Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dara999Avatar border
TS
dara999
Mayoritas Warga Miskin Jakarta Memilih Anies-Sandiaga


Dalam hasil exit poll yang dirilis lembaga-lembaga survei beberapa jam setelah pencoblosan, pasangan Anies-Sandiaga mencatat kemenangan yang signifikan pada kelompok-kelompok masyarakat yang dibagi berdasarkan sejumlah kategori.

Berdasarkan exit poll Indikator Politik Indonesia, 52% pemilih berpenghasilan di bawah Rp2 juta memilih pasangan nomor 3. Pada kelompok pendapatan ini, Ahok-Djarot hanya menyisir 35% suara.

Sementara itu 47% dari populasi berpendapatan Rp2-4 juta memilih Anies-Sandi, dan 38% lainnya memilih Ahok-Djarot. Pasangan nomor 2 menang di kelompok berpenghasilan di atas Rp4juta (46%). Adapun 40% kelompok ini mencoblos Anies-Sandi. Selisihnya hanya 6%.

Menurut rilis dari lembaga yang sama, pasangan Ahok-Djarot keok di seluruh kelompok jenjang pendidikan, kecuali pada kelompok masyarakat berpendidikan universitas—itu pun dengan selisih yang sangat tipis (3%) dari yang memilih Anies-Sandi.

Mayoritas lulusan setingkat SMP (55%) memilih paslon 3 (55%), sementara hanya 32% dari golongan ini yang memilih paslon 2. Selisih dua digit juga tampak dari kelompok berpendidikan setingkat SD atau di bawahnya (47% untuk Ahok-Djarot, 36% untuk Anies-Sandi).

Pada hasil exit poll PolMark Indonesia, yang dipimpin oleh Eep Saefulloh Fatah yang disewa jasanya buat tim sukses Anies-Sandiaga, 57,9% penduduk Jakarta berpendapatan antara Rp1 juta - Rp3 juta memilih paslon 3. Di kalangan berpenghasilan di bawah Rp 1 juta dan antara Rp3 juta - Rp 6 juta bahkan sampai 60% memilih Anies-Sandiaga. Ketiga kategori ini ialah pemilih mayoritas. Mereka adalah kelas menengah ke bawah. Mereka memenangkan paslon 3.

Suara untuk Ahok-Djarot, sebaliknya, di kalangan orang berpendapatan cukup tinggi, antara Rp10 juta - Rp20 juta, yakni 62,5%. Mereka mewakili segelintir pemilih di Jakarta.

Di lembaga survei yang sama, pemilih berdasarkan tingkat pendidikan, dari jenjang sekolah dasar hingga sarjana, disapu oleh Anies-Sandiaga. Suara terbesar pada pendidikan SMA, yakni 61,5 persen, memilih paslon 3.

Sumber

Tidak bisa dipungkiri memang isu-isu agama paling efektif dimainkan pada masyarakat golongan bawah karena mereka memiliki tingkat rasionalitas yang lebih rendah.

Semoga Pak Anies Sandi bisa mewujudkan janji-janjinya kepada 57% warga DKI yg memilih mereka, kami yang 42% memantau dan mengkritisi progam2 beliau nantinya yang tidak pro rakyat...

emoticon-Ngacir
0
1.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan