tujuhkeritingAvatar border
TS
tujuhkeriting
8 Karya dari Jepang Ini Bisa diadaptasi Hollywood Tanpa Dituduh 'Whitewashing'
Hollywood biasa mengadaptasi berbagai jenis sumber untuk dijadikan film. Mulai dari novel, komik, pertunjukan teater, game, dsb. Mereka juga sering mengambil inspirasi untuk film-filmnya dari sumber yang berasal dari luar Amerika, seperti Eropa dan Asia.
Rilisnya film Ghost in The Shell akhir bulan ini membuktikan bahwa properti intelektual yang berasal dari Asia, khususnya Jepang, masih ‘dilirik’ oleh Hollywood.

Spoiler for Ghost In The Shell:


Hanya saja salah satu masalah yang kita dapat dari film adaptasi Hollywood adalah kebiasaan mereka untuk mengubah unsur-unsur yang ada di dalam sumber aslinya seperti latar tempat dan tokoh-tokohnya menjadi lebih kebarat-baratan secara seenaknya (Ingat film Dragon Ball Evolution? Tidak? Bagus). Dalam film ini kasus ini kembali terjadi ketika mereka memilih Scarlett Johansson(The Prestige, Avengers, Lucy) untuk memerankan sang tokoh utama, Motoko Kusanagi.

Quote:

Tuduhan whitewashing (pemilihan aktor kulit putih untuk peran yang aslinya berasal dari ras lainnya) pun bermunculan bahkan jauh sebelum film ini rilis. Publisitas negatif yang mengikuti tidak bisa dihindari dan hal tersebut dapat menurunkan tingkat ketertarikan para calon penonton terutama di barat sana, baik yang telah mengenal properti aslinya maupun yang belum tahu sama sekali, dan akan mengancam kesuksesan film ini.

Untuk kedepannya, agar Hollywood tidak mengalami masalah seperti yang menerpa film Ghost in The Shell, maka mereka harus memilih properti dengan cermat. Khususnya Jepang, negara yang dikaitkan dalam kasus ini, sebenarnya memiliki banyak properti lain yang lebih ‘aman’ untuk diadaptasi oleh rumah-rumah produksi Hollywood. Kategori 'aman' tersebut penulis klasifikasikan dalam beberapa hal, yaitu:
Quote:


Lalu dari ketiga hal tersebut, penulis telah memilih beberapa sumber material dari jepang yang sekiranya sesuai menurut penulis, yaitu:

Spoiler for 1. Cowboy Bebop:


Spoiler for 2. Fullmetal Alchemist:


Spoiler for 3. Hellsing:


Spoiler for 4. Gundam:


Spoiler for 5. Attack On Titan:


Spoiler for 6. Final Fantasy:


Spoiler for 7. The Princess and The Pilot:


Spoiler for 8. Baccano!:


Spoiler for Akhir Kata:


Spoiler for Sumber:

4iinch
4iinch memberi reputasi
1
48.1K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan