Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kucingbudukanAvatar border
TS
kucingbudukan
Orang Utan Albino Langka Ditemukan di Kalimantan Gan!
Orang utan adalah hewan khas daerah Kalimantan. Mamalia yang satu ini masuk dalam jenis hewan dilindungi karena kelangkaannya Gan. Orang utan yang biasa aja udah langka, apalagi yang albino nih.

Baru-baru ini, seekor orang utan albino berhasil di selamatkan oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) bekerjasama dengan Badan konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah. Sebelumnya, orang utan albino betina ini ditemukan di Desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Albinisme atau albino adalah kelainan keturunan yang ditandai dengan berkurangnya produksi melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut dan mata) sepenuhnya atau sebagian. Beberapa dari penyandang albino juga sensitif terhadap paparan matahari.



Orang utan albino yang berusia lima tahun itu ditahan selama dua hari oleh penduduk setempat di Kalimantan Tengah, di mana penggundulan hutan santer dilakukan oleh para petani kecil dan perusahaan perkebunan.



Pemeriksaan fisik orang utan itu menunjukkan benar dia adalah jenis orang utan albino. Rambut, mata dan warna kulitnya lebih pucat dari warna orang utan pada umumnya, dan dia juga sensitif terhadap cahaya. Pihak BOSF akan mengamati dan melakukan tes kesehatan rutin terhadap orang utan ini Gan. Orang utan ini saat ditangkap oleh penduduk setempat masih menunjukkan perilaku liar, yang berarti bisa segera dilepaskan kembali ke habitat alaminya.

Video penyelamatan



Orang utan albino tergolong sangat langka loh. Selama 25 tahun BOSF beroperasi di Kalimantan, kasus ini ini menjadi penemuan dan penyelamatan orang utan albino pertama. Pertama kalinya orang utan albino terlihat di Kalimantan, juga di Indonesia. Beberapa media asing seperti telegraphdan dailymail pun membahas mengenai penemuan orang utan albino yang sangat langka ini.

Menurut badan International Union for Conservation of Nature (IUCN), orang utan Kalimantan dikategorikan sebagai hewan yang "kritis terancam punah". Populasinya turun lebih dari 60% antara tahun 1950 hingga 2010, karena pengrusakan habitat dan perburuan.
Jumlah orang utan diperkirakan akan mengalami penurunan lagi sebesar 22% antara tahun 2010 hingga 2025.

Tuh Gan, masih ngerasa pelestarian hutan gak penting? Kasian orang utan Gan, habitatnya udah semakin menyempit. Semoga orang utan albino bisa lekas sehat dan kembali ke alam liar ya!



[URL="]https://kumparan.com/aditiarizkinugraha/orangutan-albino-langka-di-temukan-di-kalimantan"]orang[/URL] utan
Diubah oleh kucingbudukan 04-05-2017 15:29
0
33.8K
202
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan