zoundAvatar border
TS
zound
Makin Senang Berkarya, Kalau Difasilitasi Kayak Gini Gan!
Pemerintah kaku ah, bikin kreativitas mandeg!
Cerita lama itu Gan!

Sejak pemerintahan kita diisi banyak pemimpin-pemimpin muda yang kreatif dan membawa semangat perubahan, paradigma pemerintahan yang kaku kayaknya udah bergeser Gan. Sudah banyak program-program pemerintah yang mendukung kreativitas kaum muda, untuk berkarya dan bereksplorasi, dan berwirausaha juga. Mulai dari masalah perizinan yang sudah semakin mudah, samapi kini pemerintah juga memberikan ruang buat Agan berkarya. Contohnya adalah Jakarta Creative Hub (JCH) yang disediakan oleh pemprov DKI.



Saat diresmikan pada wala Maret lalu, JCH udah menyita banyak perhatian, karena konsepnya cukup membahagiakan bagi kaum muda yang lagi semangat membangun usaha seperti ane ini. Emang apa sih yang bisa Agan dapatkan dari JCH ini?

Tempat Bernaung



JCH yang berlokasi di Jalan Kb. Melati 5 no. 20 Tanah Abang ini tempat dimana anak-anak muda kreatif berkumpul dan berkreasi. Creative Hub adalah pusat industri kreatif untuk memfasilitasi anak-anak muda berkreasi. Tempat seluas 1500 m2 ini punya ruang kelas, ruang dan alat-alat workshop untuk membuat barang-barang kreatif, ruang pameran sampai ke ruang kantor yang bisa disewakan untuk entrepreneur. JCH dirancang dan dibangun sebagai sebuah fasilitas untuk mendukung masyarakat dan bisnis UKM di area Jakarta dan sekitarnya. Konsepnya menggabungkan makerspace, co-office, dan co-working di satu tempat. JCH memiliki beberapa ruangan penunjang, seperti ruang pelatihan, bengkel kerja, perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang belajar. Buat Agan yang baru membangun usaha dan belum punya kantor, JCH bisa jadi tempat Agan bernanung.

Pakai Alat-alatnya Gratis



Untuk memulai sebuah usaha, seringkali kita terbentur masalah modal. Tapi dengan adanya JCH, Agan gak perlu pikirin biaya beli alat yang mahal, karena Agan bisa pakai alat-alat yang disedikan di JCH. Sebanyak 35 alat yang disediakan Pemprov DKI Jakarta itu dapat digunakan secara cuma-cuma. Kita bisa pakai mesin jahit, mesin potong besar, mesin gerber, mesin untuk kulit, kayu, logam, sampai 3D printer juga ada Gan.

Memperluas Jaringan



Buat Agan yang ingin memulai bisnis tapi belum menemukan partner, atau butuh tenaga untuk hal-hal lain yang tidak Agan kuasai, di JCH Agan bisa bertemu dengan orang lain yang juga ingin memulai usaha. Siapa tahu jodoh, bisa ketemu orang dengan visi yang sama. Ahok selaku Gubernur Jakarta dalam sambutan pembukaan JCH juga sempet bilang kalau dia akan menyalurkan bantuan secara individu bukan secara kelompok. Kelompok baru akan dibentuk bila dia sudah menemukan individu-individu kreatif yang sudah bisa berkarya.

Nambah Ilmu, Ikutan Pelatihan



Agan ngerasa belum punya ilmu yang cukup tentang bidang usaha yang mau Agan tekuni? Gak usah khawatir, karena gak ada kata terlambat untuk belajar. Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memberi pendampingan kepada para peserta. Pihak ketiga yang juga pelaku industri kreatif ini akan menerapkan modul-modul kepada peserta. Indoestri sendiri memiliki 60 jenis pelatihan, mulai dari natural perkayuan, permetalan, kulit, hingga organic farming.



Tempatnya ada, alatnya gratis, yang ngajarin banyak, pokoknya cuma modal bawa ide kreatif untuk bisa diwujudkan. Dukungan pemerintah kayak gini bikin UKM jadi semangat untuk memulai dan berkreasi. Cuma inget ya Gan, karena tempatnya milik bersama, bareng-bareng kita jaga biar bisa dimanfaatkan buat generasi mendatang juga!

Dengan adanya Jakarta Creative Hub , semoga makin banyak program pemerintah lainnya yang bisa mendukung anak-anak muda kreatif kayak kita-kita ini. Jadi makin semangat ngejar passion nih, kalau Agan gimana?

sumberkreativitas

Diubah oleh zound 02-04-2017 01:21
0
42.5K
232
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan