mtx98Avatar border
TS
mtx98
Jakarta-Cikupa Lewat Tol Cuma Sekali Bayar, Jauh Dekat Rp 7.000


Jakarta - Sistem pembayaran di ruas tol Jakarta-Tangerang (segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat) yang dioperatori oleh Jasa Marga dan tol Tangerang-Merak (segmen Tangerang Barat-Cikupa) yang dioperatori Marga Mandala Sakti mulai diintegrasikan dengan cara menghilangkan Gerbang Tol (GT) Karang Tengah.

Dengan adanya integrasi ini, pengguna jalan tol dari Jakarta menuju Cikupa cukup melakukan satu kali pembayaran dengan satu tarif sebesar Rp 7.000 untuk golongan I. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, penerapan skema satu tarif sendiri diharapkan dapat mengurai kepadatan jalan tol Jakarta-Tangerang karena simpul kepadatan di GT Karang Tengah telah dihilangkan sehingga lalu lintas terdistribusi di beberapa titik.

"Ada cross subsidi satu sama yang lain. Artinya, dalam hal ini, maka jarak jauh akan tersubsidi oleh yang jarak dekat. Sehingga buat yang jarak jauh, harusnya dia bayar Rp 8.500 sekarang jadi Rp 7.000," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Penerapan satu tarif membuat pengguna jarak dekat membayar tol menjadi lebih mahal. Hery mengatakan, hal ini mohon dimaklumi oleh masyarakat, karena adanya perubahan mekanisme transaksi tadi. Untuk itu, Ia menyarankan agar masyarakat yang ingin melewati jalur tol namun dengan jarak yang dekat, lebih memilih menggunakan jalan arteri jika tak ingin dikenakan tarif lebih mahal.

"Yang jarak dekat memang kami akui ada peningkatan harga. Harus kita sepakati dan pahami bersama, bahwa jalan tol memang merupakan salah satu antarmoda transportasi. Tapi di luar itu ada jalan yang lain. Memang jalan tol lebih diperuntukkan untuk jarak-jarak yang jauh. Tapi ini untuk efisiensi jaringan. Sistem terbuka tadi akan memberikan efisiensi untuk yang jarak jauh tadi," pungkasnya. (dna/dna)


https://finance.detik.com/berita-eko...924.1490584570
0
937
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan