Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bareksa.comAvatar border
TS
MOD
bareksa.com
Satgas Waspada Investasi: Lihat Tawaran Yang Legal dan Logis
Satgas Waspada Investasi: Lihat Tawaran Yang Legal dan Logis


Jangan sampai masyarakat berpendidikan tinggi mencari keuntungan dari kerugian masyarakat lain


Bareksa.com -Kegiatan investasi ilegal alias investasi bodong terus bermunculan. Skema penawarannya pun semakin bervariasi. Literasi keuangan yang masih rendah jadi salah satu sebab kegiatan ini menelan banyak korban. Yang paling parah, banyak masyarakat berpendidikan tinggi yang tahu dan mengerti investasi yang baik dan benar, justru ikut jadi korban.

Namun, pemerintah tak tinggal diam. Keberadaan Satgas Waspada Investasi jadi solusi. Terlebih sejak berdirinya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2011 lalu, Satgas Waspada Investasi semakin kuat dengan dukungan beberapa lembaga seperti Kepolisian, Kejaksaan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Secara perlahan, banyak kegiatan investasi ilegal yang akhirnya bisa diatasi Satgas Waspada Investasi ini. Tapi, Satgas Waspada Investasi menyadari, peran dan fungsinya tidak akan sempurna tanpa dukungan masyarakat. Artinya, masyarakat harus bersikap kritis terhadap penawaran-penawaran investasi dari perusahaan atau pun pihak-pihak tertentu yang tidak memiliki legalitas. Apalagi, penawaran investasi tersebut jauh dari akal sehat.

Dalam peran masyarakat, Satgas Waspada Investasi berharap kepada orang yang tahu dan mengerti mengenai kegiatan berinvestasi. Jangan sampai, orang-orang tersebut justru mencuri peluang dari kerugian pihak lain yang minim pengetahuan investasi.

Tim redaksi Bareksa.com yang diwakili Issa Almawadi menemui Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing, Rabu, 29 Maret 2017. Dalam pertemuan ini, Bareksa mencoba menggali lebih dalam bagaimana peran dan fungsi Satgas Waspada Investasi dalam mencegah dan mengatasi kegiatan investasi ilegal. Dalam kesempatan ini, Tongam juga menyampaikan beberapa rencana Satgas Waspada Investasi serta kendala dan harapan untuk meminimalisir kegiatan investasi ilegal. Baca wawancara selengkapnya Satgas Waspada Investasi: Lihat Tawaran Yang Legal dan Logisdisini
0
4.8K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan