hondamitragroupAvatar border
TS
hondamitragroup
Perjalanan Civic Hingga Generasi 10

Yang Agan lihat adalah Civic generasi ke 10, khususnya varian Type R.
Varian ini adalah segala-galanya bagi penggemaar Civic.
Dengan 2.0-liter i-VTEC® Turbocharged Engine, Civic Type R mampu memuntahkan tenaga 306 HP.
Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 Speed...akhirnyaaemoticon-Peluk
Spoiler for Civic:


Belum termasuk juga teknologi Adaptive Damper System (ADS) yang akan menyesuaikan kemampuan handling di jalan raya ataupun di track.
Penggunaan aerokit dan spoiler yang besar membantu downforce maksimal.
Velg lebar 20 inch makin menambah kegarangan tampilannya.

Tapi ternyata sebelum sampai seperti sekarang, Civic lahir bukan untuk menjadi mobil yang berorientasi balap.
Inilah cerita Civic dari generasi ke generasi.

Generasi 1
Civic pertama lahir tahu 1972, namun baru dipasarkan di Jepang pada tahun 1973.
Diluncurkan dengan format hatchback 3 atau 5 pintu.
Pilihan mesin cuma 1300cc, berpendingin air, dan sudah dilengkapi rem cakra di ban depan.
Spoiler for Civic 1:


Yang menjadi selling point utama adalah mesin dengan teknologi CVCC yang sangat irit BBM.
Pengunaan mesin CVCC ini juga memungkinkan Civic meminum bensin dengan atau tanpa timbal.
Apalagi pada saat itu terjadi krisis minyak yang membuat harga BBM melambung tinggi.
Spoiler for Civic 1:


Mesin CVCC juga tidak membutuhkan adanya catalytic converter.
Dengan berkurangnya converter, maka beban kendaraan menjadi semakin ringan.
Meskipun tanda converter, Civic masih bisa mencapai standar emisi hidrokarbon yang ditetapkan.
Spoiler for Civic 1:


Generasi 2
Civic hadir dengan pembaruan di beberapa sektor.
Mesin terdapat dua pilihan, 1300 (56 PS) dan 1500 cc (68 PS).
Transmisipun bertambah pilihannya, 4 Speed manual, 5 Speed manual, atau2 Speed semi otomatis.
Spoiler for Civic 2:


Honda menawarkan hatchback 3 dan 5 pintu, sedan 4 pintu, dan wagon 5 pintu.
Spoiler for Civic 2:

Spoiler for Civic 2:


Generasi 3
Civic generasi ke3 ini cukup populer di Indonesia.
Versi yang dikenal dengan nama Civic Wonder, tersedia dalam bentuk sedan:
Spoiler for Civic 3:

Spoiler for Civic 3:


Sedangkan versi hatchback seperti ini:
Spoiler for Civic 3:

Spoiler for Civic 3:


Di versi ini, Honda mulai melihat peluang memasarkan Civic yang lebih sport.
Muncullah versi dengan mesin D-Series 1500cc yang memiliki tenaga 130 PS.
Meskipun mesin tersebut hanya di pasarkan di Jepang (JDM), namun untuk pasar Amerika diberikan model khusus namanya CRX.
Spoiler for Civic 3:

Spoiler for Civic 3:


Pada tahun 1987 Honda mengembangkan sistem AWD (4 roda) yang bisa berubah secara otomatis.
Saat berkendara normal, maka hanya 2-WD yang berfungsi.
Namun saat roda depan kehilangan traksi, maka sistem AWD nya langsung tersambung otomatis.

Sedangkan untuk versi manual, disediakan pilihan gigi SL atau Super-Low.
Fungsinya untuk mendapatkan torsi yang lebih besar pada kecepatan rendah.


