- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
All About Turbocharger...Small Engine, Big Power!!


TS
hondamitragroup
All About Turbocharger...Small Engine, Big Power!!
Ada Power Ranger Turbo, Kacang Turbo, sampe sepeda motor merk Turbo.
Kadang lucu juga sih kl kasih embel2 begitu tapi agak ga nyambung.
Penggunaan kata Turbo memang identik dengan kecepatan dan tenaga yang dahsyat.

Hal itu ga salah sih, cuma masih banyak yang awam dengan apa itu sebenarnya Turbo.
Turbo atau istilah lengkapnya Turbocharger adalah alat penambah tenaga yang dimotori oleh sebuah turbin (baling-baling).
Turbin tersebut akan memompa udara dengan tekanan tinggi ke dalam ruang bakar mesin.
Hasilnya adalah efisiensi mesin meningkat dan tenaga yang dihasilkan juga bertambah.
Ingat prinsip fisika, bahwa udara bertekanan memiliki energi.
Sementara energi tidak dapat musnah, hanya dapat berpindah atau berubah bentuk.
Sehingga udara bertekanan yang dipompa turbocharge ke dalam mesin akan memberikan energi tambahan pada sistem pembakaran mesin.
Cara kerja turbocharger sebenarnya cukup sederhana, tidak serumit membuat roket.
Turbocharger tidak ada hubungannya sama charger hapS E N S O R.
Karena sistem ini tidak membutuhkan daya tambahan dari aki ataupun mesin.
Murni hanya memanfaatkan arus udara panas yang keluar dari mesin.
Disitulah plus minusnya:
+ Tidak mengambil daya mesin
+ Tidak mengambil daya aki
- Harus menunggu putaran mesin, supaya arus udara panas cukup kuat memutar turbin
- Ada jeda waktu saat menunggu (spooling)
Mobil dibawah ini adalah Plymouth Sport Fury GT keluaran tahun 1970.
Bermesin raksasa V8 7200cc, karburator 4 barrel, 375 HP
Ini adalah salah satu mobil kebanggaan warga Amerika sana.
Bandingkan dengan mobil jaman sekarang bertenaga turbocharger.
Honda NSX "hanya" dipersenjatai mesin 3500cc, twin turbo, menghasilkan tenaga 500 HP.
Dengan volume mesin hanya setengah dari muscle car di atas, NSX mampu menyemburkan tenaga jauh lebih besar.
Itu belum termasuk 73 HP tambahan dari motor listriknya.
Membuat NSX bisa melaju 0-100 KM/jam dalam 2,7 detik.
Sudah melewati batasan psikologis supercar 3 detik.
Saat ini kebanyakan turbocharger dipasang di mobil yang berkapasitas mesin kecil, 1000-1500cc.
Dengan bantuan turbocharger, mesin-mesin kecil ini mampu mengejar tenaga mesin yang 500-1000cc di atasnya.
Berikut ini beberapa mobil di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi turbocharger.
Rasanya perkembangan mesin turbo akan semakin marak di Indonesia.
Dalam beberapa bulan ini Honda akan meluncurkan lagi model baru bermesin turbo.
Kita tunggu saja tanggal mainnya...
Yang punya ilmu lainnya monggo bantu di komen ya...
See u next trit...
Kadang lucu juga sih kl kasih embel2 begitu tapi agak ga nyambung.
Penggunaan kata Turbo memang identik dengan kecepatan dan tenaga yang dahsyat.

Hal itu ga salah sih, cuma masih banyak yang awam dengan apa itu sebenarnya Turbo.
Turbo atau istilah lengkapnya Turbocharger adalah alat penambah tenaga yang dimotori oleh sebuah turbin (baling-baling).
Turbin tersebut akan memompa udara dengan tekanan tinggi ke dalam ruang bakar mesin.
Hasilnya adalah efisiensi mesin meningkat dan tenaga yang dihasilkan juga bertambah.
Ingat prinsip fisika, bahwa udara bertekanan memiliki energi.
Sementara energi tidak dapat musnah, hanya dapat berpindah atau berubah bentuk.
Sehingga udara bertekanan yang dipompa turbocharge ke dalam mesin akan memberikan energi tambahan pada sistem pembakaran mesin.
Cara kerja turbocharger sebenarnya cukup sederhana, tidak serumit membuat roket.
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Turbocharger tidak ada hubungannya sama charger hapS E N S O R.

Karena sistem ini tidak membutuhkan daya tambahan dari aki ataupun mesin.
Murni hanya memanfaatkan arus udara panas yang keluar dari mesin.
Disitulah plus minusnya:
+ Tidak mengambil daya mesin
+ Tidak mengambil daya aki
- Harus menunggu putaran mesin, supaya arus udara panas cukup kuat memutar turbin
- Ada jeda waktu saat menunggu (spooling)
Mobil dibawah ini adalah Plymouth Sport Fury GT keluaran tahun 1970.
Bermesin raksasa V8 7200cc, karburator 4 barrel, 375 HP
Ini adalah salah satu mobil kebanggaan warga Amerika sana.
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Bandingkan dengan mobil jaman sekarang bertenaga turbocharger.
Honda NSX "hanya" dipersenjatai mesin 3500cc, twin turbo, menghasilkan tenaga 500 HP.
Dengan volume mesin hanya setengah dari muscle car di atas, NSX mampu menyemburkan tenaga jauh lebih besar.
Itu belum termasuk 73 HP tambahan dari motor listriknya.
Membuat NSX bisa melaju 0-100 KM/jam dalam 2,7 detik.
Sudah melewati batasan psikologis supercar 3 detik.
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Saat ini kebanyakan turbocharger dipasang di mobil yang berkapasitas mesin kecil, 1000-1500cc.
Dengan bantuan turbocharger, mesin-mesin kecil ini mampu mengejar tenaga mesin yang 500-1000cc di atasnya.
Berikut ini beberapa mobil di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi turbocharger.
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Spoiler for Turbo:
Rasanya perkembangan mesin turbo akan semakin marak di Indonesia.
Dalam beberapa bulan ini Honda akan meluncurkan lagi model baru bermesin turbo.
Kita tunggu saja tanggal mainnya...
Yang punya ilmu lainnya monggo bantu di komen ya...
See u next trit...



Diubah oleh hondamitragroup 11-04-2017 10:40
0
14K
79


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan