja sama Sister Province dengan Jabar tersebut yaitu Guangxi Zhuang, Chongqing, Sichuan, dan Heilongjiang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau yang biasa dipanggil Aher ini bersama 3 OPD (Biro pemerintahan dan kerja sama, Dinas Perhubungan, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) serta Nelson Simanjuntak dari Kementrian Dalam Negeri bertolak ke Tiongkok dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis, 4 Mei 2017 menuju TIongkok. Tujuan pertamanya Kota Nanning, Provinsi Guangxi Zuang. Penandatanganan kerja sama diagendakan pada Jumat, 5 Mei 2017.

‎Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Provinsi Jawa Barat Taufik Budi Santoso mengatakan, sister Province ini sudah diinisiasi sejak 2015. Bahkan sudah mengemuka sejak 2010 lalu. Namun untuk Sichuan Letter Of Intent-nya baru terjadi pada 2016 lalu.

"Penandatangan ini sebenarnya kami rencanakan pada akhir tahun lalu. Tapi karena tidak memungkinkan akhirnya ditunda. Akhirnya kami lakukan serentak agar efektif dan efisien. Gubernur tinggal tanda tangan keempat dokumen itu yang sudah kita atur waktunya," ujar Taufik ditemui di sela-sela perjalanan menuju Nanning, Guangxi Zuang, Kamis, 4 Mei 2017.

Diakui dia, MoU tersebut untuk kerja sama jangka panjang. Namun akan ditinjau ulang lima tahun sekali untuk mengetahui kesepakatan kerja sama mana saja yang belum tercapai.

"MoU ini jadi tonggak sejarah bagi Jabar dalam membina hubungan antar pemerintah daerah. Harapannya bisa membangkitkan hubungan bisnis to bisnis dan people to peole. Dan bentuk kerja samanya sudah dirancang,"ucap dia.

Sister Province

Adapun ruang lingkup kerja sama yang akan disepakati oleh kedua pemerintah daerah bersama empat provinsi tersebut, di antaranya kesenian, kebudayaan, pendidikan, transportasi, perdagangan, investasi. Termasuk berbagi pengetahuan riset dan teknologi kemampuan pemdanya.

"Contohnya yang besok kita tanda tangan di Guangxi Zuang. Itu kan ibukotanya Nanning, sementara sudah ada dua kota di Jabar yang sudah menjalin sister city dengan dua kota yang ada di Guangxi Zuang yaitu Kota Bandung dengan Li Zou dan Kota Bogor dengan Nanning. ‎Jabar pun bangun kerja sama ini," kata dia.

Diakui Taufik, pada mulanya kerja sama ini terbentuk berawal dari kunjungan Gubernur Guang Xi Zuang ke Delta Mas Bekasi bersama Aher. Pada saat mereka mau memfasilitasi investor yang akan bergerak pada otomotif.

"Pada saat itu kita bicara hubungan diplomatik kerja sama antara kami. Akhirnya kita sepakati," kata dia.

Adapun latar belakang kerja sama tersebut, kata Taufik, Guang Xi Zuang ini provinsi yang punya laut di Cina Selatan. Wilayah ini merupakan kota pelabuhan terbesar di Tiongkok. Dan ini pusat aktifitas negara-negara Asian di Tiongkok termasuk negara ASEAN. Mereka memberikan tempat bisnis dan pemasaran bagi orang-orang asal Asia dan ASEAN tersebut di pelabuhan itu.

Selain itu, kata dia, di bidang pendidikan pun sudah ada 7 mahasiswa PNS yang mengambil program doktoral di Guangxi Zuang ini.

Dengan kerja sama tersebut, Jabar menambah kerja sama sister province. Sampai saat ini Jabar sudah menjalin kerja sama sister province dengan 29 provinsi di 7 negara.

"Prioritas kita kerja sama ini sesuai dengan grand disain Jabar yang diatur pergub 2015 sudah ditetapkan. Untuk kerja sama luar negeri difokuskan di Asia Timur Pasifik seperti Korea dan Jepang, kemudian ASEAN, Australia dan Selandia Baru," ujar dia.***


http://www.pikiran-rakyat.com/luar-n...iongkok-400528



Ingat... Ingat... Pesan Imam Besar Super Combo Ultra Jumbo her...

Tapir Kuminis itu di jadikan Teman Setia aja Gak Boleh... Apalagi Diajak Kerjasama dan Kotanya dijadikan Sister City...









Diubah oleh presiden.trump 06-05-2017 18:17
0
19.8K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan