CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Mari Bahas Masalah "Hutang" Dan Budaya Kredit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/590735151ee5df516d8b4574/mari-bahas-masalah-quothutangquot-dan-budaya-kredit

Mari Bahas Masalah "Hutang" Dan Budaya Kredit

Hallooo agan agan sekalian. Kali ini ane ingin bahas yang namanya "Hutang".
Adakah diantara agan-agan yang sering dihutangin atau malah sering mengajukan hutang?
Banyak faktor yang bisa membuat kita mengajukan hutang, yang paling sering ane temuin adalah karena......

"Kapasitas yang agan miliki gak bisa memenuhi keinginan. Dan agan memaksakan keinginan tersebut"

Kasarnya gini, bergayalah sesuai isi dompet agan. Kalo punya duit 10rb terus agan pengennya makan steak, ya ga bisa. Jadi jangan maksain makan steak. Mungkin agan bisa tunda dlu keinginan agan, dan cari menu yang sesuai kapasitas agan.

Biasanya nih kalau agan maksain beli steak, ujung2nya suka keluar kalimat ini :

Mari Bahas Masalah "Hutang" Dan Budaya Kredit

Dan endingnya udh ketebak, dari kalimat
"Dari lo dulu" berubah menjadi "Dari lo aja"

emoticon-Ngakak

Dan mengenai budaya kredit, ane ngeri gan sama jaman sekarang. Begitu mudahnya peluang membuka pintu hutang.
Beli HP, ditawarin bisa kredit
Beli motor, ditawarin bisa kredit
Beli makanan pun, bisa pake kartu kredit

Tau tau pas gajian, ga kerasa kreditan udah seabreg. Duit gaji pun nyisa dikit. Miris gan.

Ane termasuk orang yang hati2 sama "hutang" gan. Kalau emang bisa cash, ya cash aja. Kalau belum bisa cash, mendingan nabung gan. Tunda dulu keinginannya. Hindari hutang sebisa mungkin.
Dimana ada kemauan, pasti ada jalan

Ane punya temen, sebut saja dia Bento.
Si bento ini, punya banyak hutang.
Termasuk sama ane. Ane tau dia udh punya duit buat bayar atau sekedar mencicil hutang dia.
Tapi dia selalu menunda-nunda. Sampai pada akhirnya ga ada hutang yang dia cicil.
Dia selalu cerita ke ane bahwa keuangan dia seret melulu.

"Barang siapa yang berniat untuk membayar hutang, Allah pasti mudahkan dia untuk membayarnya. Barang siapa yang berniat untuk tidak membayar hutangnya, Allah pasti persulit dia dalam kehidupannya"

"Barang siapa yang telah mampu untuk membayar hutangnya, namun dia tidak membayarkannya. Maka uang hutang yang ada padanya akan menggerogoti uangnya yang lain"

Lebih baik bangun dengan keadaan lapar tapi tidak memiliki hutang. Daripada kenyang, tapi meninggalkan hutang.
Semoga kita semua dijauhkan darimasalah hutang ya gan. Amin
Halaman 1 dari 3
punya gaji aja bingung mau dipake apa emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh introvert.guy
Aeh kepencet
Diubah oleh introvert.guy
Quote:


sedekah gan, jangan lupa emoticon-Keep Posting Gan
Quote:


Rahasia pribadi
Quote:


tepat sekali 😎
ane pernah juga, gak hutang sih tapi di gadein, dan sekarang udah kapok,
Quote:


menggadekan barang lebih baik sih gan dari hutang.
semoga rezeki agan dicukupkan ya. Amin....
ngutang cuma ngejar gengsi dan gaya, gak ada gunanya
Diubah oleh yanz1995
saya ga suka ngutang, kecuali terpaksa
klo minjem bentar krn bawa duit kurang, ya kadang2
klo diutangin, dulu sering, ada beberapa yg saya ikhlasin jg. tp sekarang rada2 pelit dikit, liat2 orangnya jg lah ples keadaan kantong.
emoticon-Malu
Hmmm ane ga suka utang. Diutangin sering. Ngutsngin hanya ke orang2 yg memang yakin pasti bayar karena belajar dari pengalaman, orang2 yang ga bertanggung jawab itu sangat banyak.

Untuk urusan utang rutin, iya ada pake kartu kredit, tapi bayar selalu tepat waktu dan tepat jumlah. Jadi aman. Plus bayar bukan karena ga ada uang tunai, tapi karena biar dapet poin tambahan, sementara tetep bulan depan bisa bayar penuh. Jadi buat ane kartu kredit itu hanyalah salah satu bentuk alat pembayaran yang lain. Digunakan tentu saja karena memang sanggup bayar utangnya. Penggunaan lain kartu kredit yang ane lakukan untuk modal usaha. Pas ada promo cicilan 0% untuk usaha ane buuh beli bahan, nah pake kartu kredit. Point nambah, ga kena bunga, usaha hitung2 dimodalin bank dulu. Plus untuk beli sesuatu yang memang tidak bisa tunai, ya sangat membantu kartu kredit.

Dulu seorang pemuka agama yang ane tau pernah bilang gini. Utang itu tidak boleh kalau sifatnya konsumtif dan di luar kemampuan. Boleh utang kalau untuk alasan produktif (untuk usaha) dan diperhitungkan dengan cermat (bayar tepat waktu, tidak melebihi kemampuan), termasuk untuk memudahkan pembayaran. Misal bayar sekian juta, kalau bawa uang tunai kan repot sekali.
Ane ngutang motor gan.. Gimana ya, soalnya butuh buat kerja 😂 kalo ga ngutang gabisa beli cash
Quote:


kalem gan, pelit sama hemat itu beda. wkwkwk
Quote:


iya sis, syukurlah kalau begitu.

Tapi kalau ane sndiri, lebih pilih kartu debit sih 😊
Agar menghindari hal hal yang tak diinginkan

emoticon-Cendol Gan
Quote:


semoga rezeki agan semakin dilancarkan dan cepet melunasi motor agan ya emoticon-Shakehand2
Quote:


aminn
Quote:


Ngutang ya, gw ngutang kalau pas selesai makan baru nyadar kalau gak bawa duit emoticon-Wakaka

Tapi biasanya gw lunasin cepat2 soalnya beban sih emoticon-Hammer2
Quote:


ente samaan kaya ane.

hahahaha.
begitu beres makan, ternyata duitnya kurang. Alhasil temen ane suka nalangin emoticon-Wakaka
saya pernah hutang ke bank, kredit rumah.
kalau menurut saya utk benda2 yang level inflasi dan up value nya tinggi, berhutang/kredit masih bisa dimaklumi
Quote:


Ya saling timbal baliklah kadang gw ngasih utang emoticon-Hammer2

Dan gw juga pernah minta dibayarin karena pas bayar gak ada uang pass emoticon-Hammer2

Yang payah masalah ngutang kalau jangka waktu pembayarannya lama (jadi agak males ngasih utang) emoticon-DP
Ane sering ngutangin temen dan ujung-ujungnya ga dibayar, yang ngeselin itu udah ga bayar dan
malah ngejauhin malah kayak ane yang salah emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di