Generasi 4
Penyempurnaan Civic terjadi di bagian eksterior.
Body mobil kini terlihat lebih rendah, dengan garis kap mesin yang lebih rendah pula.
Spoiler for Civic 4:

Spoiler for Civic 4:


Honda memperkenalkan sistem suspensi independen di semua rodanya.
Untuk versi yang hatchback, kita mengenal dengan nama Civic Nouva yang sangat populer di kalangan anak muda.
Yang pake Civic Nouva langsung naik skala kegantengannya 10 level.emoticon-Malu
Spoiler for Civic 4:

Spoiler for Civic 4:


Varian CRX juga mengalami sedikit perubahan.
Spoiler for Civic 4:

Spoiler for Civic 4:


Generasi 5
Generasi ke 5 sering kita kenal dengan nama Civic Genio dan Civic Estilo
Estilo adalah buat yang versi hatchback
Spoiler for Civic 5:

Spoiler for Civic 5:


Sedangkan Genio lebih dikenal untuk yang versi sedan.
Spoiler for Civic 5:

Spoiler for Civic 5:


Lihat Genio yang hitam membuat kita teringat sama film Fast & Furios.
Ya memang Civic Genio itu sempat muncul di seri yang pertama.
Meskipun pada saat itu yang digunakan adalah versi EJ1, sedangkan yang banyak berseliweran di Indonesia versi EG.
Spoiler for Civic 5:

Spoiler for Civic 5:


Versi EJ1 yang di film menggunakan mesin dari Spoon B-Series B18 dengan Turbo T66 dan Nitrous.
Tenaganya...jangan ditanyalah...
Ga cocok buat yang berhati lemah...emoticon-Najis

Versi CRX nya juga mendapat upgrade, kali ini dinamakan CRX Del Sol.
Spoiler for Civic 5:

Spoiler for Civic 5:


Sedihnya ini adalah versi terakhir CRX, karena Honda tidak melanjutkan tradisi tersebut.
Akhirnya Honda baru membuat pembaharuan CRX dengan nama CRZ yang keluar di tahun 2010.
Bedanya CRZ ini berkonsep sport hybrid yang menggabungkan mobil sport kompak dengan kendaraan citycar sehari-hari.
Banyak yang menganggap konsep bagus ini memang susah di terapkan di kenyataan.
Spoiler for Civic 5:

Spoiler for Civic 5:


Generasi 6
Generasi berikutnya dikenal dengan nama Civic Ferio.
Perubahan yang dibawa tidak terlalu signifikan, kecuali gaya yang sekarang terlihat lebih anteng.
Beberapa setup suspensi dan mesin juga disediakan di Amerika dan Kanada.
Untuk yang masuk ke Indonesia hanya disediakan mesin 1600cc 4 silinder bertenaga 125 PS, pada saat itu sudah termasuk kencang.
Spoiler for Civic 6:

Spoiler for Civic 6:


Salah satu kelebihan Civic Ferio ini adalah suspensi yang menggunakan double wishbone baik depan maupun belakang.
Tentunya hal ini memberikan rasa pengendaraan yang lebih nyaman
Spoiler for Civic 6:


Generasi 7
Pada generasi ini suspensi double wishbone depan dihilangkanemoticon-Mewek
Diganti dengan model MacPherson Strut yang lebih murah dan ringkas.
Namun ada sisi positifnya, dengan suspensi depan yang lebih ringkas, maka Civic bisa mendapat mesin yang lebih besar.
Mesin K20 mulai dipasangkan di Civic generasi ke 7 ini.
Spoiler for Civic 7:

Spoiler for Civic 7:


Di beberapa tempat mendapatkan model yang agak berbeda
Spoiler for Civic 7:

Spoiler for Civic 7:


Tapi yang paling seru adalah munculnya Civic Type-R yang di desain ulang.
Menjadi hatchback 3 pintu dan dengan mesin i-VTEC yang bertenaga.
Civic generasi 7 Type R mengadopsi mesin dari Acura RSX bertenaga 160 PS.
Spoiler for Civic 7:

Spoiler for Civic 7:


