Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nastak.asuAvatar border
TS
nastak.asu
Kongres Ekonomi Umat Islam MUI Hasilkan Deklarasi Kebangkitan Ekonomi Umat

Sujanews.com —   Kongres Ekonomi Umat Islam Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta, ditutup oleh Wakil Presiden RI H.M. Jusuf Kalla dan menghasilkan beberapa rekomendasi.

Dalam kongres tersebut, Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, M. Azrul Tanjung, M. Si menyampaikan komitmen dan deklarasi dalam rangka kebangkitan ekonomi umat. Pertama, menegaskan sistem perekonomian nasional yang adil, merata, dan mandiri dalam mengatasi kesenjangan ekonomi.

Kedua, mempercepat redistribusi dan optimalisasi sumberdaya alam secara arif dan keberlanjutan. Ketiga, memperkuat sumberdaya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan IPTEK, inovasi, dan kewirausahaan.

Keempat, menggerakkan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi pelaku usaha utama perekonomian nasional. Kelima, yaitu Mewujudkan mitra sejajar Usaha Besar dengan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam sistem produksi dan pasar terintegrasi.

Kelima, pengarusutamaan ekonomi syariah dalam perekonomian nasional, tetap dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Point keenam, yaitu membentuk Komite Nasional Ekonomi Umat untuk mengawal Arus Baru Perekonomian Indonesia.

Kajian dan Rekomendasi

Selain melahirkan Deklarasi, Kongres ini memiliki sasaran kajian dan rekomendasi aksi ekonomi umat. Rekomendasi pertama, adalah pembagian tugas dalam menghimpun pusat data dan kajian pemberdayaan ekonomi umat.

Rekomendasi kedua adalah distribusi dan kerjasama dalam berbagai kajian pemberdayaan ekonomi umat yang dikaitkan dengan isu-isu perkembangan lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal, nasional, maupun global.

Rekomendasi ketiga adalah tersusunnya rekomendasi langkah aksi ekonomi umat yang dapat dilaksanakan secara sinergis sebagai upaya nyata pemberdayaan ekonomi umat.

Rekomendasi keempat adalah menyepakati penerbitan jurnal/majalah/media online pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. Rekomendasi kelima, adalah pemberian apresiasi bagi pelaku usaha muslim teladan secara berkala versi majalah/media online pemberdayaan ekonomi umat.

Sedangkan beberapa langkah aksi kajian dan rekomendasi aksi ekonomi umat, antara lain: (1) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan perlunya pemerintah menciptakan dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkeadilan dengan penekanan pada pemerataan ekonomi;

(2) Guna terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan, diperlukan konsep Rancangan Undang-undang Sistem Perkonomian Nasional dalam kerangka membangun ekonomi umat.

Pada akhirnya, Kongres Ekonomi Umat ini ingin mengajak seluruh Umat Islam di Indonesia, agar membangun niat luhur bersama pada tahun 2017, sebagai Tahun Kebangkitan Ekonomi Umat.   [Sujanews.com]

http://www.sujanews.com/2017/04/kong...ilkan.html?m=1

Mantap, emoticon-Smilie


Kebangkitan di depan kami emoticon-Smilie
Diubah oleh nastak.asu 26-04-2017 16:33
0
929
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan