Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Musyan6Avatar border
TS
Musyan6
Kebun Raya Bogor Akan Berusia 2 Abad Tahun Ini
CENTER]Hallluuuuw gan & sista di seluruh Indonesia & di dunia emoticon-Big Grin[/CENTER]



Back with me Musyan6emoticon-Big Grin
Apa kabar gan & SiIs yang ganteng dan Syantik....?

Kali ini ane mau sedikit berbagi informasi dari Kebun Raya Bogor

Siapa sih yang enggak kenal Kebun Raya Bogor? Minimal warga jabodetabek tau lah ya....Kebun seluas 87 hektar yang terletak di jantung kota Bogor ini tahun ini mau merayakan ulang tahunnya yang ke 200 tahun! Iya gan...2 abad.... Kebun Raya Bogor didirikan tanggal 18 Mei 1817 dan merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara.... Gimana bangga kan jadi orang Indonesia, punya kebun raya yang begitu keren, karena bukan Cuma di Indonesia, Kebun Raya Bogor juga terkenal sampai ke mancanegara, banyak tamu-tamu negara yang datang dan berkunjung ke Kebun Raya Bogor, contohnya Ratu Belgia, Perdana Menteri Jepang dan pejabat-pejabat lainnya yang senang mengunjungi Kebun Raya Bogor untuk merasakan kesejukannya.

Spoiler for Ratu Belgia:



Dari jaman dulu, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi penelitian dan wisata. Tahu kah agan, kalau penelitian di bidang ilmu hayati bermula di Kebun Raya Bogor? Tau kah agan kalau banyak tanaman dari luar negeri pertama kali didatangkan ke Indonesia itu melalui Kebun Raya Bogor, seperti bunga flamboyan dari Singapura yang didatangkan pada masa kepengurusan Teijsmann.

Jadi gan, kalau bicara sejarah.... kebun raya di Indonesia itu diinisiasi mulai jaman kerajaan Pajajaran. Kebun Raya Bogor ada di lokasi Samida, hutan buatan untuk menjaga pohon-pohon yang langka. Di Samida yang akhirnya terbengkalai karena Kerajaan Pajajaran kalah, didirikan rumah singgah Gubernur Jenderal Belanda, yang sekarang jadi Istana Bogor.... nama awalnya ‘sLands Plantentuin te Buitenzorg.

Spoiler for KRB Jadoel:


Nah, halaman belakang bangunan singgah atau istana gubernur jenderal ini yang dikembangkan menjadi Kebun Raya... pendirinya Prof. C.G.C. Reinwardt, ahli botani asal Jerman... beliau yang menggagas pendirian Kebun Raya untuk tempat mengumpulkan tanaman yang berpotensi ekonomi.

Spoiler for Istana Gubernur Jendrall:


Jaman kepemimpinan Treub, penelitian di Kebun Raya maju dengan signifikan. Banyak peneliti dari mancanegara yang sengaja datang untuk penelitian di Kebun Raya Bogor, sampai akhirnya dibuat lah laboratorium ilmuan tamu, sekarang jadi Laboratorium Treub.

Dari Kebun Raya Bogor juga lahir banyak lembaga ilmiah.... Pustaka Kementan itu awalnya Bibliotecha aka perpustakaannya ‘sLands Plantentuin. Statsiun Perikanan, LIPI, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, dan banyak lagi lembaga lainnya berasal dari Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor banyak berbenah untuk menyambut momen yang datang hanya sekali seumur hidup ini, gan. Belum tentu yang ke 3 abad kita masih ada emoticon-Big Grin


Walikota Bogor, Bima Arya mendukung penuh kegiatan HUT Kebun Raya Bogor
Spoiler for Bima Arya:


Jadi jangan lewatkan kesempatan ini ya gan, datang dan hadiri kemeriahan perayaan ulang tahun Kebun Raya Bogor yang akan mulai dari tanggal 18 Mei hingga 21 Mei 2017. Acaranya ada apa saja?

Banyak.... yang jelas ada seremonial sekaligus peresmian tugu 2 abad, yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi, seminar internasional yang dihadiri peneliti-peneliti dari luar negeri, KRB 200K Run, KRB 200 Tree Bike, ada peluncuran bukunya Valerina Daniel.... acaranya seru, ada dongeng dari tim Mizan, ada racing game pendidikan lingkungan buat anak-anak, ada pameran, pertunjukan musik Akordion, dan yang spektakuler ada Ecodome! Ecodome itu instalasi urban farming yang ramah lingkungan, kerjasama antara Kebun Raya Bogor dengan Erasmus Huis....ini akan jadi instalasi pertama di Indonesia lho gan.... ecodome ini dibuka sampai malem gan, kebayang deh indah pastinya...

Spoiler for Ecodome:



Yuk Gan, datang dan jadi bagian dari kemeriahan 2 abad Kebun Raya yaaa.....


kalau mau jadi sponsor boleh juga.... emoticon-Shutup
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 2 suara
Pernah kah agan berkunjung ke Kebun Raya Bogor?
Pernah sekali
50%
Lebih dari sekali
0%
Belum Pernah gan
50%
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan