Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tumtumiAvatar border
TS
tumtumi
Medan Terpanas Perebutan Suara Ahok vs Anies di Ronde 2
Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil jajak pendapat atas elektabilitas dua pasang kandidat gubernur dan wakil gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjelang pemilihan putaran kedua pada 19 April 2017. Hasilnya, elektabilitas kedua pasang kandidat berbeda tipis. Umumnya menempatkan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno lebih unggul dibandingkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat.

Jika mengacu pada Pilkada putaran pertama, Ahok-Djarot sulit ditandangi oleh Anies-Sandi pada 51 kelurahan. Pada wilayah ini, Ahok telah memperoleh lebih dari 50 persen suara. Wilayah ini umumnya merupakan kawasan dengan beragam agama, beberapa kawasan elit dan tidak padat penduduk. Sedangkan, Anies sulit dikalahkan di 20 kelurahan lantaran sudah memperoleh lebih dari 50 persen suara dan umumnya merupakan kawasan yang menjadi basis agama Islam.

Di luar 71 kelurahan tersebut, persaingan kedua pasangan akan cukup ketat karena suara masing-masing pada putaran pertama masih di bawah 50 persen. Pada putaran kedua, perebutan suara diperkirakan akan semakin panas pada daerah-daerah dengan sejumlah indikator berikut. Pertama, perolehan suara masing-masing belum mencapai 50 persen suara. Kedua, selisih suara kedua pasangan calon tidak lebih dari 10 persen. Ketiga, jumlah suara di kelurahan tersebut melebihi suara rata-rata di kelurahan Jakarta. Artinya, kelurahan ini akan menjadi penyumbang suara cukup besar bagi masing-masing calon. (Adu Program Ahok vs Anies)

Dari sejumlah indikator tersebut, terdapat 76 kelurahan yang memenuhi semua indikator dan tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Sebagian besar dari wilayah ini merupakan kelurahan dengan populasi warga muslim berkisar antara 83 – 91 persen. Kendati hanya sepertiga dari total 265 kelurahan di seluruh Jakarta, namun ke-76 kelurahan yang umumnya tergolong padat penduduk ini menyumbang 44 persen dari seluruh suara di Jakarta. Karena itu, wilayah ini akan menjadi medan terpanas yang akan diperebutkan oleh Ahok-Djarot melawan Anies-Sandi.

Kawasan Jakarta Timur merupakan wilayah dengan medan pertempuran paling panas. Ada 33 kelurahan yang diprediksi menjadi tempat bersaing ketat kedua calon di putaran kedua. Kelurahan tersebut tersebar pada 10 kecamatan yakni Cakung, Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramatjati, Makasar, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulogadung. Pada putaran pertama, perolehan suara rata-rata dari masing-masing pasangan calon adalah 41,36 persen untuk Anies dan 38,97 persen untuk Ahok dengan potensi suara pada wilayah ini mencapai 998 ribu.



Selengkapnya: http://databoks.katadata.co.id/datab...ies-di-ronde-2
0
2.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan