Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kakaknya.ahokAvatar border
TS
kakaknya.ahok
buzzer ahok kewalahan tangkal isu........
tirto.id - Dian Paramita sesenggukan di kamarnya. Pandangannya tidak lepas dari layar iPhone yang memutar video pidato kekalahan Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Tangisnya mereda sebentar setelah video usai, lalu kembali mendera ketika membaca berita kekalahan sang jagoan di Pilkada DKI Jakarta. Dalam hasil cepat lembaga-lembaga survei, Ahok terpaut jauh dengan pesaingnya, Anies Baswedan, selisihnya di atas 5 persen.

“Kemarin itu itu langit gelap, hujan deras, sendiri juga di apartemen, jadi perpaduan yang pas, menangislah aku semalaman,” kata Paramita kepada saya, Kamis lalu.

Mimit, sapaan Dian Paramita, adalah pendukung Ahok yang punya pengaruh di media sosial. Dalam Pilkada yang berjalan selama enam bulan terakhir, ia kerapkali mengampanyekan hasil kerja Ahok di Jakarta. Ia pernah seharian mengikuti kegiatan Ahok dan menulis pengalaman itu di blognya. Tak lupa diselipi swafoto makan bareng Ahok.

Aktivitas Mimit mengampanyekan Ahok di media sosial bermula dari pertemuan pertama mereka dalam satu jamuan makan malam di kediaman Ahok, Maret 2016. “Pertemuan itu hanya ngobrol saja, Pak Ahok tidak minta didukung. Ini kesadaran saya sendiri mendukung, karena saya tahu Pak Ahok itu orang baik, yang lebih memilih bekerja sebagai cara kampanye."

Sejak itu, ia mulai rajin melawan balik isu-isu tak sedap tentang Ahok yang muncul di media sosial. Mimit pun harus mempelajari soal penggusuran, reklamasi, hingga penistaan agama, lalu menyiapkan serangan balik di media sosial.

Hal macam ini tidak hanya dilakukan oleh Mimit. Ada banyak influencer yang juga melakukannya. Namun mereka, termasuk Mimit, menolak disebut buzzer, meski sejatinya mereka melakukan kerja-kerja buzzer.

“Kalau buzzer itu dibayar, kami itu sukarela,” kata Mimit yang punya akun Twitter @dianparamita (34,1 ribu pengikut per 21 April).

Joko Anwar, sutradara film yang juga punya pengaruh di media sosial, turut bergerak sebagaimana Mimit. Lewat akun twitternya @jokoanwar (1,29 juta pengikut per 21 April), ia sering mempromosikan Ahok sebagai calon gubernur DKI Jakarta yang ia bilang sudah terbukti bekerja nyata.

Contohnya, pada 16 April lalu, ia mencuit: “Udah terdaftar buat nyoblos? Cek yok sekarang, temen-temen. Biar bisa nyoblos Ahok Djarot. Pertahankan keberagaman.”

Pada 18 April, Joko Anwar mengajak warga Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya. “Asaaall kita semua ke TPS. Amiinn... #BesokGueAhok”

Joko juga kerap meretwit informasi dari akun-akun pendukung Ahok lain seperti Teman Ahok dan media center Ahok-Djarot. “Itu cara yang secara pribadi bisa saya lakukan di tengah kesibukan pekerjaan saya,” kata Joko kepada saya.

https://tirto.id/buzzer-ahok-kewalahan-hadapi-isu-039al-maidah039-cncl
@========@

Semoga mimit ga sampe gila karena terguncyang

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
2.1K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan