Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kopibangalayAvatar border
TS
kopibangalay
4 BUKU YANG HARUS DIBACA PENIKMAT KOPI


Mereka bilang buku adalah jendela dunia. Dan untuk penikmat kopi yang ingin menggali dunia kopi lebih dalam sudah tentu harus membaca buku tentang kopi berikut ini.

Kopi adalah pengetahuan. Tak sekedar biji yang diproses menjadi minuman nikmat, tetapi juga bagian dari seni dan sains yang tak habis dieksplorasi. Keingintahuan penikmatnya tentang kopi menjadikan pencarian dan eksperimen tentang kopi tak pernah berhenti sampai di sini. Beberapa orang-orang yang serius dan mendalami kopi secara maksimal menulis buku mengenai kopi yang kelak menjadi referensi untuk penikmat kopi lainnya. Nah, buku-buku inilah yang layak kamu baca dan jadikan panutan agar pengetahuan kopimu terus bertambah. Mau tahu buku-buku apa sajakah itu? Berikut kami paparkan beberapa buku-buku rekomendasi kami.

The World Atlas of Coffee: From Beans to Brewing

Buku yang ditulis oleh James Hoffman ini adalah salah satu buku paling lengkap mengupas tuntas tentang kopi mulai dari biji hingga proses penyeduhannya. James Hoffman yang juga co-founder dari London’s Square Mile Coffee Roasters. Selain itu, James Hoffman juga menulis di blog pribadinya yang cukup popular di kalangan penikmat kopi, jimseven.com. Saat membuat buku ini, James Hoffman berkeinginan agar kopi lebih bisa dinikmati. Menurutnya kopi tak harus ekslusif dan misterius. Seperti atlas terbaik yang dimiliki seseorang saat melakukan perjalanan, buku ini juga menjelma panduan agar penikmat kopi lebih mudah menuju ritual dan kenikmatan kopi yang bisa dinikmati secara personal.

Uncommon Grounds

Pernahkah kamu berpikir bagaimana secangkir kopi memengaruhi kebijakan luar negeri? Jika tidak, maka buku karya Mark Pendergrast akan menjelaskannya kepada kamu. Buku ini tak hanya tentang kenikmatan secangkir kopi, tetapi tetang sejarah, ekonomi, antropologi dan seluk beluk kopi yang ada di antaranya. Jika kamu bertanya kepada ahli kopi di luar sana tentang buku kopi apa yang harus kamu miliki, mungkin mereka akan merekomendasikan Uncommon Grounds ini sebagai referensi. Buku ini memberikan pengertian mulai dari sejarah hingga ke detail-detail yang tak sederhana terhadap minuman favoritmu ini.

The Blue Bottle Craft of Coffee

Buku ini bisa disebut juga ensiklopedia tentang dunia kopi. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kopi, semuanya mampu terjawab dengan jelas di dalam buku ini. Tak hanya berisi seputar pengetahuan tentang kopi, buku yang ditulis oleh James Freeman, Caitlin Freeman, dan Tara Duggan ini juga dilenkapi resep menu kopi yang popular dan biasanya disajikan di Blue Bottle Coffee Shop. Intinya, buku ini adalah apa yang dibutuhkan untuk mereka yang membutuhkan segala jawaban tentang dunia ‘perkopian’.

Everything But Espresso


Jika kamu adalah coffee geek yang ingin mengetahui seluk beluk tentang kopi, maka buku karangan Scott Rao ini memang dibuat untuk kamu. Seperti terindekasi dari judulnya, buku ini fokus terhadap segalanya tentang kopi. Buku ini juga mengajarkan bagaimana para profesional meracik kopi mereka. Mulai dari menyeduh kopi yang tak hanya tentang art, tetapi juga tentang science yang menjelaskan detail-detail ajaib. Buku ini memaparkan ukuran, rasio dan hal-hal kecil bagaimana menghasilkan kopi yang nikmat. Oh iya, buku ini juga menjelaskan tentang water chemistry dan kopi nikmat yang melibatkan konsistensi.
tata604
tata604 memberi reputasi
1
10.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan