soldierjakartaAvatar border
TS
soldierjakarta
Bos BCA Komentar Soal Rumah DP 0 Rupiah
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih versi hitung cepat, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dalam masa kampanyenya memperkenalkan program pembiayaan perumahan tanpa uang muka alias DP Nol Rupiah.

Program ini sendiri diharapkan bisa jadi solusi bagi warga yang selama ini tak mampu membeli kebutuhan papan tersebut.

Lantas, bisakah perbankan melakukan pembiayaan DP 0 rupiah untuk membantu program tersebut?

Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, mengungkapkan program DP 0 rupiah bisa saja dilakukan perbankan. Namun untuk saat ini hal tersebut tak bisa dilakukan lantaran terbentur aturan dari Bank Indonesia (BI).

"Kita tunggu saja lah kalau memang (bank) yang lain ya kita ikut, Yang penting kan harus ada ketentuannya BI dan OJK yang support, kita kan bisa masuk kalau memang sesuai aturan perbankan," kata Jahja ditemui di Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Seperti diketahui, aturan Loan to Value (LTV) KPR perumahan yang ada saat ini mewajibkan DP bagi rumah tapak pertama dan rusun sebesar 15%, dengan catatan luas di atas 70 meter persegi. Sementara untuk rusun dengan luas 21-70 meter persegi DP minimum ditetapkan 10%.

"Memang aturan perbankan memungkinkan ya kenapa tidak. Yang penting ada aturannya, kan yang sekarang tidak mungkin karena belum ada aturan yang berlaku. Aturannya saja belum," tandas Jahja.

https://m.detik.com/finance/properti/d-3479974/bos-bca-komentar-soal-rumah-dp-0-rupiah

Memiliki rumah di jakarta merupakan harapan jutaan warga DKI jakarta yang masih ngontrak seperti ane. Jika program ini mampu dan benar benar bisa di wujudkan maka ini merupakan terobosan baru yang pastinya akan di kopi wilayah lain nya. Bila pada akhir 2018 program ini paling tidak sudah memperlihatkan keberhasilan 10-20% saja, maka kandidat capres terkuat di 2019 adalah anies berpasangan dengan wapres HT .

Keberhasilan program bila di dukung dengan media pemberitaan akan lebih wah. Ga seperti sekarang ini yang dilakukan pemerintah selalu saja yang di sorot sisi negatifnya saja. Jadi kurang bagus opininya. Namun bila program tsb hanya isapan jempol belaka maka jutaan orang siaplah kecewa. 2018 merupakan 1 tahun yang penuh sorotan untuk perhelatan politik di 2019.
emoticon-Toast
Apapun pilihan kita kita tetap saudara - salam dua jari damai dan kebersamaan serta persaudaraan tetap dihati
0
18K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan