paanjoelAvatar border
TS
paanjoel
Menhub: Proyek MRT Cikarang-Balaraja Dibangun 2019, Selesai 2023


Medan - Pemerintah akan mempercepat pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Koridor Barat-Timur dari sebelumnya 2022, menjadi 2019. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, berujar lintasan MRT koridor kedua itu akan membentang dari Cikarang di Bekasi, hingga ke Balaraja di Tangerang.

Nantinya, MRT tersebut akan dibangun melayang (elevated), kecuali untuk jalur di tengah kota Jakarta.

"Barat ke Timur kita akan study lagi, kita pakai konsultan. Kita harapkan itu panjangnya 80 km dari Balaraja ke Cikarang. Yang bawah tanah cuma 7 km di Jakarta saja, untuk pinggiran ke sana pakai elevated semua," ungkap Budi ditemui di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Rabu (5/4/2017).

Jika dimulai pembangunannya pada tahun 2019, lanjut Budi, maka konstruksi MRT koridor II itu akan selesai pada tahun 2023. Sementara itu, pendanaan bisa dilakukan dari mana saja.

"Ini kan sangat membantu sekali ke Jakarta untuk orang Bekasi bisa naik MRT. Kalau dibangun di 2019, selesai di 2023," pungkas Budi.

Seperti diketahui, pemerintah berencana membangun 2 koridor MRT yakni Koridor Utara-Selatan dengan dua tahap yakni tahap I Bundaran HI-Lebak Bulus yang masih dalam konstruksi, dan tahap II yang baru akan dibangun pada tahun 2018 dengan rute Bundaran HI-Kampung Bandan. Sementara untuk koridor Timur Barat membentang dari Cikarang sampai Balaraja dan mulai dibangun di 2019. (idr/hns)



Buat yang masih bingung bedain MRT sama LRT cek di thread salah satu kaskusers ini

Sumber: detik.com
0
23.5K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan