katakotaAvatar border
TS
katakota
PT Agro Bukit Tingkatkan Kualitas SDM Lokal
Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Agro Bukit Tingkatkan Kualitas SDM Lokal

Kekuatan sebuah perusahaan ada pada kapabilitas SDM yang mengabdi pada perusahaan tersebut. SDM atau Sumber Daya Manusia yang unggul dan terampil tentu sangat berperan bagi kemajuan perusahaan dari hari kehari. Kondisi ini berlaku universal dan untuk semua jenis perusahaan.

Termasuk juga perusahaan perkebunan sawit yang berlokasi di banyak pulau di Indonesia. Peningkatan kualitas SDM jadi kunci utama untuk bisa bersaing dan menghasilkan angka produksi tertinggi. Termasuk juga bagi PT Agro Bukit, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Kotawaringin, Kalimantan Selatan.

Beragam Pelatihan Serta Pendidikan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM Perusahaan PT Agro Bukit

Sebagai salah satu perusahaan dengan corak usaha yang spesifik. PT Agro Bukit tentu banyak menyerap tenaga kerja lokal untuk bekerja di perkebunan di bawah tata kelolanya. Untuk meningkatkan kapabilitas SDM yang bekerja di dalamnya PT Agro Bukit menjalankan beberapa hal serta pelatihan, diantaranya adalah:

• Zero Fire Management Training

Kebakaran hutan bisa saja terjadi di lokasi perkebunan. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang mengerti dan mampu memanajemen sumber-sumber api menjadi tolak ukur kesuksesan usaha bagi perusahaan perkebunan seperti PT Agro Bukit. Hal ini dijalankan dengan pelatihan tata kelola Zero Fire Management training. Ini diharapkan akan bisa memperkecil atau bahkan meniadakan terjadinya kebakaran di lingkungan perusahaan.

• Manajemen Konservasi Keanekaragaman Hayati

Karena bersinggungan langsung dengan kawasan hutan, tentunya berbagai keanekaragaman hayati flora dan fauna akrab dan bisa ditemui dalam kegiatan kerja sehari-hari. Untuk itu, sebagai bagian dari keperluan perusahaan untuk melakukan konservasi keanekaragaman hayati di sekitar lingkungan perusahaan, PT Agro Bukit menerapkan manajemen konservasi keanekaragaman hayati dalam sebuah pelatihan bagi SDM perusahaannya.

• Manajemen Tata Kelola Perusahaan Perkebunan Untuk Menghasilkan CPO Unggulan

CPO (Crude Palm Oil) adalah produk hilir bagi perkebunan kelapa sawit. Minyak kelapa sawit mentah atau CPO ini adalah produk yang secara langsung menjadi pemasukkan bagi perusahaan serta menjadi komoditas utama perusahaan. Untuk itu, bagi perusahaan seperti PT Agro Bukit, memberikan pelatihan tata kelola penyelanggaraan perkebunan kelapa sawit sebagai komoditas utamanya mutlak untuk dijalankan bagi SDM yang bekerja di perusahaan.

Dengan menjalankan pelatihan-pelatihan sebagaimana yang disebutkan diatas. Diharapkan SDM lokal yang bekerja di PT Agro Bukit akan bisa mengerti dan memahami bagaimana pentingnya melakukan manajemen kerja yang sesuai dengan sertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil). Dengan demikian maka operasional perusahaan akan semakin meningkat dan membawa keuntungan bagi semua.
Diketahui bersama bahwa pada hari ini Indonesia menjadi penghasil CPO terbesar dunia dengan angka sekitar 33 juta metrik ton. Angka ini tentu jauh diatas Malaysia dengan hasil sekitar 19,8 juta metrik ton sampai dengan kuartal keempat 2016. Ini tentu adalah sebuah prestasi.
Tetapi prestasi saja tidaklah cukup.

Menjaga keberlangsungan keseluruhan kerja perusahaan harus diterapkan secar berkesinambungan dan terukur. Hal ini juga berlaku bagi seluruh pekerja yang ada dibawah naungan perusahaan perkebunan sawit PT Agro Bukit.

Banyaknya pekerja lokal yang terlibat juga merupakan satu tanggung jawab perusahaan untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Yang mana kuncinya tetap melalui beragam pelatihan serta penyelengaraan tata kelola perkebunan sawit yang berkesinambungan dari waktu ke waktu. Cara ini dirasa akan bisa menjaga keberlangsungan perusahaan yang dalam banyak hal akan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar perusahaan secara langsung dan bertahap. (Gogo)



Diubah oleh katakota 16-04-2017 06:17
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan