phdinhatredAvatar border
TS
phdinhatred
Pria Berpeci dan Senjata Makan Tuan di Video Kampanye Ahok


Quote:


Quote:

emoticon-Traveller

Quote:

bodoh lu shia jg boleh tu haji!
mana ijma yg bilang shia kuffar kaya ahmadiyah!
sama najd tanduk satan dibolehin tu haji!
lu punya mindset disunited ummah





Pria Berpeci dan Senjata Makan Tuan di Video Kampanye Ahok

Jakarta, CNN Indonesia -- Video kampanye pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di media sosial akhir pekan lalu menuai kecaman. Maksud hati ingin mengedepankan kebhinekaan, pasangan nomor urut dua Pilkada Jakarta ini malah dituding menyinggung umat Islam.

Penyebabnya adalah penampilan sosok pria berpeci berlatar belakang spanduk dengan tulisan mengandung sentimen suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dalam adegan kerusuhan di video tersebut. Adegan itu muncul pada detik 9 hingga 11.

Tim Ahok-Djarot mengklaim tak berniat mengundang keributan melalui video kampanye berdurasi dua menit tersebut. Namun kecaman sudah kadung datang. Dunia maya pun hangat memperbincangkan.

Salah satu yang keberatan adalah Abdullah Gymnastiar. Tokoh agama yang biasa disapa Aa' Gym menyampaikan protes kerasnya melalui akun Twitter. Video itu dinilainya sangat menyudutkan umat Islam.

"Pak Ahok, saya protes keras video kampanye yang sangat menyudutkan umat Islam, ini fitnah yang sangat kotor dan keji," kicau Aa Gym dalam akun @aagym.

Sebelum protes dilayangkan, anggota tim pemenangan Ahok-Djarot bidang data dan informasi Eva Kusuma Sundari berkata bahwa video kampanye itu sengaja menampilkan dampak negatif dari penggunaan isu suku, agama, ras, dan antargolongan. Sebab, kata dia, sentimen SARA telah merusak warga selama Pilkada DKI berlangsung.
Eva menyebut penggunaan isu SARA berdampak pada munculnya upaya penghalangan warga untuk memilih.

"Pendukung paslon terima getahnya, diusir dari kontrakan dan diputus listriknya. Intinya, Badja (Basuki-Djarot) ingin mengembalikan bahwa identitas bangsa paripurna perlu dijaga, yaitu Sumpah Pemuda," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.
Sementara itu Peneliti politik dari Universitas Gadjah Mada Abdul Gaffar Karim berpendapat video kampaye itu sebenarnya ingin menunjukkan prestasi kerja petahana dalam menjaga keberagaman di Jakarta. Namun langkah itu menjadi blunder.

Mada menilai video itu tak mampu menyampaikan pesan yang diinginkan pasangan petahana tersebut. Justru, menurutnya, Ahok-Djarot bisa dianggap mengungkit luka lama warga Indonesia ihwal konflik horisontal.

"Itu bisa backfire pada Ahok karena orang bisa menuduh dia mengungkit luka lama," kata Gaffar kepada CNNIndonesia.com.
Kontroversi yang muncul akibat penayangan video itu menambah persoalan yang menjerat Ahok. Mada mengatakan, tumpukan masalah itu semakin sulit untuk diselesaikan.

Ahok juga disebut tak bisa lagi memanfaatkan keuntungan sebagai petahana. Sebab, menurut Mada, keuntungan itu hanya bisa dimanfaatkan oleh kepala daerah yang minim persoalan di wilayah kekuasaannya. Sementara Ahok bukan merupakan sosok kepala daerah yang minim persoalan.

"Incumbency advantage bisa didapat oleh petahana yang prestasinya (serta penerimaan sosialnya) cenderung undisputed. Dalam kasus Ahok dia sangat disputed, yang pro seimbang dengan yang kontra," kata pengajar Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM itu.
Setelah menuai pro dan kontra, video berjudul #BeragamItuBasukiDjarot itu hilang dari akun Twitter maupun Instagram Ahok, dan tim kampanye mulai Selasa (11/4).

Juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, Raja Juli Antoni, mengjelaskan hilangnya video kampanye terkait persoalan teknis. Nantinya tim pemenangan Ahok-Djarot akan memasang kembali video kampanye yang berdurasi 30 detik.

Masa pencoblosan yang hanya tersisa satu pekan, selayaknya membuat tim kampanye lebih berhati-hati, tak lagi membuat blunder yang menjadi senjata makan tuan. (sur/yul)
http://www.cnnindonesia.com/kursipan...-kampanye-ahok

Diubah oleh phdinhatred 12-04-2017 11:39
0
22K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan