Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

repictureAvatar border
TS
repicture
Lagi HOT Tentang Air Keras, Ini Dia Bahaya dan Manfaat Air Keras
Jagadraya Indonesia kembali dihebohkan dengan aksi orang tak dikenal yang menyiram Novel Baswedan dengan air keras, seperti yang kita ketahui gan kalauNovel Baswedan merupakan Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan yang lagi hangat jadi diobrolan banyak media online, Novel Baswedan disiram setelah sholat subuh berjamaah di masjid sekitar rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Nah, kali ini ane bakalan ngajakin agan untuk ngobrolin tentang air keras, kira-kira air keras tuh kayak gimana dan apa fungsi sebenarnya yah?

gambar dari blogspot.com

Apa Itu Air Keras?
Menurut sumber yang ane baca di mari, air keras merupakan larutan asam kuat yang cukup pekat. Bila air keras mengenai kulit, akan timbul nyeri hebat, bahkan kulit pun bakal mengalami luka bakar. Contoh air keras adalah asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Manfaat dan Bahaya Air Keras

Mungkin kasus Novel Baswedan bukanlah yang pertama, karena kita sering mendengar kabar tentang penggunaan air keras yang terkadang bikin celaka orang lain. Padahal air keras sendiri sebenarnya punya manfaat besar bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya, asam klorida yang selalu digunakan industri logam untuk menghilangkan karat, atau kerak besi baja. Sedangkan di laboratorium, asam klorida biasanya digunakan untuk mengukur kadar asam basa pada sebuah larutan. Begitupun dengan asam nitrat, larutan tersebut juga digunakan untuk proses pemurnian logam seperti platina seperti emas dan perak. Selain memiliki banyak manfaat, Air Keras juga berbahaya bagi manusia. Kalau kulit terkena kontak langsung dengan larutan tersebut, atau ketika menghirup uap air keras. Tersiram air keras ga hanya merusak bagian luar tubuh, tapi juga dapat merusak organ lain, misalnya saja pengelihatan, pendengaran, dan kemampuan berbicara dan lain sebagainya.
Semua jenis air keras kalau kulit bakal bikin luka bakar. bahkan seandainya agan menghirup air keras yang pekat juga bisa terkena kerusakan pada mata, usus dan juga pernapasan. Makanya orang-orang yang bekerja dan berhubungan dengan air keras diwajibkan untuk pakai pelindung tubuh agar tidak terkena kontak langsung dengan larutan tersebut.

Itulah manfaat dan bahaya air keras, semoga bisa bermanfaat dan tidak ada lagi penyalah gunaan air keras untuk mencelakakan orang lain.
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
sumber :
sumber sini
sumber sana

Diubah oleh repicture 11-04-2017 03:46
zharki
zharki memberi reputasi
1
3.3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan