Pemersatu dua daerah yang memiliki batasan seperti jurang, sungai, danau, dan pemisah lainnya atau kita biasa sebut jembatan merupakan sebuah infrastruktur yang sangat memberi manfaat besar bagi masyarakat sekitar. Karena kemudahan akses antar daerah yang didukung oleh jembatan memberikan ruang bagi para masyarakat untuk saling bertukar informasi, melakukan berbagai sistem sosial dan lain-lain.
Namun bagaimana ya jika kamu dihadapkan pada jembatan yang memilki keunikan bentuk bahkan bisa masuk kategori jembatan ekstrim? Ya jika memang jembatan tersebut menjadi akses satu-satunya mungkin memang mau tidak mau deh ya kamu coba lalui. Seperti 8 jembatan ekstrim ini nih, yang bakal bikin kamu berpikir ulang untuk melewatinya atau enggak. Penasaran? Yuk kita langsung lihat 8 jembatan ekstrim di berbagai belahan dunia ini.
Spoiler for Jembatan Tua Konitsa (Yunani):
Jembatan yang sudah berdiri berabad-abad ini membentang di sungai Aoos, Yunani. Daerah sungai tersebut memang selalu bermusim dingin, dan jika kamu perhatikan kembali foto jembatan tersebut, kamu akan melihat pada bagian atas jembatannya terdapat sebuah lonceng kecil. Para penduduk setempat mengatakan jika terjadi tiupan angin yang cukup kuat untuk membunyikan bell tersebut, maka merupakan hal sangat berbahaya untuk melalui jembatan tersebut. Wihh ngeri!
Spoiler for Royal Gorge Bridge:
The Royal Bridge merupakan salah satu destinasi incaran para turis yang berada di dekat Canon City, Colorado. Jembatan yang membentang diatas sungai Arkansas setinggi 291 meter ini menjadi jembatan tertinggi di dunia sejak tahun 1929 sampai tahun 2003. Dengan hadirnya jembatan di sungai Beipanjiang yang berada di Tiongkok. Jembatan sepanjang 384 meter serta memiliki kelebaran 5,5 meter ini di design dengan jalur pejalan yang terbuat dari kayu, yang terdiri dari 1292 lembar kayu.
Spoiler for Puente de Ojuela ( Mexico ):
Ojuela merupakan sebuah pemukiman pertambangan kecil yang berada di barat laut kota Durango, Meksiko Utara. Pemukiman ini sekarang dikenal sebagai kota hantu, akibat biji mineral yang diabaikan. Dan satu-satunya bangunan yang masih berfungsi adalah jembatan gantung yang oleh warga sekitar disebut ”Puente de Ojuela” . Jembatan ini di design oleh arsitektur terkemuka Roebling Brothers yang juga dikenal sebagai pen-design jembatan Brooklyn. Pada awal mula pembuatannya, jembatan ini masuk dalam posisi ketiga jembatan gantung terpanjang di dunia. Jembatan ini di rekonstruksi oleh perusahan swasta, dan hanya menyisakan satu lengkungan saja yang termasuk dipakai dari bagian aslinya.
Spoiler for The Carrick-a-Rede Rope Bridge (Ireland):
Carrick-a-Rede Rope Bridge merupakan jembatan gantung yang berada di dekat Ballintoy, County Antrim, Nothern Irelan. Jembatan ini menghubungkan kota dengan Pulau Carrick. Belakangan, jjembatan ini justru malah menjadi daya tarik para wisatawan yang bahkan mencapai 247 ribu pengunjung pada tahun 2009. Jika cuaca kurang baik, dan angin cukup kencang. Maka kamu akan mengalami pengalaman yang sangat mengerikan bagi kamu yang takut ketinggian, tapi justru menjadi pengalaman yang sangat ditunggu-tunggu bagi kamu yang hobi memacu adrenalin.
Spoiler for Inca Rope Bridge (Peru):
Inca Rope Bridges adalah salah satu jembatan gantung yang cukup sederhana yang dibuat membentang dari tebing satu ke tebing lainnya untuk menghubungkan kerajaan Inca terhadap lingkungan luar. Keberadaan jembatan gantung ini merupakan sebuah kebutuhan transportasi yang sangat membantu bagi siklus kehidupan kerajaan Inca, karena keberadaan kendaraan bermotor yang masih sangat terbatas saat itu.
Jembatan ini dibangun dengan serat alami yang dirajut super kuat menjadi tambang dan ditambah aksen kayu dan kabel pada bagian berpijaknya. Pada kedua sisi jembatan mengikat pada bebatuan di tebing menggunakan kabel yang cukup besar. Karena material jembatan yang menggunakan tambang, maka berat jembatan akan berpusat pada bagian tengah jembatan. Dan ini membuat jembatan akan berayun cukup kuat ketika cuaca berangin.
Spoiler for Jembatan gantung pulau Langkawi:
Jembatan ini membentang di atas pulau Langkawi, salah satu pulau terbesar di kawasan kepulauan Langkawi, Malaysia. Dengan ketinggian 687 meter diatas permukaan laut, jembatan ini menawarkan pemandangan yang menkajubkan dari laut Andaman dan pulau Tarutao, Thailand. Jembatan layang ini merupakan jembatan yang paling spektakuler dengan menyajikan sensasi memacu adrenalin. Karena penopang jembatan yang unik juga merupakan daya tarik yang kuat, dimana hanya terdapat 8 pilar kabel pemopang jembatan sepanjang kurang lebih 124 meter ini. Ditambah adanya area segitiga yang dibuat khusus untuk para pengunjung bisa lebih meluaskan pandangan mereka dan menikmati tawaran pemandangan yang menakjubkan.
Spoiler for Jembatan gantung Hussaini (Pakistan):
Dikenal sebagai jembatan paling berbahaya di dunia, jembatan ekstrim ini merupakan salah satu jembatan tambang yang cukup memprihatinkan yang ada di bagian utara negara Pakistan. Jembatan ini merupakan jalur perpindahan yang mereka gunakan untuk melintas dari daerah satu ke daerah lainnya, karena sebelum hadirnya jembatan ini, masyarakat setempat harus melakukan perjalanan panjang menaiki pegunungan, menyusuri hutan dan sunga dan itu tentu memakan waktu yang cukup banyak. Sudah cukup banyak bagian yang hilang dari jembatan ini, dan siap-siap digoyang bersama kabel penopang jembatan ini ketika cuaca berangin. Tetapi, jembatan ini termasuk jembatan yang aman untuk di lalui, bahkan telah menjadi salah satu tujuan wisata turis.
Spoiler for Jembatan Monyet, Vietnam:
Menurut berbagai penelitian, jembatan ekstrim yang berada di atas sungai Mekong, Vietnam ini merupakan hasil kerja tangan para penduduk lokal. Penamaan monyet sendiri datang dari bagaimana pose orang yang ingin melewati jembatan ini, karena mereka harus berjalan menunduk dan jongkok seperti monyet ketika menyebrang di jembatan ini.
Gimana nih menurut kamu 8 jembatan ekstrim di atas? Wajar deh ya kalau 8 jembatan di atas masuk dalam daftar jembatan ekstrim yang cukup berbahaya. Tetapi mungkin jika kamu memang hobi memacu adrenalin, melihat jembatan ini merupakan motivasi tersendiri ya untuk bisa langsung dan mencoba sensasi menyebrang disana. Ya gak??