Generasi 8
Nah sampai di Civic yang jadi favorit TS.
Civic generasi 8 ini guuuuantenggg banget...emoticon-2 Jempol
Modelnya itu sangat menawan, meskipun sudah keluar 12 tahun yang lalu, tapi masih keren sampai sekarang.
Lampu depannya seperti mata elang yang tajam.
Lampu belakang kalau nyala udah mirip kayak GTR.
Spoiler for Civic 8:

Spoiler for Civic 8:

Spoiler for Civic 8:

Spoiler for Civic 8:


Untuk mobil keluaran tahun 2005, desain interiornya sangat progresif sekali.
Dashboard multiplek, dengan speedometer digital membawa aura futuristik.
Spoiler for Civic 8:


Hadir dalam 2 pilihan mesin: 1800cc dan 2000cc.
Khusus untuk varian yang 2000cc membawa mesin K20 yang legendaris.
Tidak heran tenaganya sangat sensasional, secara standar saja bisa menyemburkan 160 PS.

Versi Type R nya hadir dalam desain eksterior yang berbeda.
Tetap berkonsep hatchback.
Spoiler for Civic 8:

Spoiler for Civic 8:


Generasi 9
Civic generasi 9 ini hadir ketika Honda menghadapi tantangan krisis keuangan global.
Hal itu membuat daya beli menurun dan pertimbangan harga serta perawatan kendaraan menjadi perhitungan utama.
Hasilnya Civic jadi "enggak" banget.
Bukan berarti jelek, tapi pembaruan yang dibawa tidak lagi mencerminkan karakter Civic yang sporty.

Bagian mesin masih sama.
Suspensi belakang mendapat pembaruan multilink yang lebih baik.
Dapat Vehicle Stability Assist, Electronic BrakeForce Distribution, dan Antilock Brake System.
Namun depan beberapa fitur yang malah minus, misalnya audio yg ga banget dan bahan interior yang terlalu plastik.
Spoiler for Civic 9:

Spoiler for Civic 9:


Oke ga usah berlama2 ya...generasi ini agak kurang semangat nulisnya...emoticon-Ngacir2

Generasi 10
Ini adalah versi terbaru dari Civic.
Di launching baru tahun 2016 kemarin.
Sampai saat ini menjadi top selling sedan, termasuk di Indonesia.
Heran ya katanya ekonomi lagi susah, tapi yang beli Civic generasi 10 banyak aja tuh...cash pulaemoticon-Hammer2

Tapi Civic ini worth banget dibeli sih.
Seandainya Agan punya duit setengah milyar, jangan beli mobil lain sebelum test drive Civic ini.
Spoiler for Civic 10:

Spoiler for Civic 10:

Spoiler for Civic 10:

Spoiler for Civic 10:


Peningkatan tidak hanya dibagian desain eksterior dan interior.
Yang menjadi selling point utama adalah mesin 1500cc VTEC Turbo yang mampu memberikan tenaga 173 PS.
Sungguh tenaga yang mengerikan buat mesin 1500cc.
Dengan tenaga seperti itu, Civic melesat 0-100 KM/jam dalam 9 detik....emoticon-2 Jempol

Konon katanya Civic ini adalah yang paling senyap dibanding generasi2 sebelumnya.
Civic yang paling berasa mobil Eropa katanya...well memang Civic generasi 10 ini didesain di Amerika sih.
TS sendiri pernah test drive mobil ini di track, memang tarikan akselerasinya gokil.
Meskipun pakai transmisi CVT yang katanya lemot, buktinya 0-100 KM/jam dalam 9 detik tuh.
Memang berasa smooth tarikannya, tapi tiba2 lihat speedometer kok udah segitu aja kecepatannya.

Masih kurang?
Nih Civic generasi 10 Type R yang baru saja rilis.
Spoiler for Civic 10:

Spoiler for Civic 10:

Spoiler for Civic 10:


Bertenaga 306 PS dari mesin 2000cc Turbocharger.
Tunggu aja sampai datang ke Indonesia.
Ini mobil sedan rasa supercar.

See u next trit...emoticon-Toastemoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-2 Jempol
Diubah oleh hondamitragroup 10-04-2017 09:42
0
7.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan