monadzlindermanAvatar border
TS
monadzlinderman
Biaya 50 juta untuk asuransi seharga 500 ribu
Ini produk asuransi/investasi yang paling menjijikkan yang kita pernah temui.

Semua pernyataan ini bukan tuduhan. Anda bisa verifikasi sendiri dengan menanyakan pengacara pengacara dan agen agen asuransi lain. Yang terutama, anda bisa verifikasi dengan menanyakan perusahaaanya langsung. Coba jawaban resmi, publik, dan tertulis mereka seperti apa. Ada tidak yang "salah" dari semua pernyataan ini. Ini semua konklusi wajar dari informasi yang bisa diperiksa secara publik.

Banyak orang bilang ini penipuan. Banyak lagi bilang ini masih dalam batas batas "pintar pintarnya jualan". Justru karena ini belum tentu dianggap penipuan oleh pengadilan perusahaan yang punya produk seperti ini amat berbahaya sekali. Sebaiknya anda pastikan mereka bisa memberi penjelasan yang jujur jelas dan benar sekali untuk membantah analisa ini. Kalau tidak jauhi dan sebar kesebanyak mungkin customer lain supaya tidak salah beli juga.

Bayangkan anda ditawari investasi. Anda mau taruh 1m. Agennya bilang semua investasi. Anda baca kontrak puluhan halaman dan tidak menemukan apapun yang mencurigakan. Anda pikir ini perusahaan cukup besar tidak mungkin terlalu aneh. Anda taruh 1m. Sesudah 1 tahun anda tahu kalau 1m itu tidak diinvestasikan tapi hilang untuk biaya.

Di banyak perusahaan asuransi besar, hal seperti ini bisa amat terjadi. Dan ini buktinya.



Produknya simple sekali. Asuransinya simple. Tidak mungkin bisa "salah paham" karena terlalu sederhana.

Ini tanggungan 250 juta setahun. Kalau dibeli terpisah di perusahaan lain harganya 500 ribu setahun.

Tapi di tahun pertama saja ada biaya 50 juta. Kalau terus ada biaya lebih besar lagi sampai 120 juta dalam 5 tahun pertama.

Yang membuat produk ini bahaya adalah produk ini seperti taik dilapis coklat. Customer kira coklat makan. Padahal taik.

Jadi agen agen avrist memasarkan produk ini seolah olah ini investasi murni. Mereka bilang ini semua investasi. Bahkan customer service mereka sekalipun claim kalau ini semua investasi. Hebatnya lagi, kalau dilihat sekilas memang terlihat seperti seolah olah investasi biasa. Tuh lihat gambarnya. Terlihat seperti memang 100% diinvestasikan kan?

Okay, yang ini mungkin salah. Salah denger, salah nguping, salah apa lah. Anda tanyakan saja perusahaanya langsung. Betul tidak semua investasi. Yang diinvestasikan berapa persen.

Biaya itu ditulisnya dimana susah ditemukan. Beberapa orang sudah bilang kalau agen tidak bilang customer tidak akan tahu.

Agen agen mereka tidak bilang bilang ada biaya besar. Kalau customernya sampai tahu ya tidak beli. Agen mereka bilangnya semua investasi. Laporan lain bilang kalau agen mereka akan bilang dulu ada biaya besar mungkin dengan harapan kalau customernya cukup bodoh untuk beli. Kalau customernya bilang tidak, agen akan berpura pura membetulkan polis, memberi polis yang sama atau lebih tolol, lalu bilang semua investasi.

Majoritas customer kan tidak menyangka manfaat kecil biaya bisa besar. Siapa sih yang menyangka perusahaan besar jualan barang seharga 500 ribu dengan harga 50 juta? Kalo customer lain tahu bagaimana? Dan biaya sebesar itu, beberapa orang sudah bilang, customer sering kali tidak tahu sebelum beli.

Produk ini bisa laku karena banyak customer susah mendapatkan info sederhana sebelum beli.

Jangankan sebelum beli. Sampai sekarang saja, seluruh perusahaan kalau ditanya ini "investasinya berapa persen?" "ditulisnya dimana?" "Customer harus taunya dari mana?" "Ada biaya 50 juta-120 juta itu customernya dapat apa?" "total biaya berapa?" tidak ada jawaban. Seluruh perusahaan tidak transparan.

