CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Pajak /
Tanya Jawab Pajak Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000904661/tanya-jawab-pajak-indonesia

Tanya Jawab Pajak Indonesia

Tampilkan isi Thread
Halaman 312 dari 401
Quote:


sundul dulu siapa tau ada yg bisa bantu jawab
Quote:


Quote:


oh gitu ya gan brarti ga usah lampirin bukti setor pun gpp ya

makasih banyak gan

=====================

Oh ya gan nanya lagi di sini ada yang pake BCA?
di BCA kan ada menunya pembayaran pajak untuk peredaran bruto tertentu, itu memang dikhususkan untuk yang bayar pajak 1% dari omset ya gan? Berarti ga perlu buat kode biling lagi gpp gan?
Quote:


Tetep harus pake kode billing, pasti nanti diminta kode billing/ buat kode biling ngak harus di kpp bisa juga secara online lewat SEE search aja di Google terus daftar tanpa efin

Quote:


Iya kalo OP karayawan saja cuma bawa bukti otong dari perusahaan, pasti nihil kalo pun Ada yg terutang udah di bayar pemberi kerja
Quote:


Kalo ngak lebih dari 60 jt brutonya/ dibawah PTKP, ngak usah daftra NPWP gpp, kalo dari perusahaan ngak disuruh ngak usah haahahaa, kalo punya usaha ya wajib di daftarkan
Quote:

pph 21 kan perbulan gan,itu 100rb nya selama sebulan apa sehari? kalau sebulannya dibawah ptkp ya ga ad potongan brarti, ga kena potong bukan brarti hilang kewajiban buat lapor,agan musti tetap lapor pph 21 ny
CMIIW
Diubah oleh terserahlodah
Quote:

bisa, tpi ntar agan yg harus ngurusin kewajiban perpajakan tanah tersebut soalny atas nama agan
Quote:


Ini perlu diakuin d spt nya saya atau ayah? Trus saya wajib bayar pph? Padahal kerjanya masih ikut orang tua?
Thx gan
tp di slip gaji ad potongan pph trus kok saya liat gan.
Quote:

transaksi jual beli tanah itu ke2 pihakny wajib punya npwp,jdi tanahnya harus atas nama agan baru bisa,agan sebagai pembeli ga kena pajak penghasilan tpi BPHTB dan itu ke pemda,yg kena pph itu sipenjual kena pphfinal psl 4 ayat 2 dan karena tanah ny atas nama agan harus diakui dong di spt agan
CMIIW
Diubah oleh terserahlodah
Quote:


Oh ga perlu bukti gpp ya? Jadi nanti lapor online cuma lampirin yg tabel itu aja?
Iya sih, pas ikut TA kmrn laporan SPT 2016 di tanya, baru bayar ya? data nya blm masuk, emg baru bayar juga.

Emg agak ribet si harus nyimpen struk ATM nya 1thn.. emoticon-Big Grin

Quote:


Newbie bantu jawab ya, emoticon-Big Grin

ATM Bca kan? iya bisa gan,
Ane jg bayar langsung, ga perlu kode biling lg,

nanti masukin NPWP+ 2 digit bulan + 2 digit tahun yg mau dibayar,
Terus tinggal masukin jumlah nya.

newbie

halo gan, jadi gini ada kasus, ibu saya punya usaha, tapi mendadak kena stroke...sehingga ane mendadak keluar dari kerjaan n jadi pengganguran sehingga spt nya nihil...selama ibu saya stroke n lumpuh, transaksi penjualan n pembelian melalui rekening ane cuman numpang lewat doank n jarang ada saldo...nah ini yang dipermasalahkan oleh orang pajak....padahal semua penghasilan dari usaha ibu n harta ibu udah dilaporkan ke spt n ikut tax amnesty juga, sedangkan saya tidak ikut ta karena tidak berasa punya harta n utang pajak....apakah akan jadi masalah buat saya di kantor pajak??soal kl kasus begini, berarti kita harus bayar pajak dobel, ibu saya dan saya untuk 1 usaha yang sama....selama ini saya masih ditanggung ibu saya untuk penghidupan....mohon pencerahan gan...
selamat siang semua.

kebetulan saya memiliki permasalahan sama dengan rekan yang lain. saya baru bergabung dengan perusahaan ecommerce pada bulan januari 2017, perusahaan tersebut telah berdiri sejak juli 2015, dengan KLU 62010 ( jasa pemrograman komputer).hingga 2016 perusahaan tidak melakukan kegiatan komersil karena masih pengembangan aplikasi, dan tidak ada karyawan.menurut pemilik perusaahaan sudah melaporkan spt nihil pada 2016.
yang jadi pertanyaan
1.apakah bisa tetap melaporkan spt nihil pada 2017.
2.untuk biaya masih termasuk pra operasiona kahl, berhubung perusahaan tidak memiliki pembukuan hingga 2016.
3.dan apakah perusahaan termasuk objek pajak pph final 1%?
4.selama 2016 tidak ada pelaporan spt masa, apakah mesti bayar denda?
mohon bantuan agan sis semua..
dan terima kasih sbelumnyaa
gan, saya mau nanya. apa bener gan kalo CV tidak ada aktifitas selama setahun tidak perlu lapor? soalnya saya punya. FYI, CV saya sudah ada NPWP-nya.. mohon pencerahan gan..
Quote:


berarti npwp agan npwp karyawan kan? seharusnya ga ada masalah, karena kalo npwp karyawan setau ane patokannya saldo saja, karena temen ane yg karyawan rekeningnya sering dipakai transaksi besar tapi saldo tetep kecil sejauh ini ga ada masalah. tapi itu setau ane gan. kalo ane salah mohon dikoreksi.
Quote:


makasih infonya gan, temen agan itu ikut tax amnesty gag?? masalahnya saya tidak ikut tax amnesty karena berasa gag punya harta n uang atas nama saya.....tapi tetep dipanggil pajak juga...1 hari setelah amnesti berakhir
Quote:


ikut gan, dipanggilnya bagaimana gan?
spt nihil, tapi ada data lawan transaksi, makanya dipanggil.....apa karena pada saat 2012 ampe 2014 ada mobil orang tua saya yang pake nama saya, lalu di 2015 dibalik nama ke perusahaan agar tidak kena pajak progresif.....tapi mobil itu udah masuk di spt ibu saya gan......
Quote:


Menyambung yg ini, case juga sama seperti agan yg sebelumnya nanya.
Mengenai pajak 1% omset, ane baru aja daftar npwp & masuk npwp yg 1% dari omset.
Yg ditanya :
1. Karna jualan by online, sebenernya bisa saja kan kita buat omset serendah rendahnya, supaya bayar pajaknya juga kecil. Lantas apakah ada pengaruh kedepannya ?
2. Nah , jika kita bayar pajak nya kecil, apakah ada pengaruh juga jika kita semisal mau ajukan pinjaman ke bank ? Apakah orang bank mengetahui berapa besar pajak yg kita bayarkan ? (Atau kalau mau ajukan pinjaman ke Bank wajib lampirakan SSP bulanan ?)

Harap maklum karna baru ini buat npwp & buta mengenai pajak gan, thx.
Quote:


ane kurang paham mengenai alur mobil yg agan ceritakan, tapi memang bukti yang paling kuat bagi pajak adalah harta / aset agan. karena dari bukti harta / aset agan sudah tidak bisa lari.
Halaman 312 dari 401


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di