Perusahaannya tau agen agen mereka claim semua investasi dan sering tidak bilang bilang ada biaya besar. Jadi sengaja tidak response untuk membela agen agen mereka. Memang avrist jualannya gitu. Beberapa orang sudah bilang begitu.

Anda bisa tanya sendiri ke perusahaanya langsung. Terakhir kali mereka bilang "akan di forward ke department terkait". Ya sampai sekarang tidak ada jawaban jelas sih. Tolong tanya sendiri jadi ada saksi. Kalau ada wartawan bagus.

Padahal majoritas uang (atau mungkin seluruhnya) hilang untuk biaya dan tidak diinvestasikan dalam arti apapun.

Biaya itu tidak ditulis explicit di kontrak dan susah ditemukan. Beberapa orang sudah bilang kalau agen tidak bilang ya customernya tidak tahu.

Anda bisa lihat https://www.kaskus.co.id/thread/589a...edanya-dahsyat perbandingan polis di avrist ini dengan polis polis perusahaan lain yang manfaatnya sama. Nilai tunai tahun pertama sudah beda 50 juta. Kalau lanjut bedanya bukan makin kecil tapi makin besar. Ada yang menghitung selisihnya dalam 20 tahun lebih dari Jadi beli polis ini rugi baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Ini meskipun banyak agen mereka bilang "jangka panjang untung". Beberapa orang minta penjelasan ini untung dalam arti apa tidak dijawab oleh SELURUH agen seluruh perusahaan. Orang jelas jelas kita bisa lihat, baik jangka pendek dan jangka panjang, selisih nilai tunai jauh lebih besar.

Anda bisa simulasikan sendiri dengan excel ini jangka panjang bedanya berapa antara beli asuransi dan investasi terpisah dengan beli produk ini. Kalau beli asuransi terpisah kan biaya 500 ribu setahun kalau bunga berbunga 19% dalam 20 tahun ya jadi 98%. Nah kalau anda beli produk ini, total biaya 3,5 milyar. Artinya kalau anda beli asuransi dan investasi terpisah, dan return investasi konstan 19%, dalam 20 tahun anak akan lebih untung 3,4 milyar. Ini untuk manfaat asuransi yang kalau beli terpisah future valuenya dalam 20 tahun hanya 98 juta.

Avrist mengclaim kalau fungsi agen mereka adalah "menjelaskan polis". Yang seperti ini dijelaskan tidak? Ada customer avrist lain? Kita dengar malah agen agen avrist ngotot kalau ini "jangka panjang untung". Padahal relative dari beli asuransi dan investasi terpisah, jangka panjang malah relative rugi 3.4 milyar kok.

Tidak usah percaya kami. Tanyakan saja perusahaannya betul tidak. Siapa tau ini semua hanya "salah paham"

Jadi banyak perusahaan asuransi, seperti avrist, mengijinkan agen agen mereka untuk membuat biaya tinggi sekali meskipun manfaatnya kecil. Agen agen mereka tinggal membuat biaya tinggi sekali lalu mengclaim "semua investasi". Customer susah menverifikasi itu kalau dari membaca kontrak dan kemungkinan besar sekali terlewat. Lalu uang nasabah hilang untuk biaya yang besar dan tidak wajar.

Makanya sebelum beli asuransi campur investasi, post dulu polis nya di kaskus, biar banyak orang bantu periksa.

Tapi itu pun bukan jaminan. Karena angka di simulasi bisa salah. Dan perusahaan asuransi menulis kalau hasil simulasi tidak bisa dijadikan bukti di pengadilan.

Anda juga bisa menghindari ini dengan membeli asuransi dan investasi terpisah. Majoritas perusahaan asuransi cukup tahu kalau beli asuransi terpisah biaya jadi jelas. Jadi harga asuransi, kalau tidak campur investasi, biasanya cukup standard.

Soalnya itu memaksa perusahaan asuransi untuk bersaing harga. Jadi mereka terpaksa jual murah. Barusan teman saya pindah asuransi karena asuransi lain diskon 10%. Normalnya selisih 10% saja customer pindah. Dan itu memang seharusnya begitu.

Tapi kalau campur investasi, customer sering kali susah analisa penuh makanya banyak biaya siluman bisa diselipkan. Dan ini contoh yang fatal sekali.
Diubah oleh monadzlinderman 15-04-2017 18:10
tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan